Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

Ikuti saya di:        

Artikel ini dibuat oleh tim konten Ruangarsitek. Jika ingin update referensi tentang desain rumah silahkan ikuti disini ruangarsitek.id.

Keramik Dinding Teras

7 min read

Keramik Tembok Teras Depan

Keramik Dinding Teras – Mempercantik tampilan teras bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan memasang keramik dinding teras dengan berbagai model dan motif menarik.

Fungsi dinding teras bukan hanya sebagai pemisah bagian depan dengan bagian dalam rumah saja, namun bisa juga dimanfaatkan untuk meningkatkan kesan menarik dari tampilan tampak depan rumah tersebut.

Berikut ini ada beberapa contoh model dan motif keramik yang bisa kamu pilih untuk membuat teras rumah terlihat lebih unik, menarik dan tentunya berbeda dengan rumah-rumah lainnya.

Untuk lebih jelasnya, langsung simak saja ulasan lengkap tentang keramik dinding untuk teras di bawah ini.

Model & Motif Keramik Dinding Teras

1. Kombinasi Keramik dinding Marmer dan Motif Kayu

Keramik Dinding Teras Motif Kayu

Keramik yang terbuat dari batu marmer memang sering dijadikan sebagai pilihan untuk mempercantik tampilan lantai dan juga dinding, tidak terkecuali dinding teras.

Namun, agar terlihat lebih unik dan berbeda dari rumah pada umumnya, penggunaan keramik marmer juga bisa dikombinasikan dengan keramik motif kayu.

Kombinasi keramik marmer berwarna krem dengan keramik motif kayu berwarna cokelat pada dinding teras ini menghasilkan perpaduan suasana lembut dan tegas.

Sempurnakan tampilan teras dengan menambahkan satu set meja kursi kecil berwarna putih sehingga bisa dijadikan sebagai tempat bersantai di pagi dan sore hari sambil menikmati secangkir teh hangat.

2. Kombinasi Dinding Jendela Kaca dan Keramik Motif Susunan Kayu Horizontal

Model Keramik Dinding Teras

Jendela kaca besar bisa dijadikan sebagai alternatif pilihan untuk dinding pembatas antara teras dengan ruang tamu.

Kombinasikan dinding jendela kaca dengan keramik motif susunan kayu horizontal warna putih untuk membuat teras terlihat elegan namun tetap terkesan natural.

Tambahkan sofa berwarna senada dengan keramik dinding dan meja yang terbuat dari batu marmer sehingga kamu jadi lebih nyaman bersantai di teras rumah.

3. Kombinasi Keramik Teras Motif Batu Alam dan Tembok Putih

Model Keramik Dinding Teras Depan Terbaru

Keramik motif batu alam adalah salah satu ragam motif keramik yang paling fleksibel untuk dikombinasikan dengan berbagai bahan material untuk membangun sebuah rumah.

Seperti dilihat dari contoh gambar teras rumah di bawah ini yang didominasi dengan dinding berlapis keramik motif batu alam berwarna putih yang disusun secara horizontal.

Mulai dari bagian pilar hingga area kanan kiri dinding teras, sedangkan pada bagian tengah hanya berupa tembok berlapis cat warna putih.

4. Keramik Dinding Motif Susunan Batu Granit

Harga Keramik Dinding Teras Motif Batu Alam

Keramik motif susunan batu granit beraneka warna bisa membuat teras terlihat lebih ceria. Namun, jika kamu tidak ingin tampilan teras terlalu berwarna-warni, kamu bisa memilih keramik motif batu granit dengan warna keabuan dan putih.

Kombinasikan dinding teras berlapis keramik motif batu granit dengan jendela kaca yang rangkanya terbuat dari kayu hitam. Tambahkan furniture dengan warna hitam putih dan tanami sekitar teras dengan tumbuhan hijau, sehingga tampilan teras rumah akan terkesan lebih natural.

5. Keramik Dinding Motif Susunan Batu Alam Besar

Keramik Tembok Teras Depan

Warna cokelat selain terlihat natural juga mengesankan suasana hangat, seperti terlihat dari contoh gambar teras yang dindingnya berlapis dengan keramik motif susunan batu alam ini.

Pemilihan batu alam berukuran besar dengan warna kecokelatan yang dikombinasikan dengan lantai berlapis keramik motif kayu serta furniture yang terbuat dari kayu dan rotan akan menghasilkan perpaduan sempurna untuk mengesankan suasana yang hangat dan nyaman.

6. Keramik Motif Papan Kayu yang Disusun Secara Vertikal

Corak Keramik Dinding Teras

Pemilihan keramik bermotif papan kayu membuat teras ini terkesan hangat dan natural.

Untuk mendapatkan tampilan yang mulus seperti tidak ada sekat antara dinding dan lantai, gunakan motif keramik yang sama untuk dinding dan lantai.

Kesan natural dan unik khususnya untuk menghasilkan suasana seperti di daerah gurun pasir, maka kamu bisa tambahkan beberapa tanaman kaktus.

7. Keramik Motif Tumpukan Batu Bata Berwarna Putih

Inspirasi Keramik Dinding Teras

Pemilihan keramik motif tumpukan batu bata berwarna putih membuat teras terlihat simple apalagi ubin lantai yang dipilih juga hanya keramik motif anyaman kayu sederhana.

Namun, pemilihan keramik dinding dan lantai yang seperti itu membuat pemilik rumah bisa lebih bebas bereksperimen untuk menampilkan kesan colourful menggunakan berbagai furniture dengan bentuk dan warna yang variasinya beraneka ragam.

8. Keramik Dinding Marmer Garis Abstrak Halus

Contoh Keramik Dinding Teras Depan

Satu lagi contoh keramik dinding untuk bagian teras rumah dengan motif sederhana, bahkan jika sekilas dilihat tampilan dari dinding teras ini seperti tembok polos yang dicat warna coklat keabuan.

Namun, sebenarnya dinding dari teras ini berlapis keramik marmer yang bermotif garis abstrak halus.

Sementara itu, pemilihan ubin lantai yang motif dan warnanya sangat kontras dengan dinding, membuat teras ini jadi terlihat ceria.

Penambahan beberapa pot bunga membuat teras jadi semakin berwarna dan indah untuk dipandang.

9. Kombinasi Keramik Dinding Hitam Putih

Gambar Keramik Dinding Teras Rumah

Hitam putih adalah kombinasi warna yang sangat manis, oleh sebab itu pemilihan warna dinding teras depan yang menggunakan keramik motif batu alam berwarna putih dan dipadukan dengan ubin lantai bercorak hexagonal warna hitam putih ini membuat suasana menjadi teduh.

Agar tidak terlihat monoton, kamu bisa tambahkan pot warna hitam berukuran cukup besar yang ditanami tumbuhan hijau.

10. Keramik Dinding Marmer Bertekstur Minimalis

Gambar Keramik Dinding Teras Depan Rumah

Pemilihan keramik yang terbuat dari batu marmer dengan tekstur minimalis membuat tampilan teras rumah terlihat elegan.

Meskipun tekstur keramik marmer sangat minimalis, namun seperti diketahui harga marmer yang mahal membuat kesan mewah pada sebuah rumah semakin terasa, apalagi jika kamu juga menggunakan ubin lantai yang juga terbuat dari batu marmer.

11. Keramik Dinding Motif Tumpukan Batu Alam

Keramik Dinding Untuk Teras

Penggunaan keramik motif tumpukan batu alam bisa juga hanya berperan sebagai aksen pemanis saja, agar dinding teras tidak terlihat membosankan.

Seperti yang terlihat pada gambar teras rumah di bawah ini, yang hanya menggunakan keramik bermotif batu alam pada sebagian kecil area dinding.

12. Keramik Dinding Motif Limestone

Keramik Dinding Teras Minimalis

Penggunaan keramik motif limestone yang disusun secara horizontal ini cocok jika dipasang di dinding teras rumah.

Selain itu, keramik dinding dengan motif limestone ini dapat pula dipadukan dengan dinding pembatas yang terbuat dari papan kayu, sehingga akan menghasilkan kesan yang adem dan bersih apalagi jika warna keramik motif limestone yang dipilih adalah warna putih.

13. Keramik Dinding Motif Tumpukan Batu Bata

Keramik Teras Batu Alam

Keramik dinding teras yang menggunakan motif tumpukan batu bata membuat tampilan depan rumah terkesan natural khas rumah pedesaan.

Apalagi jika ubin lantai yang digunakan itu dari keramik bermotif batu alam serta dipadukan pula dengan beragam ornamen yang terbuat dari kayu.

14. Keramik Dinding Motif Batu Slate Horizontal

Keramik Dinding Teras Motif Batu Alam

Keramik dengan motif batu slate yang disusun secara horizontal termasuk banyak digunakan sebagai pelapis dinding bagian teras rumah.

Salah satu penyebabnya karena jenis motif seperti ini tidak mudah kotor, sehingga tepat bila digunakan pada bagian eksterior dari sebuah rumah.

15. Keramik Dinding Motif Batu Alam Diorite Pekat

Keramik Dinding Teras Depan Rumah Minimalis

Keramik motif batu alam diorite dengan warna hitam keabuan ini membuat tampilan teras terkesan lebih adem.

Selain mengesankan suasana yang adem, penggunaan keramik dengan motif batu alam ini akan memudahkan pemilik rumah untuk memilih furniture pelengkap, sebab semua warna dan material furniture cocok untuk ditempatkan pada teras dengan dinding berlapis keramik batu alam diorite yang solid ini.

16. Keramik Dinding Motif Batu Slate

Keramik Dinding Teras Terbaru 2019

Selain disusun secara horizontal, penggunaan keramik motif batu slate juga kerap kali disusun dengan cara yang tidak beraturan.

Penggunaan keramik bermotif batu slate yang disusun secara tidak beraturan ini semakin meningkatkan kesan alami dari teras rumah.

17. Keramik Dinding Motif Limestone

Motif Keramik Dinding Teras Terbaru 2019

Keramik motif limestone berwarna cerah ini cocok jika digunakan sebagai pelapis dinding bagian teras rumah.

Apalagi jika dipadukan dengan furniture yang terbuat dari kayu dan di sekitar teras ditanami dengan pepohonan dan berbagai jenis tumbuhan hijau.

18. Keramik Marmer Polos

Motif Keramik Dinding Teras

Marmer akan membuat tampilan teras jadi terlihat lebih elegan, seperti yang terlihat dari contoh gambar teras yang menyatu dengan bagian dapur bersih sebuah rumah ini.

Agar tidak terlihat monoton, bagian dinding berlapis keramik marmer polos bisa dihiasi dengan berbagai poster dan lukisan.

19. Keramik Motif Kayu Hitam

Model Keramik Dinding Teras Terbaru

Penggunaan keramik untuk dinding teras pada gambar ini hanya terdapat pada bagian tiang-tiang penyangga saja.

Meskipun demikian, pemilihan keramik motif kayu berwarna hitam sangat cocok dipadukan dengan ubin motif kayu putih dan furniture berbahan dasar kayu dengan warna-warna dasar seperti hitam, putih dan cokelat.

20. Keramik Marmer Motif Garis Tipis

Gambar Keramik Dinding Teras

Jika kamu ingin menciptakan suasana teras rumah yang terlihat simple namun tetap menawan sekaligus terkesan mewah, kamu bisa mengaplikasikan dinding teras yang berlapis keramik marmer dengan motif garis tipis.

Pada gambar ini, warna batu marmer yang dipilih untuk melapis dinding teras adalah putih, oleh sebab itu, penempatan furniture berwarna putih membuat tampilan teras terlihat serasi.

21. Keramik Batu Alam Tiga Warna

Warna Keramik Dinding Teras

Keramik bebatuan alam yang digunakan untuk melapisi dinding teras memang membuat tampilan teras rumah terlihat lebih unik dan menarik.

Selain itu, daya tahan batu alam yang kuat serta tidak mudah kotor membuat pemilik rumah tidak perlu repot membersihkan, bahkan semakin terlihat usang, kesan estetik dari keramik yang berlapis batu alam itu semakin terasa.

22. Keramik Dinding Motif Bunga

Keramik Dinding Teras Rumah Minimalis

Keramik motif bunga bisa membuat suasana teras rumah menjadi terlihat semakin ceria. Nuansa floral tersebut dapat pula dipadukan dengan ornamen-ornamen unik yang bisa digantung di dinding.

Selain itu, untuk memberikan kesan yang lebih natural, kamu bisa menambahkan beberapa furniture yang terbuat dari kayu.

23. Keramik Dinding Motif Balok Kayu Susun

Keramik Dinding Teras Terbaru

Selain motif batu alam, penggunaan keramik motif balok kayu yang disusun secara rapi juga sangat diminati masyarakat.

Selain membuat kesan teras rumah terlihat rapi dan hangat, pemilihan furniture untuk melengkapi tampilan teras juga terbilang mudah.

Jika kamu memilih untuk membuat dinding teras yang terbuat dari keramik motif balok kayu susun, maka kamu hanya perlu menempatkan furniture yang warnanya senada dengan warna keramik dinding tersebut.

24. Keramik Dinding Motif Abstrak Satu Warna

Contoh Keramik Dinding Teras

Jika kamu tidak ingin repot memilih motif keramik untuk dinding teras, namun tetap ingin memperlihatkan kesan estetik dari teras rumah tersebut, maka kamu sebaiknya memilih keramik yang bermotif abstrak.

Pastikan bahwa keramik yang kamu gunakan itu terdiri dari satu warna saja, jadi untuk mempercantik teras agar tidak terlihat monoton, kamu hanya perlu menempatkan beberapa pot bunga dan tanaman hijau.

25. Keramik Motif Batu Alam Kotak Besar

Lis Keramik Dinding Teras Depan

Kesan simple dan natural sangat terasa dari contoh gambar teras rumah ini. Hal tersebut disebabkan karena teras rumah tersebut hanya menggunakan keramik motif batu alam kotak besar pada bagian dinding dan lantainya.

Teras semakin nyaman dengan hadirnya furniture seperti sofa dan satu set meja dan kursi makan. Selain itu, tanami sekitar teras dengan tumbuhan hijau agar suasana rumah menjadi lebih asri dan segar.

26. Keramik Motif Batu Slate Warna Warni

Harga Keramik Dinding Teras Depan Rumah

Keramik motif batu slate juga ada yang berwarna warni, namun pilihan warnanya bukan warna yang terlalu mencolok.

Meskipun berwarna warni, keramik batu slate pada teras rumah ini didominasi warna yang lebih gelap seperti hitam dan cokelat namun ada pula susunan batu berwarna kuning yang membuat dinding teras ini terlihat lebih menarik.

27. Keramik Motif Batu Andesit Berukuran Kecil

Keramik Dinding Teras Rumah

Penggunaan keramik motif batu alam contohnya seperti batu andesit ini biasanya memang ditempatkan pada bagian eksterior rumah, misal seperti dinding teras dan dinding pagar.

Penempatan kursi taman dengan warna natural seperti cokelat dan di sekitarnya ada beragam tanaman hijau akan membuat tampilan teras menjadi komposisi kesatuan warna yang memikat.

28. Keramik Motif Batu Bata Tiga Warna

Keramik Dinding Teras Depan

Keramik dengan motif batu bata memang sangat sering digunakan sebagai pelapis dinding teras, salah satunya adalah jenis keramik yang memiliki motif batu bata yang terdiri dari tiga warna yaitu, merah, hitam dan coklat ini.

Motif batu bata berukuran kecil-kecil yang tersusun secara rapi itu membuat suasana teras menjadi terlihat lebih indah, apalagi ditambah pula dengan hadirnya rerumputan hijau di sudut teras.

29. Keramik Motif Batu Bata Ekspose

Keramik Dinding Teras

Kesan sederhana dan natural sangat terasa dari dinding teras yang hanya menggunakan keramik motif batu bata ekspose.

Namun, agar tetap memikat mata, kamu bisa mengkombinasikan dengan pagar kayu, furniture dan beragam tumbuhan hijau.

30. Keramik Marmer untuk Keseluruhan Dinding

Keramik Marmer untuk Keseluruhan Dinding

Jika kamu ingin menciptakan kesan modern yang simple namun tetap menawan, maka penggunaan keramik yang berlapis marmer untuk keseluruhan dari dinding teras bisa kamu jadikan sebagai alternatif pilihan terbaik.

Selain menghasilkan kesan modern, menggunakan keramik marmer untuk keseluruhan dinding bisa membuat tampilan teras jadi terlihat lebih luas dari ukuran sebenarnya.

31. Kombinasi Keramik Batu Andesit dan Tembok Polos

Kombinasi Keramik Batu Andesit dan Tembok Polos

Menggunakan kombinasi keramik berlapis batu alam contohnya seperti batu andesit yang disusun secara tidak beraturan dan dipadukan dengan tembok polos akan mampu menampilkan teras rumah yang terkesan tidak monoton dan unik, berbeda dengan rumah-rumah lainnya.

32. Kombinasi Macam-Macam Keramik Berlapis Batu Alam

Kombinasi Macam-Macam Keramik Berlapis Batu Alam

Bebatuan alam itu sangat banyak jenisnya, dan rata-rata dari batu alam bisa dimanfaatkan sebagai bahan pelapis keramik untuk dinding.

Oleh sebab itu, kamu juga bisa mencoba menggunakan bermacam-macam jenis keramik berlapis batu alam untuk dinding teras, sehingga tampilan teras akan terlihat lebih menyatu dengan alam.

33. Kombinasi Keramik Batu Bata Ekspose dengan Elemen Kayu

Kombinasi Keramik Batu Bata Ekspose dengan Elemen Kayu

Kesan natural pada teras rumah sangat terlihat dari contoh gambar di bawah ini, pemilihan dinding teras yang dibuat dari keramik batu bata ekspose sangat cocok dipadukan dengan elemen kayu dari rangka jendela dan pintu masuk ke dalam rumah.

34. Keramik Motif Kerikil Ukuran Besar

Keramik Motif Kerikil Ukuran Besar

Dinding teras yang dilapisi dengan keramik motif kerikil ukuran besar seperti ini biasanya lebih sering hadir di teras rumah berdesain klasik dan retro.

Jika kamu ingin menciptakan kesan klasik atau retro pada sebuah rumah, maka pilihan motif keramik ini bisa dijadikan sebagai pilihan terbaik.

35. Keramik Motif Susunan Batu Alam Abstrak (Tidak Beraturan)

Keramik Motif Susunan Batu Alam Abstrak (Tidak Beraturan)

Keramik motif batu alam yang disusun secara abstrak atau tidak beraturan itu akan membuat tampilan teras rumah lebih terlihat menyatu dengan alam.

Kombinasikan dinding teras yang disusun dari keramik bermotif batu alam yang tidak beraturan itu dengan pepohonan dan berbagai tanaman bunga.

Menciptakan sebuah rumah yang nyaman tentunya tidak hanya ditentukan oleh pemilihan keramik dinding teras. Namun, setidaknya jika kamu memilih keramik dengan material, model dan motif yang tepat untuk digunakan pada dinding teras akan membuat daya tarik dari rumah tersebut semakin meningkat.

Keramik Dinding Teras

Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *