Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

Ikuti saya di:        

Artikel ini dibuat oleh tim konten Ruangarsitek. Jika ingin update referensi tentang desain rumah silahkan ikuti disini ruangarsitek.id.

Harga Pipa Conduit

3 min read

Pipa Conduit

Harga Pipa Conduit – Banyak sekali material yang sangat penting dalam pembangunan konstruksi suatu bangunan atau rumah, salah satunya adalah pipa conduit.

Tahukah kamu apa itu pipa conduit dan apa sajakah fungsinya? Pada ulasan kali ini kamu akan memahami pipa conduit yang sangat dibutuhkan dalam konstruksi.

Apa Itu Pipa Conduit?

Apa Itu Pipa Conduit

Pipa conduit adalah salah satu jenis pipa PVC yang mana mempunyai kemampuan mudah bentuk atau berjenis high impact. Pada umumnya panjang pipa conduit adalah sebesar 3 meter setiap batangnya.

Biasanya saat proses pembangunan berlangsung, pipa ini digunakan untuk mengamankan instalasi kabel. Hal tersebut dikarenakan fungsi utama dari pipa conduit adalah sebagai pengaman kabel-kabel pada bangunan atau gedung.

Pengamanan kabel dengan menggunakan pipa conduit bertujuan supaya terhindar dari kerusakan yang bisa membahayakan nyawa.

Diameter pipa conduit 20 mm dan tentunya berbeda dengan diameter pipa listrik yang umumnya sebesar 18 mm.

Material bangunan yang satu ini sangat mudah dijumpai di berbagai macam toko bangunan. Hal ini disebabkan pipa conduit menjadi material yang wajib dalam sebuah pembangunan. Kamu tentunya bisa memperoleh material ini di toko bangunan sekitar rumah.

Sebenarnya ada berbagai macam ukuran pipa conduit yang terjual di pasaran.

Harganya pun sangat bergaram tergantung kualitas dan ukuran yang kamu butuhkan. Apabila pipa yang ingin kamu beli semakin tebal, maka harganya akan semakin mahal pula.

Kelebihan Pipa Conduit

Kelebihan Pipa Conduit

Alasan banyak orang memilih pipa conduit dibanding dengan pipa listrik biasanya adalah karena pipa ini mempunyai berbagai macam kelebihan. Berikut beberapa kelebihan pipa conduit yang harus kamu ketahui.

1. Tahan Terhadap Cuaca

Salah satu kelebihan bahan material bangunan yang harus dimiliki adalah tahan terhadap cuaca.

Pasalnya di Indonesia seringkali terjadi perubahan cuaca secara ekstrim. Hal tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada beberapa material bangunan, terutama pipa conduit.

Rusaknya pipa pelindung kabel dapat mengakibatkan mudah terkelupas.

Apabila terkelupas tentunya kabel-kabel yang harus dilindungi pipa conduit menjadi sumber bahaya bagi manusia. Kamu tidak perlu khawatir lagi mengenai hal tersebut karena sekarang sudah ada pipa conduit.

Pipa conduit mempunyai ketahanan yang sangat tinggi terhadap cuaca ekstrem. Dibandingkan dengan berbagai macam pipa PVC lainnya, pipa ini lebih tahan lama dan kuat.

2. Tidak Mudah Terbakar

Selain kualitasnya yang unggul, pipa conduit juga memiliki kelebihan tidak mudah terbakar.

Hal tersebut dikarenakan bahan yang digunakan pada pipa ini sangat diperhatikan kualitasnya. Apabila pipa untuk melindungi kabel mudah terbakar tentu akan sangat membahayakan.

Bangunan, rumah, atau gedung lainnya yang menggunakan pipa conduit akan lebih terjamin keamanannya.

Sifat yang dimiliki pipa ini menjadikan pipa conduit sebagai material yang paling bagus digunakan pada instalasi kelistrikan.

3. Terbuat dari Bahan Berkualitas

Telah disebutkan sebelumnya bahwa bahan yang digunakan untuk membuat pipa conduit sangat berkualitas. Hal ini menjadikan suatu bangunan atau gedung lebih aman dan nyaman digunakan, terutama untuk instalasi kelistrikan.

Karena kualitas bahannya yang bagus, maka pipa conduit lebih awet dan tahan lama dibandingkan dengan pipa PVC lainnya.

Bahan utama yang dimiliki pipa ini adalah double screw machine yang sifatnya kuat dan tahan terhadap aliran listrik.

Tidak heran jika jenis pipa ini banyak digunakan sebagai material utama pada konstruksi. Penggunaan pipa ini benar-benar sangat menguntungkan dalam pembangunan suatu rumah atau gedung.

4. Mudah Digunakan

Salah satu alasan mengapa pipa conduit mudah digunakan pada konstruksi adalah karena bobotnya ringan. Meskipun memiliki ukuran yang besar atau panjang, pipa ini mudah dipasang dan dibawa kemana-mana.

Tentu saja bobot yang ringan membuat pekerjaan semakin mudah dilakukan. Selain itu, lebih aman jika terjadi kesalahan atau jatuh pipa conduit tidak terlalu membahayakan pekerja. Pipa ini juga mudah digunakan pada kondisi apa saja.

Hal tersebut dikarenakan sifat dari bahan pipa ini sangat lentur. Penggunaan double screw machine menjadikan pipa ini mudah digunakan dan mempunyai kualitas unggul. Tidak hanya itu, pipa conduit juga bersifat anti karat dan mudah dibentuk atau dipotong

5. Lebih Murah

Pipa conduit memiliki harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan jenis pipa lainnya. Jika ingin yang lebih murah lagi, maka kamu bisa memilih pipa conduit galvanis.

Daftar Harga Pipa Conduit Terbaru 2021

Daftar Harga Pipa Conduit Terbaru 2021

Bagi kamu yang belum mengetahui harga pipa conduit, perhatikan daftar harga berikut:

ProdukHarga
Sok Pipa Clipsal 20 mmRp75.000
Sok Pipa Clipsal 25 mmRp110.000
ElBow Clipsal 20 mmRp8.000
Elbow Clipsal 25 mmRp11.000
Conduit Clipsal 20 mmRp11.500 per 3 meter
Conduit Clipsal 25 mmRp20.000 per 3 meter
Conduit 20 mmRp5.500
Cross-Dos 20 mmRp2.800
Flexible 20 mmRp75.000
Klem Pipa Clipsal 20 mmRp77.000
Klem Pipa Clipsal 25 mmRp111.000
Flexible Clipsal 20 mmRp239.000
Flexible Clipsal 25 mmRp469.000
T-Dos Clipsal 20 mm 3 LubangRp6.500
T-Dos Clipsal 25 mm 3 LubangRp12.500
Pipa Metal ConduitRp5.000

Cara Memasang Pipa Conduit

Cara Memasang Pipa Conduit

Sebenarnya cara memasang pipa conduit tidak sulit sama sekali. Apalagi jika pemasangan pipa conduit dilakukan oleh para tukang.

Walaupun pemasangannya mudah, namun tetap harus memperhatikan beberapa ketentuan supaya terhindar dari kesalahan pemasangan.

Berikut langkah-langkah serta beberapa hal yang harus kamu perhatikan dalam pemasangan pipa conduit:

1. Pemasangan Dilakukan sebelum Pengecoran

Pipa conduit harus dipasang sebelum tembok atau lantai suatu bangunan dicor.

Hal ini bertujuan agar permukaan tembok atau lantai nantinya tidak bergelombang, sehingga terlihat lebih rapi. Tembok atau lantai yang bergelombang akan terlihat jelek dan menunjukkan kerja yang tidak bagus.

2. Menyusun Kabel

Hal yang sangat penting dalam memasang pipa conduit adalah susunan kabel. Sebaiknya penyusunan kabel dilakukan oleh pekerja yang telah memiliki pengalaman. Tujuan utama menyusun kabel-kabel ialah supaya tertata secara rapi.

Apabila kabel tidak disusun secara rapi, maka dapat mengakibatkan kerja kabel terganggu.

Selain itu, ketidak rapian kabel bisa menyebabkan timbulnya kegagalan instalasi. Sebaiknya koordinasikan kepada pekerja lain mengenai jalur-jalur instalasi kabel.

Contohnya yaitu pertemuan antara pipa sparing dengan pipa conduit yang ada pada plafon.

Penyusunan antara kedua pipa tersebut harus dilakukan dengan cara doos. Untuk meminimalisir resiko maka di antara doos tersebut harus dipasang fleksibel conduit.

3. Memasang Kawat Pancing

Penting sekali untuk memanfaatkan pancing yang berfungsi sebagai penarik dalam pemasangan pipa conduit. Tahukah kamu apa hubungan antara kabel dengan pancing?

Hubungannya adalah pancing berguna sebagai penarik kabel agar lebih mudah dilakukan.

Jika kamu tidak menggunakan pancing maka kabel akan sulit dimasukkan ke dalam pipa. Hal ini disebabkan pipa memiliki panjang mencapai 3 meter.

Sebenarnya tidak harus pancing yang digunakan, namun kamu juga bisa memakai alat lain yang mampu menarik kabel dalam pipa conduit.

Baca Juga :

Daftar Harga Pipa PVC Terbaik 2021 Berbagai Merek dan Jenis

Hampir semua konstruksi pembangunan pasti membutuhkan pipa conduit, baik rumah atau gedung lainnya. Hal tersebut dikarenakan semua bangunan terdapat aliran listrik yang menggunakan kabel, di mana kabel harus dilindungi oleh pipa conduit.

Baca Juga :

Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.
Artikel Lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *