Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

Ikuti saya di:        

Artikel ini dibuat oleh tim konten Ruangarsitek. Jika ingin update referensi tentang desain rumah silahkan ikuti disini ruangarsitek.id.

Harga Closet Jongkok

3 min read

Daftar Harga Closet Jongkok

Harga Closet Jongkok – Ada juga jenis kloset yang sangat lazim digunakan di Indonesia saat ini, yakni closet duduk dan jongkok. Keduanya memiliki kelebihan dan juga kekurangan masing-masing.

Namun rata-rata masyarakat Indonesia lebih memilih WC jongkok dikarenakan harganya sangat terjangkau.

Mahalnya harga WC duduk yang membuat banyak orang lebih memilih closet jongkok. Selisih untuk harga keduanya memang sangat banyak.

Sebab rata-rata harga closet jongkok dibandrol dibawah 500 ribu. Sedangkan untuk harga WC duduk bisa mencapai jutaan rupiah.

Selain untuk masalah warga, Salah satu alasan untuk memilih closet jongkok adalah karena kebiasaannya. Pasalnya juga ada banyak orang yang merasa kesulitan BAB dengan kloset duduk karena terbiasa menggunakan kloset jongkok.

Dan kami sendiri mengalami hal tersebut, yang sehingga kami lebih memilih menggunakan kloset jongkok.

Merubah kebiasaan dari WC jongkok menjadi WC duduk memang sangat sulit. Sebab tingkat kenyamanan setiap orang pastinya berbeda-beda.

Bagi anda yang sudah nyaman menggunakan WC jongkok dan tertarik untuk membelinya, silahkan simak informasi mengenai daftar harga closet jongkok terbaik yang kami sampaikan dibawah ini.

Manfaat Menggunakan Kloset Jongkok

Manfaat Menggunakan Closet Duduk

Meskipun closet jongkok ini terkesan sangat murahan dan jauh dari kata mewah, namun jangan anggap remeh closet jenis ini. Sebab dibalik murahnya harga closet jongkok juga tersimpan banyak manfaat yang sangat berguna bagi kesehatan.

Kami yakin ada banyak orang yang belum mengetahui manfaat menggunakan kloset jongkok yang sehingga lebih memilih closet duduk yang dianggap lebih mewah dan lebih nyaman untuk digunakan. Untuk mengetahui apa saja manfaatnya, silahkan kamu simak dibawah ini.

  • Tanpa kamu sadari, rupanya menggunakan kloset jongkok mampu memperlancar BAB. Sebab menurut jurnal Digestive Diseases and Sciences yang ditulis oleh Dov Sikirov menyebutkan bahwa orang BAB yang menggunakan closet jongkok hanya membutuhkan waktu selama 51 detik untuk BAB. Sedangkan untuk closet duduk mencapai 130 detik bahkan bisa lebih.
  • Proses keluarnya feses atau kotoran pada manusia adalah dengan cara mengendurkan tekanan otot puborectalis yang berfungsi untuk mengontrol ketegangan pada bagian perut.

Apabila kamu menggunakan kloset duduk, maka otot tersebut hanya mengendur sebagian saja sehingga akan menjadi penghalang saat kamu sedang BAB.

Berbeda jika kamu menggunakan kloset jongkok, karena dengan kloset tersebut akan membuat tekanan otot puborectalis mengendur sehingga proses BAB lebih sempurna.

  • Terkadang BAB dengan kloset jongkok memang melelahkan karena posisi paha yang tertekuk. Namun hal tersebut akan membantu meningkatkan tekanan intra abdomen yang menjadikan proses pembuangan kotoran manusia feses menjadi lebih cepat.
  • Menurut beberapa studi, menyebutkan bahwa tenaga yang harus dikeluarkan saat BAB menggunakan kloset jongkok tidaklah sebesar dengan closet duduk. Alhasil pembuangan feses akan semakin cepat dan tidak terlalu melelahkan tenaga.
  • Manfaat menggunakan kloset jongkok selanjutnya adalah mampu mengurangi sembelit dan kembung.
  • Selain itu, closet jongkok juga mampu menurunkan gejala wasir serta dapat meningkatkan kesehatan usus besar secara keseluruhan.
  • Manfaat lainnya adalah menjadikan otot pada bagian pinggul dan kontrak kantung menjadi lebih baik. Hal yang seperti ini disebabkan karena ketegangan pada saat BAB akan berkurang apabila menggunakan kloset jongkok.

Seperti yang sudah kamu lihat diatas, ada banyak sekali manfaat menggunakan kloset jongkok untuk kesehatan. Namun menurut kami yang paling penting adalah harga closet jongkok tidaklah mahal dengan harga closet duduk.

Untuk kamu yang memiliki budget pas-pasan tentu saja hal tersebut sangat membantu sehingga bisa menghemat biaya membuat WC atau kamar mandi.

Setelah kamu mengetahui semua manfaat menggunakan wc jongkok, maka selanjutnya kita tinggal membahas mengenai tentang harga closet jongkok.

Di Indonesia sendiri juga ada banyak sekali merk closet jongkok yang memasarkan produknya dengan harga yang berbeda-beda.

Apabila kamu ingin mencari yang terbaik, maka kami sarankan untuk memilih merk closet seperti INA, Toto, American Standard dan Trilliun Ware.

Setiap merk pastinya memiliki kelebihan dan juga kekurangan yang berbeda-beda. akan tetapi yang paling penting kita juga harus mencari closet duduk yang berkualitas sehingga lebih nyaman ketika digunakan pada saat BAB.

Untuk kamu yang merasa bingung memiliki closet jongkok yang sangat berkualitas, namun tetap dibandrol dengan harga yang sangat terjangkau, maka silahkan menyimak rekomendasi yang kami sampaikan berikut ini.

Sebelumnya kami ingatkan bahwa harga closet jongkok di setiap toko berbeda-beda dan tidak semua toko mempunyai harga yang sama.

Daftar Harga Closet jongkok

Harga Closet Jongkok

1. Harga Closet Jongkok TOTO

Closet Jongkok TOTOHarga
TOTO CE7Rp. 275.000
TOTO CE6Rp. 450.000
TOTO CE9Rp. 1.600.000
TOTO CW10J Rp. 765.000

Sudah sejak lama TOTO sangat dikenal sebagai produsen produk sanitary yang terbaik di dunia, jadi jangan heran lagi apabila harga wc jongkok toto sedikit lebih mahal.

Namun dibalik itu semua, Toto menawarkan kloset jongkok yang sangat berkualitas dan dibuat dengan material terbaik serta didesain senyaman mungkin.

2. Harga Closet Jongkok American Standar

Closet Jongkok American StandarHarga
American Standard Rapi CRp. 467.000
American Standard Rapidx Top Rp. 1.700.000
American Standard Rapi EXRp. 251.000

Sama halnya dengan TOTO, American Standard juga menjadi salah satu merk closet terbaik di dunia. Kualitasnya yang tidak berbeda jauh dengan closet merk TOTO sehingga bisa menjadi alternatif terbaik apabila kamu tidak menjumpai merk TOTO di pasaran.

3. Harga WC Jongkok INA

WC Jongkok INAHarga
INA C2Rp. 165.000
INA C1NRp. 345.000 

Untuk kamu yang mencari closet jongkok dengan harga 100 Ribuan, maka bisa memilih closet merk INA yang satu ini. Kualitas mereknya juga cukup baik dan lebih mudah didapatkan di toko bangunan di seluruh Indonesia.

4. Harga Closet Jongkok Merk Lain

Merk LainnyaHarga
FWC Kloset Jongkok Corong Rp. 150.000
Kloset Jongkok Domo Rp. 150.000
WC Jongkok Trilliun WareRp. 150.000

Ada beberapa merk closet jongkok lain yang membanderol produknya dengan harga sekitar 150 Ribu Rupiah seperti merk FWC, Domo, dan juga Trilliun Ware.

Untuk kamu yang memiliki budget terbatas, maka bisa memilih merek tersebut. Lagi pula kualitasnya lumayan baik dan tetap nyaman digunakan meski harganya yang sangat murah meriah.

Selain kloset jongkok corong yang kamu kenal selama ini, sekarang juga sudah ada kloset jongkok flush. Harganya memang jauh lebih mahal dibanding dengan harga kloset jongkok corong. Sebab kloset tersebut dilengkapi dengan flush untuk membersihkan kotoran secara otomatis.

Silahkan kamu pilih salah satu closet jongkok yang sudah kami rekomendasikan di atas, juga perlu kamu ingat, bahwa harga closet jongkok di setiap toko memang berbeda-beda.

Bisa saja harganya yang lebih murah atau juga bisa lebih mahal. Untuk memastikannya, silahkan kamu kunjungi saja toko bangunan terdekat.

Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

One Reply to “Harga Closet Jongkok”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *