Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

Ikuti saya di:        

Artikel ini dibuat oleh tim konten Ruangarsitek. Jika ingin update referensi tentang desain rumah silahkan ikuti disini ruangarsitek.id.

Kanopi Kain

2 min read

Kanopi Kain

Penggunaan kanopi kain di Indonesia memang belum begitu populer.

Padahal, kanopi jenis ini sudah banyak digunakan di luar negeri, bukan hanya untuk jendela dan pintu rumah hunian saja, tetapi juga restoran dan tempat umum lainnya.

Kanopi Kain untuk Hadirkan Kesan Hangat

Kanopi Kain untuk Hadirkan Kesan Hangat
source : awningslasvegas.com

Fungsi dari kanopi yang terbuat dari kain bukan hanya sekadar pelindung saja, tetapi kanopi jenis ini bisa juga digunakan untuk menguatkan tema desain interior yang dipilih.

Model kanopi yang tertutup dan simpel, memberikan kesan yang hangat dan nyaman.

Kanopi jenis ini juga cocok untuk segala macam desain interior, terutama model minimalis dan klasik.

Harga kanopi kain juga relatif terjangkau dan memiliki banyak varian yang mudah untuk disesuaikan dengan kebutuhan.

7 Desain Kanopi Kain yang Bisa Dijadikan Inspirasi

1. Kanopi Kain Hitam Minimalis

Kanopi Kain Hitam Minimalis
source : imgix.net

Buat kamu yang simpel dan sederhana, maka pemilihan kanopi berbahan kain yang berwarna hitam semacam ini tentu adalah alternatif yang menarik.

Warna hitam tidak selalu identik dengan warna yang suram, kamu tinggal memadukannya dengan cat dinding berwarna cerah agar bisa menyeimbangkan kontras warnanya.

Jika menggunakan kain impor biasanya harga yang ditawarkan adalah mulai Rp450 ribuan per meternya. Harga tersebut bisa berubah sesuai dengan ukuran jendela dan juga pintu yang akan kamu pasangi kanopi.

Baca Juga :

20+ Desain Kanopi Minimalis di Teras Depan Rumah

2. Kanopi Kain Gulung Ujung Segitiga

Kanopi Kain Gulung Ujung Segitiga
source : homedepot-static.com

Kanopi atau awning yang satu ini menggunakan kerangka dengan kombinasi bentuk dome dan quarter round. Agar terlihat berbeda, maka pada ujung kain dibuat berbentuk segitiga sama sisi. Penggunaan jenis kain semacam ini merupakan salah satu yang paling populer.

Untuk urusan harga, kanopi kain murah banyak ditawarkan di pasaran, dari mulai harga Rp500 ribuan sudah termasuk dengan rangka hollow dan mendapat kain kualitas impor.

Namun, untuk pengiriman luar kota, biasanya tidak disertai dengan rangka hollow namun diganti dengan kain lembaran yang lebih panjang.

3. Kanopi Kain Motif Unik

Kanopi Kain Motif Unik
source : Unikimgix.net

Kamu bosan dengan kanopi berbahan kain dengan desain yang itu-itu saja?

Mungkin ini saatnya untuk kamu mulai bereksperimen menggunakan kain bermotif lucu. Seperti pada gambar, pemilik rumah menggunakan kain dengan motif panah yang jarang digunakan.

Hal ini tentu akan menjadi daya tarik tersendiri. Desain semacam ini sangat cocok untuk hunian yang mengusung tema minimalis. Perpaduan rangka standar, motif unik serta dinding berwarna coklat, membuat kesan simpel namun trendi bisa dimunculkan dengan baik.

Harga untuk kain jenis ini, bervariasi. Jika kamu teliti, kamu bisa mendapatkan kanopi dengan bahan kain motif semacam ini dengan harga mulai Rp150 ribuan per meter perseginya.

4. Kanopi Kain Multifungsi

Kanopi Kain Multifungsi
source : imgix.net

Kamu menginginkan kanopi yang juga bisa berfungsi sebagai tirai outdoor? Cobalah desain kanopi seperti pada gambar. Dengan posisi normal, maka kain bisa berfungsi sebagai kanopi yang melindungi pandangan agar tidak silau.

Sedangkan ketika posisi rangka diturunkan, maka kain bisa bermanfaat sebagai tirai penghalang pandangan dari luar. Desain ini tentu cocok untuk warga Bogor dan wilayah lain yang memiliki curah hujan yang tinggi.

Kamu bisa mendapatkan kanopi jenis ini dengan harga kain mulai Rp200 ribuan. Harga yang cukup terjangkau. Hanya saja, kamu akan membutuhkan sedikit ekstra biaya untuk membuat variasi rangkanya.

5. Kanopi Kain Standar Berwarna Coklat

Kanopi Kain Standar Berwarna Coklat
source : imgix.net

Segala hal yang berbau standar tidaklah selalu membosankan. Asalkan kamu pintar memadukan bahan, maka kanopi milikmu juga bisa terlihat istimewa.

Perpaduan warna coklat dengan cat dinding berwarna putih tulang dengan rangka besi berwarna hitam, nyatanya bisa meningkatkan tampilan visual hunian walaupun menggunakan tema minimalis.

Harga untuk wilayah Jakarta dan daerah lain mungkin berbeda, namun rata-rata menawarkan harga sekitar Rp600 ribuan.

6. Kanopi Kain Jenis Quarter Round

Kanopi Kain Jenis Quarter Round
source : pinterest.com

Jenis kanopi ini cocok digunakan untuk rumah yang memiliki ruang yang luas, sebab bentuk rangka kanopi ini memang memakan tempat.

Agar terlihat lebih visual, kamu bisa menggunakan kain dengan motif garis dan dipadukan dengan aksesoris lampu unik.

Karena kanopi ini membutuhkan kain yang banyak, maka harga yang ditawarkan biasanya berkisar antara Rp800 ribuan.

7. Kanopi Kain dengan Rangka Variasi

Kanopi Kain Dengan Rangka Variasi
source : imgix.net

Model rumah minimalis memang membutuhkan detail kecil yang unik agar tidak terkesan monoton. Untuk menyiasatinya, kamu bisa menggunakan kanopi kain dengan rangka yang dibentuk dengan berbagai model.

Seperti pada gambar, kamu bisa menggunakan rangka besi yang dibuat melengkung di tiap sudutnya yang dipadukan dengan kain bermotif garis.

Kamu tidak perlu kuatir dengan harganya. Di pasaran, harga untuk kanopi jenis ini sekitar Rp700 ribuan per meter perseginya.

Baca Juga :

Kelebihan Kanopi Galvalum dibanding yang Lain

Menyiasati tampilan hunian tidak selalu harus menggunakan barang mewah. Hanya dengan perpaduan kanopi kain serta aksesoris sederhana pun bisa membuat rumah Anda terasa istimewa dan berbeda.

Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *