Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

Ikuti saya di:        

Artikel ini dibuat oleh tim konten Ruangarsitek. Jika ingin update referensi tentang desain rumah silahkan ikuti disini ruangarsitek.id.

15 Inspirasi Desain Rumah Islami Cantik & Sesuai Syariah

2 min read

Desain Rumah Islami

Kamu tentu sudah memahami bahwa Indonesia punya penduduk mayoritas beragama islam. Tak heran jika produk-produk bernuansa islami banyak diminati, tak terkecuali produk hunian seperti rumah. Apakah kamu sudah tahu bagaimana desain rumah islami itu?

Rumah islami sendiri menjunjung tinggi nilai sunnah, antara lain kesederhanaan, menghadap kiblat, memiliki pencahayaan dan sirkulasi udara yang baik, dan tak lupa memiliki pohon atau tanaman. Mari simak contoh desain eksterior dan interior rumah islami selengkapnya di bawah ini.

15 Desain Rumah Islami Cantik Sesuai Syariah 

1. Desain Rumah Islami yang Asri

Desain Rumah Islami yang Asri

Desain rumah yang satu ini sangat sederhana. Bagian depan rumah terdapat taman yang membuat nuansa rumah menjadi asri. Tak hanya itu, sentuhan warna hijau pada dinding juga dapat memperkuat kesan alaminya.

Untuk memperkuat nuansa islami, pintu masuk ke rumah sengaja dibuat mirip dengan pintu masuk masjid. Kamu tentu familier dengan bentuk pintu seperti ini, bukan?

2. Desain Rumah Islami Minimalis

Desain Rumah Islami Minimalis

Rumah minimalis sangat identik dengan pilihan warna putih, baik di dinding, lantai, maupun furnitur. Gambar di atas memperlihatkan interior ruang keluarga minimalis modern dengan pilihan warna abu dan putih tanpa banyak ornamen.

Satu-satunya oramen yang membuat ruangan ini memiliki nuansa islami adalah kaligrafi yang ada di dinding.

3. Desain Rumah Islami Sederhana

Desain Rumah Islami Sederhana

Rumah yang islami belum lengkap rasanya tanpa kehadiran ruang sholat atau mushola. Tempat ini merupakan pusat aktivitas ibadah seluruh penghuni rumah. 

Supaya kesan minimalisnya tidak monoton dan membosankan, kamu dapat menambahkan ornamen kayu untuk lantai atau kusen. Mushola juga sebaiknya diberi ventilasi atau jendela kaca agar mendapatkan cahaya yang alami.

4. Desain Rumah Islami Modern

Desain Rumah Islami Modern

Apakah kamu pernah melihat rumah orang Timur Tengah sebelumnya? Sebagian besar rumah di sana berbentuk kotak dengan atap datar. 

Gambar di atas merupakan salah satu contoh rumah ala timur tengah yang sudah mendapatkan sentuhan modernisasi. Warna putih sengaja dipilih untuk memberikan kesan yang bersih. Kamu tentu ingat bahwa kebersihan sebagian dari iman, bukan?

5. Desain Rumah Islami Cantik Sesuai Syariah

Desain Rumah Islami Cantik Sesuai Syariah

Pada pembukaan artikel ini sudah disinggung sedikit mengenai ketentuan rumah yang sesuai syariah. Rumah di atas sudah memenuhi beberapa syarat yaitu tidak terlalu mewah, memiliki pohon, dan sirkulasi udara yang baik karena terdapat banyak jendela dan ventilasi.

6. Rumah Islami Tipe 36

Rumah Islami Tipe 36

Rumah type 36 banyak ditawarkan oleh pengembang hunian syariah. Kalau kamu masih tinggal sendiri atau belum memiliki anak, hunian jenis ini lebih cocok untuk dibeli. Alasannya adalah ukuran rumahnya yang tidak terlalu besar. Rumah type 36 juga berpotensi besar mendapatkan subsidi KPR.

7. Rumah Islami dengan 3 Kamar Tidur 

Rumah Islami dengan 3 Kamar Tidur

Berbanding terbalik dengan jenis rumah sebelumnya, rumah yang satu ini lebih cocok untuk kamu yang punya banyak anggota keluarga. 

Ada 3 kamar di dalam rumah ini yang setidaknya cukup untuk 4 sampai 6 orang anggota keluarga. Keberadaan ruang mushola pun sangat penting mengingat rumah ini punya konsep islami.

8. Nuansa Interior yang Hangat

Desain Rumah Sesuai Sunnah

Satu lagi inspirasi desian mushola dengan ornamen kayu. Kamu dapat meletakkan rak buku juga untuk menyimpan kitab-kitab maupun buku bertema agama Islam di sini.

9. Pernak-pernik Ala Timur Tengah

Desain Rumah Yang Islami

Hadirkan nuansa islami dengan dekorasi rumah ala Timur Tengah. Salah satu contoh kecilnya adalah set peralatan makan dan minum yang diletakkan di meja seperti gambar di atas.

10. Kaligrafi Sederhana di Ruang Tamu

Konsep Rumah Islami

Secara garis besar, ruangan di atas memang tak bernuansa islami. Namun berkat sentuhan dua kaligrafi yang sederhana, nuansa ruangan bisa berubah menjadi islami dan semakin menenangkan.

11. Mushola dengan Kolam

Desain Rumah Nuansa Islami

Ibadah membutuhkan suasana yang tenang. Kamu dapat menambahkan kolam kecil dengan air mancur di dekat mushola untuk membuat suara gemericik air yang menenangkan. Jangan lupa menambahkan keran untuk berwudu, ya.

12. Fasad Seperti Masjid

Model Rumah Islami

Ketika melihat foto rumah di atas, mungkin kamu akan langsung teringat dengan masjid. Ornamen di muka rumah ini memang terinspirasi dari desain masjid. Nuansa islami pun langsung terasa begitu melihat rumah tersebut.

13. Interior Khas Maroko 

Desain Interior Rumah Islami Minimalis

Desian rumah-rumah di Maroko dipengaruhi oleh budaya Islam. Jadi, kamu dapat mengadopsi arsitektur khas negara tersebut untuk membuat rumah bernuansa islami. Contohnya ada pada gambar di atas.

14. Jendela Besar di Ujung Ruangan

Gambar Rumah Islami

Kamu dapat menambahkan jendela besar berarsitektur Maroko di ujung ruangan. Jendela ini dapat memberikan cahaya alami pada rumah. Rumah akan tampak lebih terang dan tidak lembap.

15. Mushola Minimalis

Desain Rumah Bernuansa Islami

Di mana sih lokasi yang paling tepat untuk membuat mushola? Jawabannya adalah di dekat taman. Udara yang segar akan membuat kamu semakin khusyuk ketika beribadah. Suasana di dekat taman juga lebih sejuk dibandingkan area lainnya.

Apakah kamu sudah menemukan inspirasi setelah melihat desain rumah islami yang telah dijelaskan di atas? Jika masih bingung, kamu dapat berkonsultasi langsung dengan arsitek atau konsultan desain hunian supaya mendapatkan pencerahan.

Baca Juga :

Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.
Artikel Lainnya :
                                 
       

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *