Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

Ikuti saya di:        

Artikel ini dibuat oleh tim konten Ruangarsitek. Jika ingin update referensi tentang desain rumah silahkan ikuti disini ruangarsitek.id.

10 Model Kanopi Baja Ringan Untuk Garasi & Teras Rumah

5 min read

Model Kanopi Baja Ringan

Penggunaan model kanopi baja ringan sekarang ini sudah mulai menjamur. Bukan hanya karena rangka baja ringan sudah terbukti kokoh dan tahan lama, namun juga karena bahan ini sangat fleksibel untuk digabungkan dengan material yang lain.

Kamu bisa memadukan rangka baja ringan dengan atap kain, zincalume, kayu hingga kaca. Harga untuk bahan baja ringan juga terbilang terjangkau, sehingga siapapun dapat mengakses pemasangan kanopi dengan bahan ini.

10 Model Kanopi Baja Ringan Minimalis

1. Model Kanopi Baja Ringan untuk Garasi dengan Membrane

Model Kanopi Baja Ringan untuk Garasi dengan Membrane
source : pinterest.com

Jika dilihat sekilas, tampilan rangka dan atap yang menaunginya hampir mirip dengan sarang laba-laba, terlebih lagi bahan atap membran memang cukup lentur dan mudah dipasang. Jenis kanopi semacam ini memang bukan hal baru, namun belum banyak yang mengaplikasikannya.

Padahal, jika dilihat, kanopi dengan membran semacam ini terlihat estetik walaupun minimalis. Kamu cukup memadukan rangka baja ringan yang dicat hitam dengan membran yang memiliki banyak warna.

Jika ingin warna yang netral, tentu saja warna putih tulang seperti pada gambar bisa menjadi pilihan.

Untuk masalah harga, kamu cukup menyiapkan anggaran mulai dari Rp 850 ribuan. Berbeda wilayah memang seringkali ada perbedaan biaya, namun biasanya perbedaannya tidak terlalu besar.

Selain itu, semakin unik desain rangka yang digunakan, maka semakin besar biaya yang harus dikeluarkan.

2. Model Kanopi Baja Ringan Sederhana

Model Kanopi Baja Ringan Sederhana
source : pikeawning.com

Bahan untuk atap sederhana semacam ini biasanya adalah kombinasi antara membran dan polycarbonate. Model kanopi baja ringan semacam ini sering digunakan untuk perumahan, biasanya untuk rumah bertipe 36 ke atas.

Kanopi ini dipilih bukan tanpa alasan. Alasan yang paling sering dikemukakan adalah gaya sederhana semacam ini tidak memakan tempat.

Kamu cukup menggunakan baja ringan dengan penampang yang kecil untuk bisa membangun rangkanya.

Selain itu, modelnya yang datar tidak membutuhkan banyak bahan sehingga anggaran pun bisa ditekan. Walaupun terlihat sederhana dan minimalis, namun kanopi ini menyajikan visual yang bersih sehingga membuat hunian terasa lebih cerah.

Untuk biaya per meter perseginya, kamu hanya butuh mempersiapkan dana sekitar Rp 275 ribuan saja.

Kamu tidak perlu kuatir dengan harga yang murah, sebab jika kamu menemukan bahan yang berkualitas, maka atap jenis ini bisa bertahan hingga 10 tahun masa pemakaian.

Baca Juga :

5 Cara Menghitung Biaya Pemasangan Kanopi Rumah. Cek Disini!

3. Model Kanopi Gantung Minimalis

Model Kanopi Gantung Minimalis
pinterest.com

Untuk kamu yang memiliki teras yang tidak terlalu luas, maka model kanopi baja ringan yang menggantung semacam ini bisa dicoba.

Pasalnya, model kanopi seperti ini tidak membutuhkan tiang penyangga untuk membantunya berdiri.

Rangka kanopi akan ditautkan ke dinding dengan menggunakan baut. Maka dari itu, kamu harus yakin bahwa dinding rumahmu cukup solid untuk menahan beban kanopi yang cukup berat ini.

Selain menghemat tempat, kanopi ini juga tidak mengganggu bentuk teras karena tidak ada tiang yang menghalangi pandangan.

Biaya yang harus kamu keluarkan untuk mendapatkan model kanopi semacam ini juga relatif terjangkau. Biasanya kamu harus mempersiapkan anggaran sekitar Rp 450 ribuan untuk pemasangan serta bahan-bahan kanopi.

4. Kanopi Bermaterial Tanaman Menjalar

Kanopi Bermaterial Tanaman Menjalar
source : pacifichorticulture.org

Membuat hunian terasa asri namun tidak memiliki lahan yang cukup luas?

Kamu bisa mencoba menggunakan desain kanopi yang digabungkan dengan tanaman merambat seperti pada gambar.

Kamu bisa menggunakan rangka besi di bagian tiang, dan kayu sebagai penyangga atapnya.

Hanya saja, kamu tidak membutuhkan penutup atap seperti model lainnya. Kamu cukup menggunakan tanaman menjalar yang memiliki bunga seperti ivy, morning glory, alamanda atau shower orchid. Tanaman ini akan memberikan detail yang cantik ketika sedang berbunga.

Atau jika kamu ingin tanaman yang hanya berwarna hijau tanpa detail bunga, kamu bisa mencoba menanam hedera, climbing hydrangea, pothos scandens hingga teh-tehan.

Namun, jika ingin segera digunakan, maka kamu harus memasang tanaman merambat ini dalam jumlah banyak sekaligus agar bisa menutupi kanopi.

Untuk urusan harga, tentunya kanopi ini lebih murah. Untuk rangka saja, kamu membutuhkan biaya sekitar Rp250 ribuan per meter persegi.

Sedangkan untuk tanaman rambat, tentu bervariasi, tergantung dari jenis tanaman dan juga jumlah yang akan digunakan.

5. Kanopi Kayu dan Baja Ringan

Kanopi Kayu dan Baja Ringan
source : staticflickr.com

Siapa bilang bahwa baja ringan tidak bisa bersanding dengan kayu?

Malahan, perpaduan kedua material ini bisa menyajikan visual yang minimalis dan modern. Rangka baja yang kuat dapat menolong atap yang terbuat dari kayu agar lebih tahan lama.

Atap dari kayu juga menyerap panas matahari dengan baik. Hal ini tentunya membawa efek teduh bagi siapapun yang bernaung di bawah kanopi ini.

Agar tidak cepat lapuk, maka pilihlah kayu yang berkualitas, misalnya jati atau kayu kalimantan.

Anggaran yang dibutuhkan untuk membuat kanopi kayu yang berkolaborasi dengan baja ringan ini relatif lebih mahal dibandingkan dengan kanopi biasa. Hal ini disebabkan harga kayu berkualitas, seperti jati yang tentunya tidak murah.

Setidaknya kamu harus mempersiapkan anggaran mulai dari Rp 800 ribuan untuk bisa memasang kanopi dengan model perpaduan dua bahan seperti ini.

6. Kanopi Baja Ringan dan Material Atap Kanopi Zincalume

Kanopi Baja Ringan dan Material Atap Kanopi Zincalume
source : zac.ltd

Bahan zincalume atau spandek adalah atap yang terbuat dari aluminium dan seng.

Jika dilihat dari bentuknya, memang tidak terlalu berbeda dengan genteng rumah konvensional. Selain itu, warnanya yang solid serta kaku membuatnya kurang terlihat dekoratif.

Walaupun demikian, atap jenis ini sangat populer sebab dapat menyerap sinar matahari dan menahannya agar tidak diteruskan ke bawah.

Walaupun mampu menyerap panas, namun cahaya dari matahari masih bisa dinikmati sehingga tidak menjadi gelap.

Bahan ini juga mampu meredam suara hujan, sehingga cocok digunakan pada hunian yang berada di wilayah dengan curah hujan yang tinggi.

Selain keunggulan yang sudah disebutkan tadi, atap zincalume juga memiliki harga yang ekonomis, sehingga menjadi daya tarik tersendiri.

Harga tiap meter persegi untuk kanopi dengan bahan zincalume atau spandek ini adalah berkisar Rp 100 ribuan per meter persegi.

Harganya bisa berubah tergantung tiap daerah dan juga ketebalan zincalume maupun rangka yang digunakan.

7. Model Rangka Kanopi Baja Ringan Beratap Kayu

Model Rangka Kanopi Baja Ringan Beratap Kayu
source : pinterest.com

Berbeda dengan model yang sudah disebutkan di atas, untuk jenis kanopi ini menggunakan atap yang sepenuhnya adalah kayu.

Baja ringan hanya ditempatkan sebagai tiang penyangga saja. Ada banyak desain yang bisa kamu gunakan agar perpaduan kayu dan baja ringan tidak terlihat monoton.

Seperti pada gambar, terlihat bahwa atap kayu tidak dibuat terlalu rapat. Hal ini bertujuan agar sinar matahari masih bisa menerobos masuk. Selain itu, fungsi lainnya adalah untuk jalur bagi tanaman merambat yang akan ditempatkan di sana.

Dengan menggunakan tanaman merambat, kamu bisa membuat kanopi menjadi lebih terlihat teduh.

Namun, jika kamu menggunakan tanaman rambat, maka otomatis sinar matahari tidak bisa masuk dengan leluasa. Untuk menyiasatinya, maka kamu harus menempatkan penerangan yang cukup.

Walaupun baja ringan yang digunakan tidak mendominasi kanopi, namun harga dari perpaduan dua material ini bisa dibilang cukup mahal. Kamu harus mempersiapkan anggaran sekitar 1 juta untuk tiap meter perseginya.

Hal ini dikarenakan pemakaian kayu yang lebih banyak serta penempatan tanaman rambat yang tentunya menambah pengeluaran.

8. Model Kanopi Melengkung

Model Kanopi Melengkung
source : dekoruma.blog

Model kanopi semacam ini adalah salah satu model yang paling populer. Bukan hanya di rumah hunian saja, namun tempat seperti kafe dan restoran juga banyak yang menggunakan kanopi semacam ini.

Berbeda dengan bentuk kanopi standar yang datar, kanopi ini dibuat melengkung membentuk setengah lingkaran. Rangka yang digunakan untuk membentuk atap kanopi ini tentunya juga didesain melengkung untuk menahan beban atap.

Agar mudah dalam melakukan pemasangan, maka kamu bisa menggunakan bahan atap dari polycarbonate atau atap go green. Memang atap dari plastik lebih cocok digunakan dengan model kanopi semacam ini karena lebih mudah dibentuk.

Kamu juga tidak membutuhkan ruang yang luas untuk bisa memasang kanopi semacam ini. Selain itu, harga dari desain kanopi ini cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp 250 ribuan tiap meter perseginya.

9. Model Kanopi Kaca Baja Ringan

Model Kanopi Kaca Baja Ringan
gutta.com

Rangka baja ringan memang pilihan yang populer karena kelebihannya. Salah satu kelebihan tersebut adalah fleksibel ketika dipadukan dengan bahan rangka lainnya.

Seperti yang terlihat pada gambar, kamu bisa menggunakan kombinasi rangka baja ringan dengan kaca dan kayu untuk menciptakan kanopi yang berbeda dari yang lainnya.

Rangka baja akan diperlukan untuk bagian tiang dan sebagian rangka penyangga atap. Kemudian kayu diletakkan sebagai bagian penyangga atap yang lebih dominan dan dipadukan dengan atap yang berbahan kaca, yang ditumpangkan di atas kayu.

Model ini juga cukup cantik karena menggunakan satu tiang pusat sebagai penyangga yang dibuat menggembung di bagian badannya. Hal ini mengingatkan kita pada tiang-tiang pada bangunan kastil yang megah.

Kaca yang berbentuk lembaran akan menahan hujan dan sinar matahari yang akan merusak kayu, namun cahayanya masih bisa masuk. Sedangkan kayu akan menghadirkan kesan natural yang elegan. Untuk kisaran harga, kamu membutuhkan biaya mulai dari 1,5 juta untuk pemasangannya.

10. Model Kanopi Baja Ringan Berbahan Kayu dan Kaca

Model Kanopi Baja Ringan Berbahan Kayu dan Kaca
source : windor.co.uk

Meskipun berbahan kaca, namun kanopi ini aman dan tidak mudah pecah karena terbuat dari kaca yang tebal.

Penggunaan kaca yang jernih akan menimbulkan kesan bersih dan juga mewah. Hal inilah yang membuat banyak tempat publik yang menggunakan kanopi berbahan kaca.

Sebut saja mal hingga kantor pemerintahan. Walaupun semuanya terbuat dari kaca yang terkesan mahal, namun sebenarnya biaya pemasangannya cukup terjangkau. Kamu hanya membutuhkan sekitar Rp 600 ribuan untuk tiap meter perseginya.

Baca Juga :

7 Kelebihan Kanopi Baja Ringan dan Harga Terbaru 2020

Seiring dengan perkembangan dunia desain interior dan eksterior, maka model kanopi baja ringan pun mengalami perkembangan. Berbagai material dapat digabungkan dengan kanopi baja ringan. Untuk mendapatkan hunian seperti yang diinginkan, kamu bisa membuat kanopi dengan bahan dan model sesuai selera.

Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

Kanopi Kayu

Bagas Kurnia Prasetyo
4 min read

Kanopi Kaca

Bagas Kurnia Prasetyo
7 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *