Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

Ikuti saya di:        

Artikel ini dibuat oleh tim konten Ruangarsitek. Jika ingin update referensi tentang desain rumah silahkan ikuti disini ruangarsitek.id.

Kanopi Kaca

7 min read

Kanopi Kaca

Kanopi kaca cukup populer digunakan pada rumah di daerah beriklim tropis. Menggunakan kanopi yang terbuat dari kaca dapat membuat ruang terbuka sebuah rumah bisa lebih optimal.

Ruang terbuka tersebut masih bisa mendapat pencahayaan alami yang cukup tapi tetap terlindungi dari derasnya hujan.

Kenapa Memilih Kanopi Kaca?

Kenapa Memilih Kanopi Kaca
source : pinterest.com

Menggunakan kanopi yang terbuat dari kaca bukan hanya membuat sebuah ruangan terbuka terlindungi dari teriknya sinar matahari ataupun derasnya hujan, namun juga sekaligus memberikan tampilan visual yang cantik.

Kanopi kaca yang transparan membuat kesan clean look yang stylish sekaligus elegan.

Satu hal lagi yang membuat penggunaan kanopi yang terbuat dari kaca layak dipilih adalah, potensi untuk menciptakan kualitas tempat tinggal yang baik akan semakin besar.

Kanopi jenis ini bisa dijadikan sebagai solusi rumah agar bisa lebih banyak mendapat pasokan pencahayaan yang natural.

Kelebihan Kanopi Kaca

Kelebihan dan Kekurangan Kanopi Kaca

1. Mudah Diaplikasikan pada Berbagai Desain Ruang Terbuka

Segala macam desain ruang terbuka bisa dipercantik tampilannya dengan kanopi yang terbuat dari kaca.

Bukan hanya teras di bagian depan rumah ataupun di area halaman belakang, penggunaan kanopi dari kaca juga bisa diterapkan berbagai macam ruang terbuka yang ada di sekitar sebuah bangunan.

2. Lebih Kuat dan Awet

Kaca aman dijadikan sebagai bahan untuk membuat kanopi, namun sebaiknya kamu pilih jenis kaca yang tidak mudah pecah misal seperti tempered dan akrilik.

Penggunaan kanopi yang terbuat dari kaca itu juga akan lebih tahan lama tanpa perlu takut mengalami kebocoran.

3. Meningkatkan Kesan Elegan sebuah Rumah

Keunggulan lain dari kanopi yang terbuat dari kaca adalah bisa meningkatkan kesan elegan sebuah rumah.

Atap kanopi dari kaca bahkan bisa menjadikan sebuah rumah terlihat lebih mewah.

Namun, agar tampilan elegan itu tetap awet kamu perlu rajin membersihkan permukaan kaca.

4. Membuat Ruangan Terlihat Lebih Terang

Kanopi yang terbuat dari bahan kaca memiliki sifat yang tembus cahaya.

Jenis kanopi ini bisa membuat sebuah ruang terbuka terlihat lebih terang sebab sinar matahari bisa langsung masuk.

Pastikan memilih jenis kaca bening kalau kamu ingin membuat sebuah ruang terbuka yang terlihat lebih terang alami.

Baca Juga :

20+ Desain Dan Model Kanopi Hits Tahun 2020 | Bikin Rumah Teduh!

Kekurangan Kanopi Kaca

1. Resiko Pecah Berkeping-keping

Walaupun ada beberapa jenis kaca yang tidak mudah pecah, namun tetap saja ada resiko atap kanopi yang terbuat dari kaca itu pecah.

Salah satu faktor yang bisa berpotensi membuat kanopi kaca pecah adalah benturan sangat keras sehingga melebihi batas daya tahan kaca itu sendiri.

Proses pemasangan kaca di atas rangka kanopi juga sangat perlu untuk diperhatikan.

Jangan sampai pemasangan kaca tidak sempurna yang menyebabkan kaca di atas rangka mudah tergeser kemudian jatuh. Hal seperti itu tentu sangat berbahaya.

Sebelum proses pemasangan dilakukan, kamu perlu memperhatikan lingkungan sekitar akankah ada potensi yang bisa membuat atap kanopi dari kaca itu bisa pecah?

Sebaiknya kamu tidak memasang kanopi beratap kaca di bawah pohon yang memiliki buah berukuran besar, misal seperti pohon mangga.

2. Lebih Berat

Jenis kanopi yang terbuat dari kaca punya bobot yang lebih berat dibanding dengan atap kanopi yang terbuat dari bahan lainnya.

Semakin tebal kacanya maka semakin berat pula bobot atap kaca yang terpasang di atas rangka kanopi.

Berat kaca juga bisa berpengaruh pada rancangan konstruksi rangka kanopi yang digunakan. Semakin berat kaca yang digunakan maka kamu perlu memastikan bahwa rangka kanopi kuat menopang atap kaca kanopi tersebut.

3. Proses Pemasangan Lebih Rumit

Jenis kanopi yang terbuat dari kaca memang termasuk sangat rumit untuk dipasang. Proses pemasangan atap kaca untuk kanopi membutuhkan perlakuan khusus.

Bahan kaca untuk atap kanopi harus diperlakukan dengan hati-hati agar tidak pecah sebelum terpasang di atas rangka kanopi.

Oleh sebab itu, biasanya pemasangan kanopi yang terbuat dari kaca lebih membutuhkan banyak biaya daripada pemasangan jenis kanopi lainnya.

Gunakan pula jasa pemasangan kanopi profesional agar kamu tidak perlu repot memasang sendiri dan atap kanopi dari kaca itu terpasang dengan aman.

2 Jenis Kanopi Kaca Terbaik

1. Kanopi Kaca Tempered

Kanopi Kaca Tempered

Jenis kanopi kaca tempered cukup mirip dengan kanopi yang terbuat dari kaca asli. Umumnya, jenis kanopi ini disusun di atas rangkaian baja ringan.

Proses pembuatan kaca tempered dengan cara memanaskan kaca float dengan suhu yang mencapai lebih dari 700 derajat Celcius.

Proses pemanasan tersebut kemudian berlanjut dengan proses pendinginan dengan cara menyemprotkan udara secara merata di kedua permukaannya.

Proses seperti itu akan mengubah fisik kaca namun tidak mengubah tampilan kaca secara visual.

Keunggulan dari jenis kanopi ini lebih kuat daripada kaca biasa hingga 3-5 kali lipat, mulai dari menahan beban angin, benturan hingga perubahan suhu yang cukup ekstrim.

Apabila jenis kaca ini pecah, pecahannya juga cukup aman sebab tumpul dan kecil-kecil saat pecah.

Selain itu, kanopi kaca yang terbuat dari kaca tempered jika diarahkan cahaya lampu maka cahaya tersebut akan terdistorsi atau berbelok arah.

Kaca tempered juga terdiri dari beberapa jenis, yaitu clear, stopsol, tinted dan indofigure.

Di pasaran, kaca tempered ini tersedia dalam berbagai tingkat ketebalan mulai dari ukuran 3 mm hingga 19 mm. Kaca tempered juga tersedia dalam berbagai pilihan warna sedangkan untuk harganya terbilang cukup terjangkau.

Harga kanopi kaca tempered tergantung dari ketebalannya, semakin tebal maka semakin mahal pula harganya. Kisaran harga jenis kanopi kaca ini sekitar Rp200.000 – Rp500.000 per/m2.

Harga tersebut belum termasuk rangka baja ringan untuk menopang atap kanopi yang terbuat dari kaca.

2. Kanopi Kaca Akrilik

Kanopi Kaca Akrilik

Jenis kanopi terbaik lainnya yang terbuat dari kaca adalah kanopi kaca akrilik sebab bersifat tahan pecah sehingga sangat ideal digunakan sebagai kanopi.

Keunggulan lain yang dimiliki jenis kaca ini adalah tahan terhadap berbagai cuaca dan tidak mengkerut atau berubah warna.

Kaca akrilik memang termasuk jenis kaca yang sangat bagus untuk digunakan di luar ruangan dalam jangka waktu panjang.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, jenis kaca ini tidak akan mengalami perubahan warna walau terkena paparan sinar matahari dalam waktu yang sangat panjang.

Kaca akrilik terbuat dari campuran bahan polymethyl methacrylate yang akan mencair jika dipanaskan.

Campuran bahan tersebut akan menghasilkan benda transparan yang menyerupai kaca. Walau transparan seperti kaca, namun terdapat beberapa perbedaan mendasar antara kaca dengan akrilik, yaitu:

  • Lebih ringan
  • Lebih mudah dibentuk
  • Bisa dilubangi dengan bor
  • Kurang bisa menyerap cahaya
  • Lebih bisa bertahan dalam tekanan air

Kaca akrilik terdiri dari dua jenis yaitu, akrilik ekstrusi dan akrilik cetakan. Kaca akrilik ekstrusi bersifat lebih lembut dan lebih mudah tergores.

Biasanya kaca akrilik jenis ekstrusi ini lebih sering digunakan untuk bahan dasar pembuatan display, plang dan lain sebagainya.

Sementara itu jenis kaca akrilik kedua adalah akrilik cetakan yang lebih berkualitas unggul sehingga biasanya dijual dengan harga yang lebih tinggi.

Jenis akrilik cetakan lebih kuat daripada akrilik ekstrusi. Kaca akrilik memang cukup sering dijadikan sebagai kanopi rumah, sebab dianggap lebih kuat.

Namun, kaca akrilik yang lebih kuat dan tahan lama itu membuat harga kanopi kaca akrilik lebih mahal dibanding jenis kanopi kaca lainnya.

Kisaran harga yang telah dilengkapi dengan rangka baja ringan bisa mencapai Rp750.000 – Rp950.000 per m2.

Ketebalan kaca akrilik untuk kanopi umumnya hanya tersedia dalam dua jenis ketebalan yaitu 3 mm dan 5 mm. Tentu saja semakin tebal maka semakin mahal harganya.

Umumnya warna kanopi yang terbuat dari kaca akrilik tersedia dalam dua pilihan yang warna bening dan warna putih.

Kalau kamu memilih warna kanopi yang bening maka ruangan terbuka tersebut akan terkesan lebih bersih.

Sedangkan ruang terbuka yang diberi atap berupa kanopi kaca akrilik akan terkesan lebih sejuk sebab sinar matahari tidak bisa menembus masuk ke dalam ruang tersebut.

5 Desain Kanopi Kaca untuk Atap Rumah

1. Kanopi Kaca untuk Halaman Belakang

Kanopi kaca untuk halaman belakang

Salah satu tempat berkumpul bersama keluarga atau teman yang paling nyaman adalah di halaman belakang.

Maka dari itu pemasangan atap tambahan dalam bentuk kanopi kaca sangat layak untuk dipertimbangkan.

Seperti yang bisa dilihat dari gambar di atas jenis kanopi kaca bening dengan rangka yang terbuat dari baja ringan akan memberikan tampilan visual lebih cantik.

Kanopi yang terbuat dari kaca itu sifatnya sangat fleksibel sehingga mudah membaur dengan berbagai desain halaman belakang.

Bisa dilihat dari gambar di atas rangka kanopi terbuat dari baja ringan itu dicat warna putih sehingga serasi dengan kusen pintu dan jendela di bagian belakang rumah tersebut.

Warna kaca transparan yang dipasang di atas rangka kanopi semakin mempercantik tampilan halaman belakang rumah.

2. Kanopi Kaca untuk Teras Rumah

Kanopi kaca untuk teras rumah

Teras rumah juga bisa diberi atap tambahan dalam bentuk kanopi. Umumnya, jenis kanopi ini digunakan untuk memperkuat konsep arsitektur sebuah bangunan.

Namun, sebuah rumah berkonsep minimalis juga bisa ditambah aksen elegan dari kanopi dari kaca khususnya di bagian fasad depan rumah tersebut.

Dilihat dari gambar di atas bukan hanya bagian atas kanopi saja yang diberi kaca transparan melainkan bagian sisi kiri juga diberi tambahan kaca.

Penambahan aksen kaca di sisi kiri rumah tersebut bisa meningkatkan privasi pemilik rumah.

3. Kanopi Kaca untuk Carport

Kanopi kaca untuk carport

Kanopi biasanya dipasang di atas area parkir kendaraan atau yang dikenal dengan sebutan carport. Kanopi yang terbuat dari kaca juga bisa dijadikan sebagai pilihan yang dapat melindungi sekaligus memberikan aksen elegan di atas area tersebut.

Kalau kamu ingin memberi tambahan atap dalam bentuk kanopi di atas area carport, kamu bisa memilih kanopi yang terbuat dari kaca.

Sebaiknya pilih kaca dengan permukaan lebih buram sehingga paparan sinar matahari tidak langsung mengenai mobil dan motor yang diparkir di area carport.

4. Kanopi Kaca sebagai Penghubung Dua Bangunan yang Terpisah

Kanopi kaca sebagai penghubung dua bangunan yang terpisah

Dua bangunan terpisah dapat pula disatukan dengan cara menambahkan aksen atap berupa kanopi yang terbuat dari kaca. Aksen kanopi dari kaca itu akan menambah kesan elegan dan mewah untuk sebuah ruang terbuka antar dua bangunan.

Area yang sudah diberi kanopi tersebut juga bukan hanya berfungsi sebagai area transisi antara bangunan satu dengan lainnya.

Area tersebut nantinya juga bisa dijadikan sebagai ruang terbuka untuk bersantai atau berkumpul bersama teman dan keluarga.

5. Kanopi Kaca untuk Veranda

Kalau kamu ingin lebih punya privasi ketika menikmati keindahan taman belakang rumah maka model kanopi dari kaca seperti gambar di atas bisa dijadikan pertimbangan untuk dipilih.

Desain ruang terbuka yang juga dapat dibuat tertutup itu akan membuat Anda bisa memiliki ruangan ekstra di dalam rumah.

Penambahan kanopi kaca pada veranda rumah seperti gambar di atas juga dapat menimbulkan kesan futuristik yang membuat tampilan rumah terlihat semakin unik.

Namun, kalau kamu mau mendapat kesan area lebih luas di sekitar veranda tersebut kamu bisa membuka pintu kanopinya.

Cara Pasang Kanopi Kaca

Cara Pasang Kanopi Kaca

1. Pilih Jenis dan Desain Kanopi

Memilih jenis dan desain model kanopi tidak terlalu rumit sebab yang diperlukan hanyalah menyesuaikan konsep rumah dengan budget yang kamu miliki.

Harga kanopi kaca per meter itu beragam sesuai dengan jenis kaca dan desain yang dipilih.

2. Perhatikan Ukuran dari Area yang akan Diberi Kanopi

Kanopi pada dasarnya adalah atap tambahan biasanya dipasang di area teras ataupun halaman belakang rumah. Namun tidak menutup kemungkinan bisa pula dipasang di bagian atas jendela dan pintu.

Oleh sebab itu saat akan memasang kanopi kamu perlu mengukur secara pasti luas area yang akan diberi kanopi.

Salah satu trik yang bisa kamu lakukan adalah melebihkan ukuran kanopi yang akan dipasang itu setidaknya 10 cm dari luas area yang akan diberi kanopi.

3. Memilih Jenis Rangka untuk Kanopi Kaca

Bagian penting lain dalam proses pemasangan kanopi adalah rangka tempat meletakkan kacai. Sebaiknya kamu memilih jenis rangka yang terbuat dari bahan kokoh dan anti karat.

Jenis rangka yang biasanya dipilih adalah besi dan kayu yang telah diberi lapisan anti karat atau anti rayap.

4. Gunakan Jasa Pemasangan Kanopi Profesional

Berapapun harga kanopi kaca yang kamu pilih, pastikan bahwa rangka kanopi harus benar-benar terpasang kuat.

Maka dari itu sebaiknya kamu menggunakan jasa pemasangan kanopi dari tenaga profesional. Rangka besi perlu dipasang sekrup rangkap agar lebih kokoh agar kanopi tidak mudah jatuh.

5. Pastikan Pemasangan Kaca Dilakukan dengan Benar

Setelah memastikan rangka kanopi terpasang kuat maka saatnya proses pemasangan kaca dilakukan. Pastikan bahwa pemasangan kaca di atas rangka kanopi terpasang sempurna.

Perhatikan detail kanopi kaca yang kamu pasang contohnya seperti pembuatan lubang pada kaca untuk memasang sekrup.

Bekas lubang pada kaca perlu diberi sealant agar tidak bocor dan kaca yang terpasang di atas rangka kanopi tidak mudah bergeser. Setelah semua langkah pemasangan selesai dilakukan sebaiknya perlu dikonsultasikan ulang dengan ahlinya.

Jangan lupa untuk mengecek ulang kondisi kanopi kaca yang baru dipasang itu agar terhindar dari masalah-masalah yang tidak diinginkan.

Baca Juga :

Kelebihan & Kekurangan Kanopi Galvalum Beserta Kisaran Harganya

Mengenal kanopi yang terbuat dari kaca mulai dari jenis, kelebihan, kekurangan hingga cara pemasangannya sangat diperlukan kalau kamu ingin memperindah rumah dengan kanopi. Cari jasa pemasangan kanopi yang profesional sehingga kamu puas dengan kanopi kaca yang dipasang.

Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *