Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

Ikuti saya di:        

Artikel ini dibuat oleh tim konten Ruangarsitek. Jika ingin update referensi tentang desain rumah silahkan ikuti disini ruangarsitek.id.

Contoh Desain Rumah 8×20 Minimalis 2 Lantai, Nyaman & Estetik

3 min read

Bagi sebagian orang rumah persegi 8×20 adalah ukuran yang tidak terlalu besar atau kecil. Bentuknya yang panjang ke belakang, membuat pemilik rumah perlu memilih desain rumah 8×20 minimalis yang paling pas.

Rumah ukuran 8×20 bisa menjadi hunian yang nyaman untuk empat anggota keluarga. Desain yang tepat membuat bentuk rumah yang panjang bukan menjadi masalah. Rumah 8×20 juga biasanya dibuat bertingkat supaya lebih maksimal.

Fasad Rumah 8×20 yang Minimalis

Fasad Rumah 8x20 yang Minimalis 1

Untuk fasad bangunan, rumah ukuran 8×20 bisa menggunakan konsep yang modern dan minimalis. Penggunaan warna natural dengan kombinasi material alami membuat bagian depan rumah terlihat lebih menarik. Pemilihan warna natural ini akan membuat rumah terlihat sederhana, tetapi elegan. 

Untuk gaya yang lebih modern, kamu bisa menggunakan desain segitiga tinggi tanpa genteng. Namun, penambahan genteng yang dikombinasikan dengan gaya modern juga masih memberikan kesan rumah minimalis yang hangat. 

Model atap segitiga juga memiliki kelebihan tersendiri jika daerahmu sering hujan. Bentuk atas segitiga tidak akan mengakibatkan genangan berlebih, sehingga tidak rawan bocor. Sementara itu, bentuk fasad segitiga mini akan membuat rumah terlihat lebih unik.

Ruang Keluarga Rumah 8×20

Ruang Keluarga Rumah 8x20

Bentuk rumah yang memanjang membuat ruang keluarga, ruang makan, dan dapur berada di area yang sama. Hal ini dilakukan agar rumah tetap terlihat lapang tanpa banyak sekat. Gunakan furnitur yang sesuai dengan tema yang minimalis supaya tetap sederhana. 

Walaupun ruang keluarga dan ruang makan berada di satu tempat, tetapi penataan yang tepat tidak akan membuatnya terasa sesak. Untuk ruang keluarga rumah 8×20 minimalis konsep open plan, kamu harus bisa mengatur arah furnitur. 

Sofa panjang yang ditempatkan di tengah rumah juga dapat menjadi pemisah fungsi ruangan tersebut. Selain itu, kamu juga bisa menempatkan karpet untuk area ruang keluarga. Penggunaan karpet ini menjadi pilihan yang mudah untuk memisahkan beberapa area. 

Namun, kamu harus bisa mepertimbangkan keselarasan warna karpet dengan warna keseluruhan ruangan. Jika warna karpet terlalu berbeda maka konsep open plan tidak akan terlihat alami.

Kamar Mandi Rumah 8×20 Minimalis

Kamar Mandi Rumah 8x20 Minimalis

Desain rumah 8×20 minimalis akan terlihat lebih manis jika kamu bisa memadukan warna yang tepat. Kamar mandi juga bisa dirancang dengan gaya minimalis supaya tetap terlihat rapi. 

Penggunaan shower yang dibatasi dengan kaca juga akan menambah kesan elegan pada kamar mandi. Tambahkan beberapa tanaman hijau yang bisa hidup dalam kondisi lembab. Tanaman hijau akan membuat kamar mandi terlihat lebih asri dan sedikit berwarna. 

Kamu juga bisa menggunakan lampu gantung warna kuning supaya kamar mandi terasa lebih hangat. Penggunaan keset dengan corak kotak-kotak sederhana juga akan menambah detail yang cukup penting. 

Saat merancang interior kamar mandi, kamu juga bisa mempertimbangkan beberapa bentuk cermin. Walaupun sederhana, cermin persegi juga bisa menjadi pilihan untuk kamar mandi minimalis.

Halaman Rumah 8×20 Meter

Halaman Rumah 8x20 Meter

Halaman untuk rumah 8×20 sebenarnya bisa didesain dengan banyak gaya. Halaman belakang rumah yang berbentuk cukup panjang bisa digunakan tempat bersantai bersama keluarga di sore hari. 

Walaupun rumah bernuansa monokrom yang minimalis, kamu bisa menambahkan beberapa warna yang dapat menghidupkan halaman belakang. Supaya lebih teduh dan sejuk, kamu juga bisa memilih pohon besar untuk ditanam di halaman. 

Gunakan beberapa kursi santai, seperti kursi bulat. Pilih rumput dan beberapa tanaman untuk membuat halaman rumah semakin nyaman. Kamu juga bisa menggunakan rumput sintetis, namun untuk kesan yang lebih alami rumput hidup merupakan pilihan yang tepat. 

Agar sirkulasi ke dalam rumah juga berjalan dengan baik, gunakan pintu belakang yang lebar. Tambahkan aksen batu alam yang sederhana karena tidak akan membuat kesan minimalis rumah pudar.

Desain Kamar Tidur Rumah 8×20 Meter

Desain Kamar Tidur Rumah 8x20 Meter

Untuk desain rumah 8×20 minimalis, kamu bisa memilih desain kamar tidur dengan tema yang sama. Pemilihan warna natural, seperti putih dan beige akan membuat rumah terasa lebih hangat dan rapi. Agar tidak terlalu sederhana, kamu bisa menambahkan lemari dan kursi kayu di kamar. 

Material kayu juga bisa menjadi salah satu kombinasi yang tepat untuk hunian minimalis. Penggunaan karpet yang tepat bisa membuat kamar terasa lebih nyaman. Letakkan satu atau dua pot tanaman indoor yang bisa membuat udara di kamar lebih bersih. 

Untuk desain kamar tidur yang minimalis, lebih baik jangan gunakan banyak furnitur di dalamnya. Pakai beberapa furnitur yang benar-benar fungsional, misalnya lemari baju. Terlalu banyak furnitur akan membuat kamar terlihat lebih berantakan.

Denah Rumah 8×20 Minimalis

Denah Rumah 8x20 Minimalis

Walaupun cukup luas, bentuk yang memanjang sering membuat banyak orang kebingungan dengan desain rumah 8×20 minimalis. Terdapat dua denah rumah 8×20 yang bisa menjadi contoh ketika kamu membangun rumah. 

Jika kamu hanya menginginkan rumah dengan satu lantai, denah dengan dua kamar bisa menjadi inspirasi. Namun, jika menginginkan jumlah kamar yang lebih banyak kamu bisa membuat rumah menjadi dua lantai. Saat membuat denah rumah, kamu harus benar-benar mengukurnya dengan teliti. 

Hal ini sangat penting agar hasilnya bisa sesuai dengan rancangan yang sudah dibuat. Denah pertama sangat cocok untuk kamu yang menginginkan halaman luas. Halaman luas bisa digunakan sebagai taman, kolam ikan, dan area menjemur pakaian. 

Ruang makan dan ruang keluarga dengan konsep open space sesuai denah memiliki ukuran yang cukup besar. Total luas bangunan untuk denah pertama adalah 86 m2. Sementara itu, denah kedua memiliki luas 150 m2.

 Jika dirancang dengan tepat, rumah 8×20 bisa terlihat elegan. Buatlah desain rumah 8×20 minimalis sesuai dengan keinginan dan fungsi yang dibutuhkan. Penggunaan warna-warna monokrom atau natural juga bisa membuat rumah terlihat lebih minimalis.

Baca Juga :

Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.
Artikel Lainnya :

Rumah Klasik

Bagas Kurnia Prasetyo
7 min read

Fasad Rumah

Bagas Kurnia Prasetyo
5 min read

Rumah Bambu

Bagas Kurnia Prasetyo
7 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *