Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

Ikuti saya di:        

Artikel ini dibuat oleh tim konten Ruangarsitek. Jika ingin update referensi tentang desain rumah silahkan ikuti disini ruangarsitek.id.

Keramik Motif Kayu

5 min read

Keramik Motif Kayu

Keramik motif kayu – adalah alas rumah pilihan yang bisa digunakan untuk mempercantik desain interior rumah.  Namun, terkadang kita masih bingung memilih model keramik motif kayu bagaimana yang cocok diaplikasikan di rumah. Meskipun warna kayu yang cenderung netral dengan kombinasi warna-warna lainnya, namun pemilihannya tentu harus hati-hati.

Nah, kali ini ruangarsitek akan memberikan pilihan jenis motif kayu yang bisa kamu pilih sesuai dengan desain rumah kesayanganmu. Penasaran seperti apa inspirasinya ? Yuk intip inspirasinya di bawah ini!

1. Keramik Dapur dari Kayu

Keramik Dapur Motif Kayu

Penggunaan lantai kayu di dapur memberikan efek visual yang membuat hati tenang. Berbagai kotoran dari makanan dan masakan mudah dibersihkan menggunakan lap. Perpeduan dengan rak-rak yang memiliki kolong juga semakin menambah kemudahan pembersihan ruangan.

Warna kabinet yang didominasi putih memberikan nuansa klasik yang kental. Tidak perlu ruangan dapur yang luas, lantai ini kompatibel dioaplikasikan pada ruangan dapur yang secukupnya. Penambahan jendela di area wastafel memberikan efek lega di ruangan.

2. Lantai Kayu Persegi Panjang

Gambar Keramik Motif Kayu Jati

Bentuk lantai kayu ini memiliki ciri-ciri fisik yang mirip dengan lantai rumah di perkampungan, hanya saja yang membedakan ialah pada lantai kayu ini sudah memberikan efek glossy. Tidak ada jendela di dalam ruangan dapur yang merangkap sekaligus meja makan ini.

Penempatan lantai kayu sangat cocok diaplikasikan pada area dapur yang ada di belakang bagian rumah. Perpaduan dengan berbagai furnitur yang selaras turut menambah nilai estetik ruangan. Di samping itu, pintu sekat yang digunakan terbuat dari kaca, mudah menjadi akses keluar masuk.

3. Lantai Kayu dan Meja Granit

Keramik Motif Kayu Roman

Lantai kayu yang kali ini bisa kamu pilih untuk diaplikasikan di rumah adalah lantai kayu yang berpadu dengan meja makan dari granit. Pemilihan kursi makan seperti di kantin sekolah bisa menambah nilai keindahan interior ruangan.

Kabinet dengan desain simple dan warna yang sederhana tidak kalah memberikan nuansa nyaman ketika kamu memasak di dapur. Atap yang rendah bisa menjadi sarana bagi lampu-lampu untuk menghiasi sekaligus menerangi ruangan.

4. Lantai Kayu Bertekstur Kasar

Keramik Motif Kayu 60x60

Lantai kayu ini tidak menunjukkan kesan glossy, namun tetap nyaman ketika kaki menginjak lantai. Bentuknya seperti jika kamu menebang pohon dan melihat bagian dalam kayu. Kurang lebih bentuknya sama, hanya saja untuk menjadi lantai, kayu-kayu diberi sedikit polesan.

Penempatan lantai kayu akan semakin menawan dengan pelekatan tembok yang memiliki gaya selayaknya batu bata bertumpuk. Pemberian warna putih merupakan tantangan agar kamu selalu rajin membersihkan ruangan setiap hari.

Baca juga: Keramik Lantai

5. Lantai Kayu Motif Kotak

Keramik Motif Kayu Untuk Dapur

Jika sekilas melihat dan salah membersihkan ruangan, desain lantai kayu di bawah ini seperti memberikan efek kumuh. Namun, hal itu tidak berlaku jika kamu rajin membersihkan lantai dan menempatkan furnitur yang tepat.

Furnitur yang digunakan banyak terbuat dari kayu dan hanya beberapa alat dapur yang dibiarkan mengikuti material aslinya, dari besi. Atapnya cukup tinggi, namun kamu bisa memberikan aksen lampu gantung yang memanjang rendah hingga hampir menyentuh meja makan.

6. Lantai Kayu Jati Bercorak Alami

Contoh Keramik Motif Kayu

Lantai kayu yang digunakan sebagai alas di ruangan ini memberikan kesan corak natural ke seisi ruangan. Padu padan dengan berbagai kabinet dari kayu yang dipoles warna coklat tua semakin menambah kesan teduh di ruangan.

Pemilihan meja dari granit juga menjadi nilai tambah untuk membuat ruangan nampak cantik dari berbagai sisi. Penggunaan lantai jenis ini dilekatkan pada ruangan tanpa sekat antara dapur dengan ruangan lainnya.

7. Lantai Kayu Berpadu Kabinet Serba Putih

Keramik Lantai Motif Serat Kayu

Desain lantai satu ini bisa dicontoh untuk melengkapi ruangan dapur yang luas. Pemberian berbagai furnitur bernuansa putih dan bermodel simple menambah kesan kasual di dalam ruangan. Pelekatan jendela kotak di satu sisi memberikan nuansa tenang saat memasak.

Jendela tidak dilekatkan terlalu tinggi, namun dibiarkan dalam posisi sedang dan desain yang simple. Bagian interior yang sudah mewah membuat pemilihan jendela yang sederhana tidak menjadi masalah.

8. Lantai Kayu di Ruang Keluarga

Keramik Lantai Motif Kayu Jati

Bersantai sambil menonton tv bersama keluarga merupakan hal menarik yang bisa dilakukan di tengah anjuran lockdown dari pemerintah. Pemilihan lantai kayu untuk diaplikasikan di ruangan menjadi elemen yang menambah kehangatan dalam keluarga.

Kamu bisa memilih duduk di atas sofa atau menggelar karpet di lantai langsung. Ruangan yang luas tanpa sekat memberikan kesan luas di rumah. Anak-anak aklan lebih aman dan lebih nyaman jika bermain di rumah.

9. Lantai Kayu di Ruang Tamu

Keramik lantai kayu untuk ruang tamu

Pemilihan lantai kayu untuk ditempatkan di ruang tamu bisa menebarkan kenyamanan bukan hanya untuk seisi rumah, namun juga untuk para tamu yang datang. Para penyuka warna pastel pasti menyetujui bahwa desain ruangan di bawah ini sangat nyaman.

Ditambah dengan penempatan berbagai hiasan yang sederhana, namun menyebar di setiap sisi semakin memberikan kesan nyaman saat berbincang. Pembicaraan tidak akan suntuk karena di satu sisi terdapat jendela yang menyambungkan langsung dengan pemandangan.

10. Lantai Kayu dengan Perapian Klasik

Keramik Lantai Motif Kayu Terbaru

Kesan rumah bergaya Barat bisa kamu hadirkan di Indonesia dengan memilih perapian dan lantai kayu yang tepat. Jika memiliki ruangan yang cukup luas, sebagian ruang bisa dijadikan sebagai perapian dan sebagian lainnya dibiarkan kosong.

Ketika hujan tiba atau musim sedang dingin-dinginnya, ruangan ini bisa dijadikan sebagai tempat bersenda gurau bersama keluarga. Sekadar bermain gitar atau menyantap makanan ringan bisa semakin menambah keakraban antar anggota keluarga.

11. Lantai Kayu di Ruangan Tanpa Sekat

Keramik Dinding Motif Kayu Ruang Tamu

Penempatan lantai kayu juga bisa menambah nilai estetika ruangan dengan ditempatkan bersama berbagai perabotan rumah lainnya. Kali ini perabotan rumah yang dipilih merupakan warna putih, yang notabene merupakan warna netral.

Ruangan yang luas menjadi keuntungan bagi kamu mendesain rumah dengan lantai kayu secara leluasa. Jendela bergaya klasik turut menambah nilai menyatu dengan alam karena terdapat di beberapa sisi dan langsung mengarah ke luar rumah.

12. Lantai Kayu Abu-abu Doff

Keramik Motif Kayu Doff

Lantai kayu doff adalah lantai kayu yang tidak memberikan kesan glossy. Meskipun tidak disertai dengan kesan glossy, namun pemilihan lantai kayu ini tetap elegan ketika diaplikasikan di dalam ruangan. Ditambah lagi dengan pemilihan furnitur yang seragam.

Kamu bisa memvariasikan sofa ruang tamu dengan bentuk memanjang, tidak seperti biasanya membentuk circle atau lingkaran dengan menempatkan meja di tengah. Jika memiliki ruangan yang luasnya memanjang, kamu bisa mencoba desain ini.

13. Lantai Kayu dengan Finishing Sempurna

Keramik Motif Kayu 50x50

Penempatan lantai kayu ini secara merata ke setiap ruagan di rumah. Begitu membuka pintu, kamu langsung dihadapkan pada nuansa alam dengan pelekatan lantai kayu. Tidak perlu takut dengan serat-serat kayu yang bisa melukai karena lantai ini sudah difinishing dengan sempurna.

Padu padan dengan dinding dari batu bata dan berbagai elemen hiasan alam menambah kesan nyaman di dalam rumah. Ditambah lagi kamu bisa melekatkan perapian yang bisa dijadikan penghangat ketika musim dingin tiba.

14. Lantai Kayu di Lantai 1

Keramik Roman Motif Kayu 60x60

Memiliki dua lantai di rumah bukan berarti kamu harus memiliki banyak barang. Kamu bisa saja membiarkan ruangan bawah kosong melompong dan tetap memberikan sentuhan nyaman dengan memilih lantai kayu sebagai alas.

Pemilihan jendela yang besar juga memberikan pencahayaan yang cukup, tanpa harus kamu menggunakan listrik berlebihan. Nuansa menyatu bersama alam semakin mudah didapatkan melalui elemen-elemen kayu yang berasal dari alam.

15. Lantai Kayu Tanpa Jeda

Keramik Lantai Motif Kayu 50x50

Pemilihan lantai kayu ini seperti tanpa jeda, memanjang di seluruh penjuru ruangan dan dilengkapi dengan pemilihan sofa yang seragam. Tidak terlalu banyak barang yang menghiasi ruangan, namun detail berbagai barang yang ada di dalam ruangan memberikan kesan nyaman bagi seisi rumah.

Penambahan karpet yang menjadi alas untuk sofa dan bisa menjadi alas untuk duduk di lantai memberikan sentuhan yang variatif. Dinding yang terdiri dari ornamen unik juga membantu memberikan nilai desain rumah yang menawan.

16. Lantai Kayu dengan Jendela Besar

Keramik Motif Kayu Jati

Pemilihan lantai kayu bisa memberikan kesan menawan di rumah jika ditambahkan dengan aksen jendela yang lebar di satu sisi. Ditambah lagi pemandangan dari luar jendela itu langsung mengarah pada taman belakang, dijamin suasana rumah semakin hangat.

Atap yang tinggi akan semakin sempurna jika kamu menambahkan aksen lampu gantung yang memberikan pencahayaan cukup bagi ruangan. Menambahkan aksen penghangat ruangan berupa perapian memberikan kehangatan dengan harga mahal saat berkumpul bersama keluarga.

17. Lantai Kayu Platinum Dua Warna

Keramik Ikad Motif Kayu

Pemilihan lantai kayu dengan dua warna yang tidak jauh berbeda akan memberikan kesan nyaman di rumahmu. Pelekatan jendela besar di segala sisi memberikan efek teduh di rumah. Secara tidak langsung, kamu juga dapat menghemat listrik karena pencahayaan bisa dari sinar matahari.

Penggunaan perabotan kayu dengan pemilihan warna putih, coklat, dan biru muda membuat ruangan menjadi sejuk. Atap yang cocok untuk jenis lantai kayu ini adalah atap yang tinggi. Kamu bisa menambahkan lukisan di dinding rumah dan beberapa hiasan di sudut-sudut rumah.

18. Lantai Kayu di Ruang Bersantai

Keramik Motif Kayu Platinum

Penggunaan lantai kayu tidak hanya identik dengan ruangan dapur, ruang tamu, dan ruang keluarga. Kamu juga bisa menggunakan lantai kayu di ruang bersantai. Warna tembok tidak selalu netral, melainkan kamu juga bisa memilih warna biru muda untuk mempercantik ruangan.

Warna tembok yang berbeda menjadi sekat antara ruangan bersofa dan ruangan yang terdapat kursi malas untuk minum teh atau membaca buku. Meskipun terdiri dari dua ruangan, namun kamu tetap dapat berkomunikasi dengan baik dengan lawan bicara di ruangan berbeda.

19. Lantai Kayu di Kamar

Keramik Motif Kayu Untuk Kamar Tidur

Pemilihan lantai kayu kali ini mengutamakan kayu yang memberikan roman teduh melalui variasi warna broken white. Padu padan warna broken white dengan warna tembok yang putih akan semakin serasi jika disatukan dengan warna tempat tidur yang juga putih.

Pemilihan jendela yang hanya dijadikan untuk sumber cahaya semakin memberikan kesan nyaman untuk penghuni kamar. Kamu bisa meletakkan berbagai hiasan di bagian jendela, seperti vas bunga, pajangan, dan berbagai elemen lain yang kamu sukai.

20. Lantai Kayu di Ruang Kerja

Keramik Dinding Motif Kayu Jati

Membuat suasana ruang kerja di rumah semakin nyaman bisa dilaksanakan asal kamu memilih lantai kayu yang senada dengan furnitur ruangan. Membuat salah satu bagian dinding bermotif adalah keputusan tepat, sementara bagian dinding lainnya dibiarkan polos.

Kamu bisa menambahkan jendela di salah satu sisi dinding dan memberikan hiasan-hiasan berupa pajangan untuk mempercantik ruangan. Tidak perlu memilih satu warna seragam untuk semua furnitur, kamu bisa memilih 3 warna yang sentuhannya serasi.

Dari sekian ruangan dengan lantai kayu di atas, kamu bisa meniru untuk dijadikan elemen guna memepercantik ruangan. Berbagai ruangan, mulai dari dapur hingga keramik teras tetap elegan dengan lantai kayu bergaya glossy atau doff.

Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

One Reply to “Keramik Motif Kayu”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *