Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

Ikuti saya di:        

Artikel ini dibuat oleh tim konten Ruangarsitek. Jika ingin update referensi tentang desain rumah silahkan ikuti disini ruangarsitek.id.

Pagar Besi

9 min read

Pagar Besi

Ketika membangun sebuah rumah, pagar tentunya menjadi salah satu elemen yang tidak kalah penting. Selain berfungsi untuk melindungi rumah, pagar dengan desain menarik akan menambah keindahan rumah kamu.

Salah satu jenis pagar yang sering digunakan, yaitu pagar besi yang kokoh dan bagus. Selain itu, pagar ini bisa kamu pilih dengan berbagai model yang unik.

Kelebihan Pagar Besi

Kelebihan Pagar Besi

Pagar yang berbahan besi juga dianggap oleh kebanyakan orang lebih mudah untuk dipasang. Kebanyakan orang menganggap pagar sebagai pintu masuk utama sebelum memasuki rumah.

Dengan begitu, tampilannya pun harus menggambarkan kesan pertama yang bagus bagi setiap orang. Selain itu, ada beberapa keunggulan yang dimiliki pagar bahan besi ini, yaitu sebagai berikut.

1. Bahan yang Kuat

Pagar besi terkadang dibuat dari baja yang ditempa dengan berat hingga 2900 kilogram/ cm2. Tetapi, ada juga yang hanya terbuat dari besi biasa.

Bahan besi memang lebih kuat dan kokoh jika dibandingkan dengan bahan lainnya seperti kayu. Karena, bahan ini tidak mudah rusak dalam waktu yang singkat. Sehingga bisa dipakai sampai bertahun-tahun lamanya.

2. Tahan dalam Jangka Panjang

Bahan besi yang tidak mudah rusak, membuat pagar ini lebih tahan lama untuk terus digunakan. Sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk menggantinya dalam waktu singkat.

Selain itu, alasan lainnya karena bahan besi sangat tahan terhadap semua cuaca. Sehingga sangat cocok digunakan di daerah dengan cuaca yang cukup ekstrem.

3. Praktis untuk Digunakan

Bahan besi merupakan bahan yang mudah dibentuk, sehingga akan sangat mudah untuk diaplikasikan untuk pintu gerbang.

Bahkan, beberapa pabrik pun sudah banyak yang menyediakan pagar besi siap pasang.

Sehingga lebih mudah dan praktis untuk dipasang dan tidak perlu memakan waktu lama untuk mengerjakannya.

4. Terlihat Sangat Simple

Bentuknya yang sederhana menjadi daya tarik gerbang dari besi tersendiri.

Karena, sangat cocok digunakan baik untuk bangunan besar yang mewah ataupun bangunan rumah yang kecil dan minimalis.

Selain itu, meski minimalis pagar dengan bahan besi ini tetap memiliki kesan yang mewah dengan desain yang beragam dan menarik.

5. Kokoh dan Aman

Ketika kamu menggunakan pagar den gan bahan besi, desain tersebut akan memberi kesan kokoh dan kuat. Selain itu, bahan ini memberi kesan bahwa pagar dapat menjaga keamanan rumah.

Karena, bahan ini sulit untuk dirusak dan dihancurkan. Dengan begitu, ketahanannya terjamin aman dan tahan lama. Meskipun mudah terkena korosi, kamu masih bisa memperlambatnya.

Kekurangan Pagar Besi

Kekurangan Pagar Besi

Disisi banyaknya kelebihan dan keunggulan dari bahan besi, ternyata bahan ini memiliki kekurangan pula. Ada beberapa kekurangannya yang bisa diperlambat bahkan dicegah.

Dengan begitu, hal ini sangat penting untuk kamu ketahui. Sehingga, dapat dicegah dan bisa diaplikasikan sesuai dengan bahan dan jenis area rumah kamu.

1. Mudah Berkarat Ketika Sudah Tua

Salah satu kekurangan pagar bahan besi yaitu mudah berkarat. Karena bahannya yang memang mudah mengalami korosi.

Apalagi ketika sering terkena air karena hujan atau pada cuaca-cuaca ekstrem. Tetapi, biasanya gerbang besi akan mulai berkarat ketika tua dan lama digunakan.

Tidak pada waktu yang singkat. Selain itu, hal ini bisa diperlambat dengan cara mengecatnya secara rutin.

2. Harga yang Cukup Mahal

Bahan yang cukup padat dan berat, membuat besi cukup memiliki kesulitan dalam cara pengolahannya.

Sehingga membuat gerbang besi ini memiliki harga yang terbilang cukup mahal.

Selain itu, karena keawetan dan ketahanannya pun menjadikannya memiliki nilai yang tinggi. Jika dibandingkan dengan bahan lainnya, besi memiliki harga yang paling mahal.

3. Kurang Cocok digunakan di Area Miring

Jika rumah kamu berada di daerah yang cukup miringm sebaiknya jangan menggunakan besi sebagai bahan pagar.

Karena, bahan ini kurang fleksibel untuk disimpan pada area dengan kemiringan yang cukup terjal.

Jika tetap digunakan, biasanya akan mengalami pengaratan yang lebih cepat dari biasanya, sehingga membutuhkan perawatan gerbang yang lebih sulit.

Jenis Besi Untuk Pagar Rumah

Pagar dengan bahan besi, kini lebih sering digunakan untuk menjadi gerbang rumah dibanding dengan bahan lainnya. Baik bagian belakang ataupun bagian depan rumah.

Karena, bahan ini merupakan bahan yang tergolong tahan lama. Sehingga, banyak orang memilih pagar besi sebagai gerbang utama rumahnya.

Sejak abad ke-18 M, besi hias sudah mulai digunakan untuk memperindah rumah dan bangunan-bangunan. Tetapi, untuk memilih jenis besi pagar, terdapat beberapa hal yang perlu kamu tahu.

Mulai dari jenis-jenis besinya, karena hal ini akan sangat membantu kamu dalam memilih pagar rumah. Supaya pagar dan rumah memiliki kesan yang senada dan serasi.

  1. Besi Vial

Jenis ini merupakan pagar yang terbuat dari logam besi. Jenis besi ini dibuat dengan cetakan, sehingga dapat menggunakan berbagai jenis bahan besi.

Harganya juga sangat bervariasi, yang paling murah yaitu dari bahan alumunium. Dan yag termahal ada pagar dari bahan besi cor dan juga baja padat. Karena ketahanannya lebih kuat dibanding bahan besi yang lainnya.

Pagar jenis bisa bisa kamu pasang dengan cara merakitnya secara mandiri. Karena, memang caranya terhitung sederhana dan mudah.

Tetapi, jika dirasa agak susah sebaiknya gunakan jasa saja supaya hasil rakitannya lebih bagus. Untuk cara perawatannya tidak usah ribet, hanya dengan menambahkan pelindung pada permukaan besinya.

  1. Hollow Galvanis

Jenis besi ini memiliki lapisan pelindung pada besinya yang dikenal dengan nama galvalume yang merupakan zinc alume.

Jenis satu ini memiliki keunggulan dalam ketahanannya yang sangat kuat. Selain itu, besi ini lebih tahan dari proses korosi dibanding dengan jenis besi lain. Sehingga kualitasnya tidak perlu ditanyakan lagi.

Setiap produk besi hollow memiliki kualitas yang berbeda-beda sesuai dengan tempat produksinya. Jika kualitasnya semakin bagus, maka harganya pun semakin mahal.

Meskipun dengan ukuran yang sama, tetapi kualitas dapat menjamin keawetan dan ketahanannya. Ketebalan setiap produknya berbeda-beda mulai dari 0.6 milimeter hingga 1.7 milimeter.

  1. Bristish Reinforced Concrete

Jenis yang satu ini lebih dikenal dengan sebutan gerbang besi BRC. Produk ini ditemukan pertamakali di suatu perusahaan konstruksi Singapura.

Produk ini dibuat dari besi beton yang cukup tebal dengan ketebalan yang dapat mencapai 8 milimeter. Ketebalan tersebut biasanya akan disesuaikan dengan ketinggian pagarnya.

BRC ini merupakan gerbang yang minimalis dan praktis untuk dipasangkan. Penggunaannya pun tidak hanya untuk rumah-rumah saja.

Tetapi, hingga gedung-gedung tinggi dan perkantoran pun menggunakan pagar produk BRC ini. Supaya lebih awet dan tahan lama kamu bisa mengaplikasikan lapisan anti karat, sehingga akan tahan lebih lama.

  1. Besi Plat Seng Alumunium dan Galvalum

Galvanum merupakan jenis besi plat dari baja yang terbuat dari logam campuran, yaitu dari zinc dan juga alumunium.

Jenis besi ini sangat cocok digunakan untuk properti atau produk yang disimpan di luar ruangan. Contohnya yaitu pagar, atap, penalang air serta kebutuhan lainnya untuk gedung-gedung besar dan rumah untuk dihuni.

Dalam proses produksinya, plat galvalum memiliki tingkat yang cukup mudah. Begitu juga untuk memasangnya di depan bangunan.

Sehingga harganya cukup murah. Kamu bisa menggunakan pagar dengan jenis besi ini dengan mudah. Selain itu, jenis ini cocok untuk kamu yang sangat suka dengan desain yang cukup elegan tetapi minimalis.

  1. Besi Tuang

Sesuai dengan namanya, produk besi ini dibuat dengan cara dituang dari biji besi yang dileburkan terlebih dahulu.

Kemudian besi cair akan dituangkan ke sebuah cetakan yang sudah diatur bentuk dan juga ukurannya sesuai permintaan. Besi tuang ini sering digunakan untuk membuat pagar dalam ukuran yang cukup besar.

Setiap besi tuang memiliki kandungan karbon, belerang, mangan, silicon dan juga fosfor dengan sifat kimia yang berbeda-beda.

Setiap kandungannya, akan digunakan untuk kebutuhan khusus dan disesuaikan dengan tempat pagar atau gerbang nantinya. Jika sering dan mudah teroksidasi perlu dilakukan pelapisan anti karat pada gerbang.

  1. Besi Stainless

Rumah-rumah dengan tema minimalis biasanya akan menggunakan pagar berbahan besi stainless. Karena, bahan besi ini memberi kesan yang sangat simple.

Selain itu, sangat mudah untuk dibuat ukiran pada permukaannnya, sehingga akan lebih memperindah tampilan gerbang. Warna stainless, yaitu putih dan sangat cocok dipadukan dengan warna alami bebatuan.

Kelebihan utama besi stainless ini yaitu anti karat. Sehingga kamu tidak perlu meragukan ketahanannya terhadap berbagai cuaca ekstrem.

Tetapi, untuk warnanya kamu tidak akan menemukan variasi lain. Karena jenis satu ini murni berwarna putih dari logam atau bahannya. Sehingga perlu di cat jika kamu ingin warna lain.

  1. Besi Lipat

Jenis lainnya dari produk besi, yaitu besi lipat. Gaya ini bisa kamu gunakan untuk rumah-rumah sederhana dengan kesan minimalis maupun yang mewah.

Karena pagar ini akan membantu membuat rumah kamu menjadi semakin elegan dan berkelas.

Hal yang perlu kamu lakukan adalah memilih bahan terbaik supaya pagar dapat tahan terhadap paparan sinar matahari.

Gaya pagar lipat ini biasa digunakan pada rumah-rumah yang memiliki ukuran cukup luas. Seperti rumah dengan model klasik yang megah.

Kebanyakan orang biasanya memilih warna netral yang pekat atau gelap. Tetapi, kamu bisa memilih sesuai yang diinginkan dan tentunya disesuaikan dengan rumah mu sendiri.

  1. Besi Strip

Jenis produk besi satu ini memiliki bentuk berbeda dari jenis lainnya. Kamu bisa menjumpainya dalam bentuk papan atau plate.

Untuk ukurannya sendiri sangat beragam, mulaidari panjangnya yang terstandar yaitu enam meter. Sedangkan lebarnya bisa mencapai hingga 200 milimeter  dengan ketebalan minimal tiga millimeter.

Besi strip ini dapat digunakan untuk pembuatan pagar ataupun teralis jendela dan pintu. Tetapi tidak jarang digunakan untuk kebutuhan konstruksi lainnya.

Hal yang menjadikannya unggul yaitu saat pengerjaannya, jenis besi ini sangat mudah untuk di lengkungkan menggunakan las. Dengan begitu, harganya pun sedikit aman di kantong.

Pagar dengan bahan besi memiliki keunggulan atau kelebihan sendiri yang cukup menguntungkan, jika kamu berminat untuk mencobanya.

Tetapi, disisi itu ada pula sedikit kekurangan. Ada banyak pula jenis produk besi yang bisa kamu pilih.

Selain itu ada beragam desain yang bisa menginspirasi kamu dalam menentukan pilihan untuk membuat tempat tinggal kamu menjadi lebih indah.

7 Desain Pagar Besi Anti Maling

Gerbang besi ini lebih mudah dibentuk dengan cara dilas atau dipanaskan. Ada berbagai desain menarik yang bisa kamu pilih sesuai dengan keinginan.

Atau kamu juga bisa menyesuaikannya dengnan model rumah atau tema rumah.

Dengan begitu, tidak hanya kualitasnya saja yang bagus tetapi tampilannya pun akan terlihat lebih indah.

1. Desain Pagar Besi Mediterania

Desain Pagar Besi Mediterania
Pinterest,.com

Desain pertama yang bisa menjadi referensi kamu, yaitu gaya dari mediterania. Model ini kamu bisa memberikan kesan yang mewah pada rumah.

Dengan hiasan pagar tinggi dan tiang-tiang besi di pinggir sebagai pilar berwarna gading, dengan gaya mediterania ini kamu dapat memperindah hunian. Kamu juga bisa menambah hiasan lampu.

Gaya yang satu ini memiliki kesan seperti gaya yunani kuno. Gerbangnya biasanya memiliki ukuran yang cukup tinggi.

Sehingga sangat cocok digunakan sebagai desain anti maling. Apalagi jika kamu memang sering bepergian dari rumah. Gerbang ini akan membuat para penjahat berpikir ulang jika akan melakukan perampokan.

2. Desain Pagar Besi Kontemporer

Desain Pagar Besi Kontemporer
Pinterest.com

Desain satu ini memang desain yang paling sering digunakan, karena modelnya terus mengikuti perkembangan zaman.

Salah satu contohnya yaitu gaya pagar dengan tambahan papan yang kini sedang update. Selain itu, kamu juga bisa menambahakan lagi detail yang unik seperti hiasan lampu dan panah untuk memberi kesan yang lebih megah.

Gaya klasik ini biasanya sangat digemari oleh para anak muda. Apalagi bagi pasangan yang baru menikah atau remaja yang akan mulai hidup sendiri.

Gaya ini patut dipilih karena menampilkan kesan yang sangat modern dan keren. Selain itu, jika didukung dengan warna yang bagus tampilan gerbang kamu akan terlihat semakin kece.

3. Desain Pagar Besi yang Tinggi

Desain Pagar Besi yang Tinggi
Pinterest.com

Jika kamu sering meninggalkan rumah dalam waktu yang lama, serta khawatir akan ada maling gaya satu ini akan sangat cocok.

Dengan gerbang dengan ukuran yang tinggi, rumah kamu akan sulit di bobol oleh maling.

Dengan begitu, ada pengamanan yang lebih tanpa harus bersusah payah. Selain itu, gaya ini juga cocok bagi kamu yang tidak terlalu senang dengan gaya yang terbuka.

Pagar tinggi ini sangat bagus dipilih sebagai gerbang penangkal maling. Terlebih jika kamu menambahkan detail seperti hiasan anak panah di puncak gerbang.

Selain itu, gaya ini merupakan gaya yang akan terus tren sepanjang zaman. Sehingga kamu tidak perlu khawatir akan ketinggalan mode.

4. Desain Pagar Besi Dekorasi Unik

Desain Pagar Besi Dekorasi Unik
Pinterest.com

Gaya satu ini sudah sering dan banyak digunakan untuk berbagai gerbang rumah. Apalagi untuk rumah mewah, karena gaya kepala singa sangat cocok diaplikasikan pada rumah yang memiliki kesan mewah.

Dengan begitu rumah kamu akan terlihat lebih kuat atau powerful. Supaya tidak berlebihan, kamu cukup menempatkannya pada kedua sisi gerbang saja.

Selain itu, gaya ini akan menampilkan sisi elegan rumah kamu. Serta cocok diaplikasikan pada gerbang dengan ukuran yang tinggi ataupun pendek.

Atau jika pagar atau gerbang rumah kamu memiliki ukuran yang tidak terlalu lebar, kepala singa ini akan sangat cocok ditempatkan di bagian tengah gerbang.

5. Desain Pagar Besi Gaya Gapura

Desain Pagar Besi Gaya Gapura
Pinterest.com

Pagar besi juga bisa dipadukan dengan gerbang gaya gapura. Gapura ini dapat kamu buat dari beton dan juga kayu dengan model yang cukup kekinian.

Tetapi, tetap dengan kesan yang minimalis dan sederhana. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan lampu kecil pada kedua sisi gapura dengan warna kuning yang memberi kesan hangat.

Dengan menambahkan bentuk gapura pada bagian gerbang, kamu bisa memberi kesan bahwa rumah kamu sangat terbuka bagi para tamu.

Gaya ini sangat serasi jika dipadukan dengan gerbang dengan ukuran pendek dan juga jenis besi plat. Karena papan besi ini sangat fleksibel dan bisa kamu tambahkan ukira dengan detail yang indah.

6. Desain Pagar Besi Kesan Minimalis

Desain Pagar Besi Kesan Minimalis
Pinterest.com

Gaya ini memang menjadi tren di setiap zaman, serta dianggap lebih modern. Untuk memberi kesan minimalis pada gerbang rumah, kamu bisa menggunakan papan besi yang berbentu pipih deng susunan horizontal.

Selain itu, sebaiknya pilihlah warna-warna yang netral seperti hitam atau warna abu-abu. Dengan begitu kesan minimalis akan kamu dapatkan.

Selain warna-warna yang kalem, kamu bisa saja mengubahnya dengan warna yang terang dan ceria. Atau bisa memberi warna pada temboknya saja.

Dengan begitu, suasa tampilan depan rumah akan lebih ceria dan colorful. Meski begitu, jangan terlalu berlebihan  dan ingat fungsi utamanya yaitu untuk menjaga rumah kamu dari tamu tak diundang.

7. Desain Pagar Besi Gaya Teralis

Desain Pagar Besi Gaya Teralis
Pinterest.com

Untuk gaya teralis, memang merupakan gaya yang sudah sejak dulu ada dan digunakan baik di perkampungan ataupun di perkotaan. Tetapi, kamu juga bisa menggunakannya dan tetap memiliki pagar yang bergaya.

Jika kamu senang memperlihatkan halaman depan rumah yang indah, gaya ini sangat cocok diaplikasikan.

Daftar Harga Pagar Besi Terbaru

Supaya mendapat pagar berbahan besi yang berkualitas, kamu bisa mencarinya di toko-toko terpercaya. Biasanya dijual dengan cara per meter kubik dengan harga yang sesuai dengan jenis pagar ini.

Selain itu, kamu juga memilih desain sendiri sesuai dengan keinginan atau bisa memesannya secara custom.

NoJenis pagarHargaSatuanDeskripsi
1Hollow hitamRp 350.000m2Ukuran besi 40×40, sudah termasuk biaya pengecatan
2Hollow galvanisRp 400.000m2Ukuran besi 40×40, sudah termasuk biaya pengecatan, anti karat
3Pagar lipatRp 450.000m2Ukuran besi 40×60, sudah termasuk biaya pengecatan
4Pagar besi vialRp 500.000m2Ukuran besi 40×40, sudah termasuk biaya pengecatan, anti karat
5Pagar BRCRp 375.000m2Ukuran besi 40×40, sudah termasuk biaya pengecatan, anti karat, ringan
6Plat seng aluminium plat galvalumRp 550.000m2Ukuran besi 40×40, sudah termasuk biaya pengecatan
7Besi tuangRp 750.000m2Ukuran besi 40×40, sudah termasuk biaya pengecatan, anti karat, kuat
8Besi Stainless Rp 300.000m2Ukuran besi 40×40, sudah termasuk biaya pengecatan, anti karat, mengkilat
9Besi Plat stripRp 475.000m2Ukuran besi 40×40, sudah termasuk biaya pengecatan, anti karat,
10Besi alumuniumRp 390.000m2Ukuran besi 6 m x99 mm, bentuk papan, sudah termasuk biaya pengecatan, anti karat

Harga setiap pagar berbahan besi, cenderung berbeda-beda setiap jenisnya. Karena, masing-masing jenis memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda, serta bahan dan pengolahan yang berbeda.

Sehingga harganya pun sangat beragam. Kamu bisa menyesuaikan bahan besi ini sesuai dengan kondisi lingkungan atau iklim rumahmu. Dengan begitu, pagar akan berfungsi dengan maksimal.

Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

Pagar BRC

Bagas Kurnia Prasetyo
7 min read

Meja Dapur

Bagas Kurnia Prasetyo
8 min read

Meja

Bagas Kurnia Prasetyo
0 sec read

2 Replies to “Pagar Besi”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *