Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

Ikuti saya di:        

Artikel ini dibuat oleh tim konten Ruangarsitek. Jika ingin update referensi tentang desain rumah silahkan ikuti disini ruangarsitek.id.

Harga Mesin Potong Rumput

4 min read

Harga Mesin Potong Rumput-min

Mesin potong rumput atau sering disebut dengan lawn mower termasuk alat yang penting untuk merawat taman. Apakah kamu sedang mencari mesin potong rumput yang berkualitas dan harganya terjangkau? Pada ulasan kali ini akan dibahas mengenai harga mesin potong rumput beserta rekomendasinya.

Alat ini memiliki peran yang besar dalam menjaga keindahan dan keasrian taman, baik taman rumah atau yang lainnya. Tanpa mesin potong rumput, kamu akan kelelahan ketika memotong rumput karena harus jongkok.

Cara Memilih Mesin Potong Rumput

Cara Memilih Mesin Potong Rumput

Dengan mesin potong rumput kamu dapat melakukan perawatan taman lebih cepat selesai.

Tidak perlu khawatir dalam mencari alat ini, karena mesin potong rumput banyak dijual di berbagai toko peralatan rumah, baik yang masih baru ataupun bekas.

Tentu saja kamu menginginkan mesin potong rumput dengan kualitas yang unggul. Oleh karena itu, penting sekali untuk mengetahui cara memilih mesin potong rumput.

Berikut beberapa cara atau tips yang dapat kamu terapkan ketika memilih mesin potong rumput.

1. Sesuaikan dengan Kebutuhan

Sebelum memutuskan untuk membeli mesin potong rumput, terlebih dahulu kamu harus memahami fungsi serta cara kerjanya. Terdapat 3 macam mesin potong rumput berdasarkan kegunaannya, yakni manual, elektrik, dan mesin.

Semua jenis mesin potong rumput digunakan untuk lahan yang berbeda-beda ukurannya.

Biasanya mesin potong rumput manual ditujukan untuk kebutuhan sehari-hari. Luas lahan yang cocok untuk jenis manual adalah sekitar 10 hingga 30 meter persegi.

Tipe manual tersebut sangat cocok untuk digunakan pada taman kecil yang ada di rumah. Mesin potong rumput elektrik ditujukan untuk bekerja pada lahan yang luas, seperti kebun. Luas yang dapat dicapai tipe elektrik ialah sekitar 35 hingga 100 meter persegi.

Sedangkan lawn mower dengan tipe mesin ditujukan untuk lahan yang sangat luas, yakni 300 meter. Setelah memahami tipe dan fungsi mesin potong rumput, manakah yang sedang kamu butuhkan?

2. Sesuaikan Jenis Mata Pisau

Cara memilih mesin potong rumput yang selanjutnya adalah dengan memperhatikan jenis mata pisau.

Usahakan untuk menyesuaikan mata pisau pada lawn mower terhadap kebutuhan. Oleh sebab itu, kamu harus paham terlebih dahulu mengenai berbagai macam pisau pada lawn mower.

Terdapat 3 jenis mata pisau yang digunakan pada mesin potong rumput. Jenis yang pertama adalah berbentuk bulat dengan jumlah gigi 8. Pisau tersebut ditujukan untuk memotong rumput berupa semak belukar.

Kemudian ada jenis mata pisau yang bentuknya bulat dan bergerigi 80. Jenis tersebut cocok dipakai untuk memangkas tumbuhan yang besar.

Mata pisau yang terakhir ialah jenis palang yang umumnya dipakai untuk memotong rumput gajah, alang-alang, dan lain sebagainya.

3. Pilih Jenis Penggerak Mesinnya

Selanjutnya kamu perlu menentukan jenis penggerak mesin yang kamu butuhkan untuk tamanmu. Ada berbagai macam tenaga yang digunakan untuk menggerakkan mesin potong rumput, yakni bensin, listrik, baterai, dan lain sebagainya.

Biasanya lawn mower yang menggunakan listrik mempunyai jangkauan yang terbatas.

Hal tersebut dikarenakan jangkauannya ditentukan oleh panjang kabel pada mesin. Untuk mesin dengan tenaga bensin terkesan lebih fleksibel karena dapat dibawa kemana saja.

Akan tetapi, sedikit terasa ribet karena harus mengisi bensin ke dalam tangki secara manual.

Jadi, setiap jenis mesin potong rumput mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Oleh sebab itu, pertimbangkan hal tersebut sesuai dengan keadaan taman yang kamu miliki.

10 Rekomendasi Mesin Potong Rumput di Bawah Rp2 Juta

Selain mencari kualitas yang baik, tentu saja kamu akan memilih harga mesin potong rumput yang terjangkau.

Berikut ada beberapa rekomendasi merek mesin potong rumput yang dapat kamu jadikan referensi sebelum membeli.

1. Tasco TAC 328E

Tasco TAC 328E

Tasco TAC 328E merupakan salah satu mesin potong rumput gendong yang didesain sedemikian rupa agar ringan saat digunakan. Mesin ini sangat ramping dan ringan karena memiliki dimensi sebesar 24 x 28 x 40 cm.

Kamu tidak akan merasa kelelahan ketika menggendong mesin potong rumput ini. terdapat juga bantalan pada bagian punggung, sehingga nyaman dipakai. Tidak hanya itu, kamu juga akan didukung dengan sabuk pada bagian dada serta pinggang.

Fitur yang dimiliki Tasco TAC 328E membuat pekerja merasa nyaman dan terhindar dari rasa pegal-pegal. Mesin ini juga didukung dengan kecepatan yang cukup bagus, yakni 7500 rpm. Meskipun begitu, mesin ini tidak menimbulkan asap yang dapat mengganggu dan suara bising.

2. Matrix MTX 431

Matrix MTX 431

Jenis mesin potong rumput ini hampir sama dengan merek Tasco TAC 328E, namun harganya sedikit lebih murah. Walaupun harganya murah, namun kualitas Matrix MTX 431 tidak kalah hebat.

Terdapat beberapa fitur yang melengkapi mesin potong rumput gendong 4 tak ini, di antaranya ialah pelindung kaki, tangkau, tongkat yang fleksibel, dan mata pisau yang tajam. Kekuatan yang dimiliki tenaga mesinnya adalah sebesar 6500 rpm.

Tidak heran jika proses pemotongan rumput dengan mesin lebih efektif dan cepat. Sumber penggeraknya ialah bensin di mana mesin ini dapat menampung bensin 1 liter.

3. Krisbow

Krisbow

Krisbow dikenal dengan cara kerjanya yang ramah lingkungan. Hal tersebut dikarenakan mesin potong rumput krisbow tidak menggunakan bahan bakar. Krisbow menjadi salah satu mesin potong rumput dorong yang berkualitas tinggi.

Dimensi total mesin ini cukup besar, yakni 56 x 46 x 28 cm di mana mampu menampung potongan rumput sebanyak 25 liter. Mesin ini sangat cocok digunakan untuk memangkas rumput pada lahan yang luas karena mempunyai pisau potong berukuran 38 cm.

Selain itu, mesin potong rumput yang satu sangat ergonomic dan fungsional. Pemakaiannya tidak menyebabkan badan cepat lelah karena ketinggian dapat diatur mulai dari 14 hingga 47 mm.

4. Tabata TBT3300

Tabata TBT3300

Mesin ini mempunyai kecepatan sebesar 7000 rpm. Salah satu keunggulannya adalah dapat memangkas berbagai macam parasite membandel yang ada pada rumput. Desain mesin ini terlihat bulky dan terlihat jelas stainless steel nya, namun bobotnya tidak seberat yang kamu bayangkan.

Dimensi mesin potong rumput Tabata TBT3300 ialah sebesar 32 x 24 x 37 cm. Mesin ini termasuk ke dalam jenis gendong. Kamu bisa berkeliling taman menggunakan mesin ini tanpa merasa khawatir tentang kesehatan punggung.

5. Firman FGB-338M

Firman FGB-338M

Mesin dengan desain yang mungil ini mempunyai bobot sebesar 8 kg dan dimensinya 35 x 28 x 41 cm. Daya tampung untuk bahan bakarnya ialah sebesar 1,2 liter dan dibekali dengan mesin 2 tak.

Firman FGB-338M menggunakan bahan bakar berupa bensin dan oli yang mana perbandingannya ialah 1 : 25.

6. Black and Decker String Trimmer

Black and Decker String Trimmer

Harga mesin potong ini menjadi daya tarik tersendiri karena sangat murah. Sumber penggerak mesin ini adalah listrik dengan daya sebesar 250 watt. Beratnya sekitar 1,3 kg dan desainnya terkesan ramping.

7. Mini Grass Trimmer Mollar

Mini Grass Trimmer Mollar

Sesuai dengan namanya, mesin potong rumput ini mempunyai desain yang mungil. Meskipun kecil, namun mesin ini termasuk pemotong rumput yang canggih dan cepat. Terdapat senar dalam mesin ini yang digunakan sebagai pengganti mata pisau.

Sumber penggeraknya adalah listrik dengan daya sebesar 500 watt. Ukuran diameter mesin ini ialah 32 cm dengan dimensi 91 x 25 x 10 cm.

8. Krisbow KW2001168 (Grass Cutter)

Firman FGB-338M

Bobot mesin potong rumput dari krisbow ini sangat ringan sehingga nyaman digunakan. Mesin ini lebih cocok dipakai untuk memangkas rumput yang sudah tumbuh terlalu tinggi. Beratnya yang sangat ringan membuat mesin ini mudah untuk dioperasikan oleh siapa saja.

9. OSERU Mesin Pemotong Rumput BG328 Model STIHL

OSERU Mesin Pemotong Rumput BG328 Model STIHL

Mesin potong rumput stihl ini jangan sampai kamu lewatkan, karena kualitasnya benar-benar unggul. Bahan bakar yang digunakan adalah bensin sehingga dapat dibawa kemana saja. Terdapat sistem pendingin forced air pada mesin ini, yakni berupa sistem IC ignition.

Ukuran dimensinya ialah sebesar 345 x 280 x 401 mm dan mempunyai bobot 14 kg. Mesin ini terkenal fleksibel karena dapat memangkas rumput di berbagai medan.

10.  Ez Tools 14 Reel Mower

Ez Tools 14 Reel Mower

Mesin potong rumput yang satu sangat cocok dipakai pada lapangan golf. Produk ini lebih ditujukan untuk melakukan pemeliharaan pada taman kota. Hal tersebut dikarenakan hasilnya sangat rapi dan indah.

Daftar Harga Mesin Potong Rumput Terbaru

Berikut daftar harga mesin potong rumput yang dapat kamu jadikan referensi sebelum membelinya:

Produk Harga
Tasco TAC 328ERp1.700.000
Matrix MTX 431Rp1,500.000
KrisbowRp1,600.000
Tabata TBT3300Rp1,650.000
Firman FGB-338MRp1.500.000
Black and Decker String TrimmerRp400.000
Mini Grass Trimmer MollarRp300.000
Krisbow KW2001168 (Grass Cutter)Rp970.000
OSERU Mesin Pemotong Rumput BG328 Model STIHLRp1.300.000
Ez Tools 14 Reel MowerRp600.000
RYU Brush Cutter RBC2T Tasco HondaRp945.000

Baca Juga :

60+ Gambar Taman Minimalis Inspirasi untuk Taman Rumah Impian

Semua merk mesin potong rumput tentunya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Akan tetapi, 10 rekomendasi tersebut telah dijamin memiliki kualitas yang unggul. Selain itu, harga mesin potong rumput yang telah dibahas tersebut cukup terjangkau.

Baca Juga :

Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.
Artikel Lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *