Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

Ikuti saya di:        

Artikel ini dibuat oleh tim konten Ruangarsitek. Jika ingin update referensi tentang desain rumah silahkan ikuti disini ruangarsitek.id.

Keramik Dinding Dapur

7 min read

Keramik Dapur Yang Bagus

Buat aktivitas memasak jadi lebih ❤ have fun dengan rekomendasi model keramik dinding dapur yang inspiratif beserta harganya disini.

Dibandingkan dengan ruang tamu, keberadaaan dapur memang lebih tertutup dan tak selalu disinggahi tamu.

Walaupun begitu, dalam beberapa konsep rumah minimalis modern, ruang tamu, dapur dan ruang makan kerap dijadikan satu.

Maka dari itu, kamu tidak bisa begitu saja mengabaikan desain dapurmu. Pemilihan keramik dinding dapur yang tepat juga tak boleh luput dari perhatian.

Memilih konsep untuk dapur haruslah memperhatikan berbagai unsur pendukung di dalamnya. Tak hanya unsur pencahayaan dan material kabinet saja, tetapi juga motif keramik untuk mengisi bagian backsplash, dinding, ataupun lantai dapur.

Sebenarnya bisa saja semua diatur dengan konsep serba sewarna, namun tentu nilai estetiknya berkurang.

Nah, supaya dapur minimalismu tak terlihat monoton, kamu bisa intip beberapa rekomendasi motif keramik untuk dinding dapur seperti inspirasi berikut ini!

Motif Keramik Dinding Dapur Minimalis

1. Keramik Dinding Dapur Motif Bunga

Dapur akrab dengan kesan feminim karena seringnya digunakan oleh wanita untuk memasak. Hal ini tak sepenuhnya benar mengingat kini banyak pula chef dari kalangan laki-laki.

Tapi tetap saja soal dekorasi dapur, kesan feminim tampaknya masih banyak mendominasi. Terlihat dari banyaknya keramik motif bunga yang hadir di pasaran, seperti :

1. Motif Keramik India

Keramik Dinding Dapur Motif Bunga

Dinding dapur dengan motif berwarna-warni seperti ini bisa menjadi andalan untuk menyamarkan noda yang terciprat ketika memasak. Mozaik dalam berbagai motif dan garis saling berbaur memberi semarak yang meriah pada dapurmu.

2. Motif Acak Hijau Tosca

Harga Keramik Dinding Dapur

Untuk tampilan minimalis namun tak monoton, sematkan aneka motif secara serampangan di backsplash dapur. Semua yang serba tak tertata justru memunculkan kesan unik dan artistik.

Supaya lebih berwarna, cari motif dengan semburat warna hijau tosca, senada dengan warna perabotan dapur yang ada.

3. Motif Lily Merah

Ukuran Keramik Dinding Dapur

Jika tak mau berekspresi secara ekstrem, terapkan saja konsep ini. Hadirnya motif lily berpadu semburat dedaunan memberi sentuhan warna cerah pada dapurmu yang kental akan konsep monokrom.

4. Motif Kembang Tujuh Rupa

Model Keramik Dinding Dapur

Dasar pemberian nama tujuh rupa bukanlah didasarkan pada banyaknya motif kembang yang digunakan, namun lebih untuk mewakilkan kesan aneka motif yang berbeda-beda. Konsep ini cocok diterapkan untuk dapur dengan unsur feminim vintage yang kental.

5. Motif Simetris Ala Mediterania

Keramik Dinding Dapur Minimalis

Dalam pemilihan keramik dinding, motif simetris ala Mediterania juga pas untuk diaplikasikan di dapur atau ruang makan. Lebih unik lagi jika motif yang diusung tak hanya satu, namun 3 atau lebih motif berbeda dan dipasang berselang-seling.

6. Motif Tile-Printing Buket Bunga Oriental

Contoh Keramik Dinding Dapur

Untuk backsplash yang cukup luas, tak ada salahnya kamu mencari motif printing buket bunga utuh yang pas dengan space yang ada. Tapi kamu perlu hati-hati dalam pemasangannya supaya tak salah kaprah dan merusak pola. Jika sudah jadi seperti ini, kamu tentu puas dengan hasilnya kan?

7. Motif Bintang Monokrom

Keramik Dinding Dapur Terbaru

Pemilihan keramik motif bintang dengan warna hitam putih akan semakin mempertegas konsep monokrom di dapur. Serasi sekali dengan berbagai ornamen serta kabinet berwarna gelap dan maskulin di sekitarnya.

8. Wallpaper Timbul Gaya Klasik

Gambar Keramik Dinding Dapur

Memberi sentuhan berbeda pada dapur tak harus selalu dengan menabrakkan warna. Kamu bisa menempatkan wallpaper kalem namun memiliki aksen timbul seperti pada gambar ini. Semuanya berpadu sempurna untuk menonjolkan konsep Victorian vintage yang classy.

9. Wallpaper Marmer Mahkota Bunga

Keramik Untuk Dinding Dapur

Agak berbeda dengan lainnya, kamu patut mencoba berkreasi dengan menempatkan wallpaper berbahan marmer di bagian blacksplash dapur.

Harganya jelas lebih mahal dibanding keramik pada umumnya, namun kamu bisa melakukan perawatan dengan mudah. Ditambah, tak ada sekat nat yang perlu kamu khawatirkan kebersihannya.

10. Motif Flower Blossom

Motif Keramik Dinding Dapur Terbaru

Keramik dinding memiliki berbagai ukuran yang berbeda-beda. Sesekali pilihlah yang berukuran mini untuk menampilkan sisi energik yang kamu miliki. Seri flower blossom tak hanya cocok untuk dinding dapur saja, tapi juga bisa diaplikasikan untuk kebutuhan kamar mandi.

11. Motif Retro-Vintage

Lis Keramik Dinding Dapur

Sentuhan bunga dalam warna pudar mengesankan look jadul dan retro yang kental. Tambahan alur bergaris seperti retakan juga kian memperkuat nuansa retro yang tercipta. Walau saling bertabrakan motif, namun semuanya berhasil dinetralisir dengan kehadiran tulisan berisi paparan jenis bunga di sela-sela corak tersebut.

12. Aneka Motif Warna-Warni

Corak Keramik Dinding Dapur

Menghadirkan kesan segar juga bisa disiasati dengan mencampurkan aneka motif di dinding dapur. Kesemua coraknya yang saling bertabrakan akan membuat dindingmu cerah dan berwarna. Agar tak terlalu berlebihan dan norak, berikan space dengan menyelipkan keramik berwarna netral di tiap sisinya.

2. Keramik Dinding Dapur Motif Kayu

Material kayu tampaknya memang memiliki keunggulan tersendiri dibanding lainnya. Wajar jika semua yang berkaitan dengan kayu selalu diburu karena toh popularitasnya tak pernah lekang oleh waktu.

Sayangnya, material ini membutuhkan perawatan yang lebih detail untuk menjaga agar tak kotor dan berjamur. Untuk itulah, kini hadir keramik motif kayu yang bisa kamu jadikan alternatif pengganti.

1. Motif Klasik Merbau

Keramik Dinding Dapur Motif Kayu

Di jajaran perkayuan, Merbau termasuk vegetasi yang dibanderol harga mahal.

Ketimbang menghabiskan banyak dana untuk membelinya, lebih baik sisihkan dana untuk membeli keramik motif Merbau saja.

Toh jika dilihat secara sekilas, penampakannya nyaris sama, dengan serat putus-putus yang khas.

2. Motif Tenun Tumpang-Tindih

Motif Keramik Dinding Dapur Minimalis

Sebagai pelindung dinding agar tak mudah kotor, pasanglah keramik dengan motif tenun tumpang-tindih ini.

Warnanya yang netral mampu menjaga harmonisasi pada ruangan.

Looknya yang tak terlalu gonjreng juga menetralisir agar dinding kayu berwarna biru bisa lebih terlihat menonjol.

3. Motif Kontemporer Kayu Bertumpuk

Keramik Dapur Yang Bagus

Secara sekilas, motif ini terlihat seperti batuan andesit yang rapi. Padahal, dapur ini mengusung material keramik bermotif kayu bertumpuk dengan gradasi warna abu-abu yang kalem.

Perpaduannya dengan tatakan meja, kebinet putih, serta jendela kaca terbuka membuat konsep kontemporer berhasil dieksekusi dengan sempurna.

4. Motif Klasik Kayu Ebony

Keramik Dinding Dapur Cantik

Kayu ebony identik dengan warnanya yang kelam dibanding jenis lainnya. Dari sisi kekuatan, kayu ini juga tahan lama dan berharga mahal.

Kamu bisa menerapkan blacksplash bermotif kayu ebony untuk mempertegas gaya dapur klasik ini agar tampil lebih edgy.

5. Motif Klasik Kayu Kamper Warna Pudar

Inspirasi Keramik Dinding Dapur

Dinding seperti ini sangat pas diaplikasikan untuk dapur berkonsep rustic. Warna keramik motif kamper yang memudar memperlihatkan kesan rural tapi tetap modern dan kekinian.

Apalagi, ditambah motif-motif kecil di sana-sini.

6. Motif Tradisional Rural

Scandinavian kitchen, interior design

Tak hanya sebagai dinding, keramik bermotif kayu juga cocok untuk lantai dapurmu.

Lihat saja jajaran keramik motif potongan kayu yang berjejer apik ini. Semuanya terlihat rapi sekaligus menampilkan sisi rural dalam balutan konsep modern.

7. Motif Meranti Pudar

Desain Keramik Dinding Dapur Minimalis

Keramik motif meranti pudar bisa kamu gunakan untuk menutup bagian backsplash dan lantai dapur.

Warnanya yang pucat makin menambah kesan elegen vintage dari dapurmu yang serba putih.

8. Wallpaper Kayu Lapuk

Gambar Keramik Dinding Dapur Minimalis

Wallpaper dinding bermotif kayu lapuk dengan cat yang mengelupas ini bisa menghadirkan kesan kontras di dapur.

Tentu saja, dalam artian baik. Wallpaper tersebut mampu menetralkan ruangan agar tak terlalu didominasi material mahal dan mewah.

9. Motif Ebony Monokrom

Keramik Dinding Dapur Elegan

Keramik bermotif ebony dengan penampakan yang pekat dan serat kayu yang jelas bisa kamu andalkan untuk dapur berkonsep monokrom.

Kolaborasi warna hitam dan putih yang begitu kontras makin mempercantik ruangan dan memberikan kesan lapang.

10. Motif Klasik Gaya Victorian

Keramik Dinding Dapur Rumah

Tampilan glamor dalam ruangan bergaya Victorian memang susah ditampik pesonanya. Motif kayu juga membantu menampakkan ruangan yang edgy dan berkelas.

Apalagi faktor pencahayaan yang terang dengan space yang luas, plus penggunaan keramik seri platinum. Semuanya tampak selaras dan pas.

11. Motif Tambang Monokrom

Gambar Keramik Dinding Dapur Terbaru

Alih-alih menambahkan motif dan warna ngejreng, kamu bisa memilih keramik bermotif tali tambang yang saling mengait satu sama lain.

Warnanya yang netral membantu menonjolkan aksen kabinet kayu dan look classy pada ruangan.

12. Keramik Hitam Minimalis

Keramik Dinding Dapur Minimalis Terbaru

Bagimu pecinta konsep modern minimalis, memilih keramik berwarna hitam mengkilap untuk menutup dinding dapur adalah pilihan tepat.

Selain mudah dibersihkan, keramik ini juga menegaskan kesan maskulin yang dominan. Apalagi, adanya meja marmer dan kabinet kayu unfinished semakin membuatnya chic dan classy.

3. Keramik Dinding Dapur Roman

Keramik roman sebenarnya nyaris sama dengan keramik jenis granit. Pembuatannya sama-sama dilakukan dengan pembakaran di suhu lebih dari 1200o C.

Keduanya juga berkualitas tinggi dan masuk dalam golongan kelas B1. Bedanya dengan keramik granit terletak pada glasur yang ada di dalamnya. Glasur inilah yang memberikan efek glossy sekaligus tak berpori.

1. Motif Segi Enam Biru Artik

Model Keramik Dinding Dapur Minimalis

Warna biru memberikan efek menenangkan dan bersih. Kamu bisa menerapkan konsep lautan ke dapurmu lho. Caranya dengan mengusung keramik motif segi enam dalam balutan warna biru artik yang cantik ini.

Perkakas serba putih dan silver membuat tampilan dapur makin mengesankan. Untuk sentuhan berbeda, pilih meja dengan gradasi warna yang berbeda, biru laut atau peacock misalnya.

2. Motif Waru Simetris

Keramik Dinding Dapur Sederhana

Keramik glasur yang halus dalam corak waru simetris cocok untuk diaplikasikan pada konsep rumah klasik.

Warna netralnya membuatmu lebih mudah memadukannya dengan perkakas lain. Pastikan sela nat dibuat serapat mungkin, agar kotoran tak terjebak di sana.

3. Keramik Glasur Polos Model Bata

Jenis Keramik Dinding Dapur

Jika tak mau sesuatu yang terlalu mencolok, pertimbangkanlah untuk memilih keramik glasur tanpa motif. Seperti model bata berwarna teal yang membuat tampilan dapurmu kian terlihat elegan ini.

Penataannya pun lebih mudah dilakukan. Sayangnya, kamu tentu harus rajin membersihkan kotoran yang mungkin menempel pada sela nat.

4. Keramik Mini Papan Catur

Motif Keramik Untuk Dinding Dapur

Bila dilihat secara sekilas, keramik pada backsplash dapur ini tampak seperti papan permainan otak.

Ukurannya yang mini ternyata mampu menguatkan kesan modern di ruangan tersebut. Meski sederhana dan kecil, kehadiran motif geometris mini ini membuat dapurmu makin istimewa.

5. Motif Printing Gaya Retro

Keramik Dinding Untuk Dapur

Kalau kamu tipikal yang berani bermain dengan warna, tak ada salahnya mencoba konsep satu ini.

Keramik motif printing dengan perpuduan warna tajam ini akan membuat dapur terlihat cerah dan meriah.

6. Motif Printing Retro-Klasik

Keramik Dinding Dapur Roman Terbaru

Masih dari model keramik printing, kamu bisa memilih opsi lain dengan menghadirkan gaya retro semi-klasik berikut.

Warna biru yang cukup mendominasi memberikanmu look segar dan bersih.

7. Motif Printing Retro

Keramik Dinding Dapur Granit

Keramik model retro memang cocok untuk menghadirkan sisi terang dalam ruangan.

Paduannya di tengah warna dinding dan perabot netral memberi kesan penuh sehingga ruangan terlihat lebih hidup.

8. Motif Aneka Batik

Model Keramik Dinding Dapur Terbaru

Keramik dinding dapur yang anti-mainstream juga dapat dihadirkan dengan konsep puzzle seperti gambar. Kamu tinggal memilih keramik aneka motif untuk disusun meruntut garis diagonal.

Walaupun motifnya berbeda-beda, namun pastikan semuanya memiliki warna dasar yang sama agar tak tampak jomplang.

9. Aneka Motif Pola Susun 1-2

Harga Keramik Dinding Dapur Ukuran 25x40

Seperti pada anyaman, dalam desain pemasangan keramik bermotif ini kamu harus memperhitungkan polanya.

Misalnya di baris pertama ada 3 motif yang berjajar selang-seling bergantian.

Di baris ke-2 hanya 2 motif saja yang digunakan dengan prinsip 2 motif A – 1 motif B – 2 motif A, dan seterusnya.

10. Keramik Travertine Geometris

Keramik Dinding Dapur Platinum

Memilih keramik travertine bermotif geometris adalah pilihan paling aman untuk melengkapi dekorasi dapur monokrommu.

Detailnya yang rapi dan tertata membuat tempat ini jauh dari kesan feminim. Apalagi segala perabot, perkakas, dan ornamen berwarna maskulin.

11. Aneka Motif Aneka Warna

Harga Keramik Dinding Dapur Per Dus

Jika semua perabot di dapur sudah berwarna putih, kini saatnya bermain dengan motif keramik dinding.

Kamu bebas memilih varian apa saja yang hendak kamu tempelkan di dinding. Toh, makin banyak motifnya, makin meriah suasanya.

12. Keramik Kaca (Glass Tile)

Keramik Dinding Dapur Roman

Meski tak populer lagi, trend glass tile sempat digandrungi di era 2000an silam. Penggunaan material keramik kaca ini membuat ruangan lebih bersinar dan memberi kesan kilau maksimal.

Namun, jangan berlebihan dengan menggunakannya di seluruh ruangan. Cukup gunakan glass tile sebagai pemanis di spot-spot tertentu saja.

Harga Keramik Dinding Dapur

Memilih keramik untuk dinding dapur memang harus sesuai dengan konsep dan model yang kamu inginkan. Tapi, jangan sampai mengabaikan budget yang kamu miliki.

Percuma jor-joran mendesain dapur nan cantik namun anggaranmu bengkak dan harus mengorbankan anggaran lainnya. Karenanya, kamu harus mempertimbangkan segalanya dengan matang.

Harga keramik dinding dapur juga tak melulu dipatok dari motifnya saja. Ada aspek lain yang turut mempengaruhi naik-turunnya harga, yakni jenis, ukuran, dan kelasnya.

Untuk mendapatkan gambaran harga nyata keramik di pasaran, simak uraian singkat berikut ini.

1. Keramik Roman

Keramik tipe glatsur ini memiliki beberapa kelas dengan rentang harga yang berbeda-beda. Berdasar ukurannya, berikut kisaran harga keramik jenis ini.

  • Ukuran keramik 20 x 20, seharga 90.000 hingga 95.000.
  • Ukuran 20 x 25, seharga 90.000 hingga 100.000.
  • Ukuran 25 x 25, seharga 90.000 hingga 110.000
  • Ukuran 30 x 30, seharga 125.000 hingga 150.000
  • Ukuran 25 x 33,3, seharga 90.000 hingga 100.000
  • Ukuran 20 x 40, seharga 90.000 hingga 98.000
  • Ukuran 25 x 45, seharga 98.000 hingga 130.000
  • Ukuran 32,5 x 32,5, seharga 130.000 hingga 140.000
  • Ukuran 20 x 60, seharga 135.000 hingga 180.000
  • Ukuran 30 x 60, seharga 135.000 hingga 190.000
  • Ukuran 32,5 x 65,5, seharga 200.000 hingga 330.000

2. Keramik Platinum

Seri keramik ini juga memiliki beberapa varian yang berbeda, mulai dari cavalli, fredo, fresno, salsa, sicilia, dan sebagainya. Namun secara umum, berikut harganya berdasarkan ukuran di pasaran.

  • Ukuran 20 x 20, seharga 40.000 hingga 45.000
  • Ukuran 20 x 30, seharga 37.000 hingga 50.000
  • Ukuran 50 x 50, seharga 70.000
  • Ukuran 60 x 60, seharga 85.000

Dari berbagai pilihan keramik dinding dapur di atas, mana yang sesuai dengan seleramu? Pastikan semuanya sesuai dengan konsep dan budgetmu, ya.

Keramik Dinding Dapur

Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

One Reply to “Keramik Dinding Dapur”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *