Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

Ikuti saya di:        

Artikel ini dibuat oleh tim konten Ruangarsitek. Jika ingin update referensi tentang desain rumah silahkan ikuti disini ruangarsitek.id.

Daftar Harga Railing Tangga Per Meter Semua Jenis Terbaru 2021

3 min read

Harga Railing Tangga

Mebangun rumah bertingkat memang memiliki resiko tersendiri. Kamu harus memastikan keamanan tangga yang dibuat demi keselamatan penghuni rumah. Dibutuhkan railing yang kuat saat menaiki maupun manaiki tangga. Lalu, berapa harga railing tangga saat ini?

Railing tangga yang berkualitas sangat dibutuhkan dalam konstruksi bertingkat. Mengingat hal ini berhubungan langsung dengan keselamatan jiwa. Tanpa pegangan tangga yang memadai, tentunya akan membahayakan penghuni rumah. Terlebih jika ada anggota keluarga yang masih kecil.

Daftar Harga Railing Tangga Terbaru 2021

Sebagai pegangan yang berada di sisi tangga, railing juga tidak sebatas memberikan keamanan. Saat ini sudah banyak railing yang memiliki bentuk yang unik. Tak herang penggunaannya pada bangunan bertingkat juga dapat menambah nilai estetika.

Pemasangan railing adalah sebagai upaya pencegahan pengguna tangga jatuh saat menaiki dan menuruni tangga. Bahan dasar pembuatan railing pun beraneka ragam. Mulai dari kau, besi hollow, sampai galvanis.

Sebaiknya sesuaikan material railing dengan konsep hunian kamu. Termasuk material anak tangga yang akan dipasangi pegangan ini. Bagi yang ingin memasang railing, simak daftar harga railing tangga berikut ini.

1. Railing Tangga Besi Galvanis

Railing Tangga Besi Galvanis

Railing tangga ini harganya lebih mahal dari jenis besi hollow. Mengingat bahan dasarnya yang menggunakan besi galvanis. Tampilannya elegan dan sangat cocok untuk berbagai konsep rumah.

Railing tangga galvanis dengan ketebalan tiang 40 mm x 40 mm dan jari-jari sekitar 20 mm x 40 mm dijual di pasaran sekitar Rp400.000 per m2. Sedangkan untuk ketebalan tiang 40 mm x 60 mm dan jarijari 20 mm x 40 mm umumnya bisa didapatkan seharga Rp500.000 per m2.

Material galvanis dikenal tahan karat karena seng melindungi bahan besi dan baja. Material ini bisa diubah menjadi railing tangga yang menarik. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menyesuaikan warnanya dengan konsep hunian.

Namun, pada umumnya untuk rumah minimalis menggunakan railing galvanis berwarna hitam. Warna ini akan memberikan kesan elegan dan menarik di rumah kamu.

2. Harga Railing Tangga Besi Hollow

Railing Tangga Besi Hollow

Railing tangga dari material besi hollow ini menjadi salah satu yang banyak digunakan. Kamu bisa menemukannya dengan mudah di rumah hunian maupun gedung. Harga yang ditawarkan pun beraneka ragam, tergantung dari kualitas besi hollow itu sendiri.

Selain itu, harga railing ini juga dipengaruhi ukuran ketebalan tiang, pegangan tangan, dan jari-jarinya. Adapun harga railing besi hollow dengan ketebalan tiang 40 mm x 40 mm dan pegangan tangan 30 mm x 50 mm dijual sekitar Rp350.000 per m2.

Sedangkan railing besi dengan ketebalan tiang 40 mm x 60 mm dan pegangan tangannya 30 mm x 50 mm di pasaran dijual seharga Rp400.000 per m2. Tidak hanya itu, kamu juga bisa memesan warna railing tangga besi ini sesuai selera.

Railing besi hollow sangat cocok bagi kamu yang membutuhkan railing tangga dengan harga terjangkau. Jenis railing ini cocok diterapkan di berbagai konsep rumah. Jadi, rumah bertingkat akan terlihat menawan tanpa mengeluarkan biaya terlalu besar.

3. Railing Tangga Stainless Steel

Railing Tangga Stainless Steel

Proses pembuatan railing ini adalah dengan pengelasan material stainless steel sampai menjadi railing tangga sepenuhnya. Tampilannya begitu elegan dan modern. Bagi kamu yang mencari railing untuk rumah minimalis modern, railing stainless steel ini bisa jadi pilihan.

Tampilan stainless steel pada railing tersebut begitu mengkilap. Rumah akan memiliki kesan modern sekaligus lebih bersih dan memukau. Tak heran jika railing jenis ini dipatok dengan harga lumayan mahal, yaitu sekitar Rp750.000 per m2.

Meski harga tangga stainless steel lumayan mahal, kualitas dan kesan elegannya tidak perlu diragukan.

Railing stainless steel banyak ditemukan di gedung modern. Tidak sedikit yang rela merogoh kocek lebih dalam untuk memasang jenis railing ini. Mengingat material stainless steel dikenal kokoh dan anti karat.

Bagi kamu yang memiliki rumah dengan konsep minimalis, pemasangan railing ini akan menambah daya tarik. Railing stainless steel juga sangat sempurna dipasangkan dengan anak tangga dan dinding berwarna putih.

4. Railing Tangga Kaca

Railing Tangga Kaca

Sesuai dengan namanya, railing tangga ini menggunakan kaca sebagai pembatas anak tangga. Sedangkan pegangannya sendiri kerap kali menggunakan bahan kayu. Tampilannya yang modern ini sangat cocok digunakan untuk rumah minimalis.

Suatu ruangan akan terkesan lebih luas dibanding aslinya. Biasanya, ketebalan material kaca yang dibutuhkan sekitar 10 mm. Meski memiliki tampilannya modern, harga railing kaca ini tergolong terjangkau.

Harga railing tangga kaca tidak jauh berbeda dengan railing dari besi hollow, yaitu sekitar Rp400.000 per m2. Material kaca yang digunakan bersifat khusus dan telah diuji ketahanannya. Oleh karena itu, kamu tidak perlu khawatir mengenai faktor keselamatan railing ini.

Railing kaca juga banyak digunakan di mall dan tempat komersial lainnya. Hal ini karena kesan mewah dan elegan yang diberikan railing tangga ini.

5. Railing Tangga dari Besi dan Kayu

Railing Tangga dari Besi dan Kayu

Kombinasi material kayu dan besi dapat menghasilkan railing tangga yang mempesona. Terutama bagi kamu yang ingin memberikan sentuhan alami pada railing tangga besi. Biasanya, bagian kayu digunakan pada pegangan railing.

Jenis kayu yang biasanya dimanfaatkan untuk railing tangga ini adalah kayu mahoni. Jenis kayu tersebut dikenal cukup kuat dan awet sebagai pegangan tangga. Sementara itu, tiang penyangga railing bisa terbuat dari besi hollow atau stainless steel.

Untuk mendapatkan kesan modern namun tetap natural, kamu bisa memilih kombinasi railing stainless steel dan kayu. Jenis railing ini dijual dengan harga sekitar Rp400.000 per m2.

Railing dengan material kombinasi termasuk yang banyak dipilih. Banyak yang ingin memberikan kesan modern sekaligus tradisional untuk hunian yang nyaman.

6. Railing Tangga Full Kayu

Railing Tangga Full Kayu

Tidak sedikit penghuni rumah yang memilih railing tangga full kayu. Railing ini akan memberikan kesan tradisional namun tetap elegan. Tidak perlu khawatir, railing full kayu saat ini dijual dengan harga yang tidak terlalu mahal.

Namun, hal ini juga tergantung tingkat kesulitan saat memproses kayu menjadi railing. Analisa harga satuan pekerjaan railing tangga akan mempengaruhi harga pasaran railing itu sendiri.

Terlebih jika kamu memesan railing kayu dengan motif khusus. Railing dengan ukiran kayu yang menawan tentu harganya lebih mahal.

Untuk railing full kayu standar, biasanya dikenai harga sekitar Rp450.000 per m2. Tidak hanya bisa memesan motif khusus, kamu juga bisa menyesuaikan warnanya dengan selera. Biasanya railing kayu dicat dengan finishing yang membuatnya tampak mengkilap.

Baik menggunakan cat warna alami kayu maupun warna lainnya, misalnya warna putih. Bagi yang ingin memberikan kesan unik dan elegan di rumah hunian bertingkat, railing kayu ini bisa menjadi pilihan.

Baca Juga :

45+ Desain Railing Tangga Minimalis Untuk Hunian Idaman

Ulasan mengenai harga railing tangga di atas semoga bisa menjadi referensi terbaik untuk rumah hunian kamu.

Sesuaikan material railing dengan model rumah hunian yang kamu tinggali. Dengan demikian, tampilan interior rumah pun akan semakin menarik.

Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *