Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

Ikuti saya di:        

Artikel ini dibuat oleh tim konten Ruangarsitek. Jika ingin update referensi tentang desain rumah silahkan ikuti disini ruangarsitek.id.

10 Ide Denah Rumah 6×10 Minimalis yang Mungil & Cantik

2 min read

Denah Rumah 6x10

Denah rumah 6×10 memang termasuk ke dalam hunian berukuran kecil. Namun, meskipun hunian ini terbatas, sejatinya kamu tetap bisa berkreasi dengan lahan yang terbatas ini sehingga pemanfaatannya menjadi maksimal.

Temukan berbagai inspirasi desain rumah 6×10 fungsional yang telah ruangarsitek.id rangkum berikut ini. 

10 Desain Denah Rumah 6×10 Minimalis Terbaik

1. Desain Rumah 6×10 Simpel

Denah Ukuran Rumah 6x10

Jika kamu ingin membangun rumah yang simpel namun dapat mengakomodir kebutuhan seluruh anggota keluarga, maka desain satu ini patut dicoba. Denah rumah 6×10 cocok diterapkan oleh keluarga kecil dengan jumlah anggota keluarga 3 sampai 4 orang. 

Ada dua kamar tidur yang dibuat saling berhadapan. Bagian tengah adalah ruang bersantai bersama keluarga dengan satu kamar mandi di tengah ruangan.

2. Rumah 6×10 dengan Halaman Luas

Denah Rumah Luas 6x10 Minimalis

Siapa bilang rumah 6×10 tidak bisa memiliki halaman luas? Kamu bisa memiliki halaman luas dengan menata ruangan di rumah seperti denah di atas. Di bagian depan rumah terdapat area untuk memarkir mobil. Di dalam rumah terdapat 2 buah kamar tidur, 1 kamar mandi.

Sementara ruang tamu, ruang makan dan dapur dibuat open plan sehingga terkesan lapang. 

3. Desain Rumah 6×10 2 Kamar

Denah Rumah 6x10 2 Kamar

Anda bisa memaksimalkan lahan 6×10 dengan menerapkan desain di atas. Bagian depan rumah berupa garasi untuk satu buah mobil serta ruang tamu. Sementara bagian dapur dan ruang keluarga dibuat open plan di bagian tengah. Terdapat dua kamar tidur berdampingan di bagian belakang rumah. 

4. Rumah 6×10 2 Kamar Mandi 2 Kamar Tidur

Denah Rumah 6x10 Minimalis
source : pujoc.co.uk

Salah satu cara untuk memaksimalkan lahan adalah dengan membangun rumah dua lantai. Terdapat garasi yang cukup untuk memarkirkan satu buah mobil di bagian depan rumah. Lantai pertama dikhususkan untuk menerima tamu serta ruang dapur untuk memasak makanan keluarga. 

Terdapat satu kamar mandi di bagian tengah rumah. Sementara di lantai kedua digunakan sebagai ruang privasi dengan 2 kamar tidur, 1 kamar mandi dan area bersantai. 

5. Desain Rumah 6×10 dengan Tangga di Teras

Gambar Denah Rumah 6x10

Model rumah di atas mirip seperti gaya rumah tradisional panggung asal Kalimantan. Bagian teras terdapat tangga dengan pagar mengelilingi bagian depan. Saat masuk melalui pintu depan, kamu akan mendapati ruang tamu yang disekat oleh dua kamar tidur. 

Bagian tengah rumah terdapat satu kamar mandi dengan bagian belakang rumah berupa dapur. 

6. Desain Rumah 6×10 dengan Taman Luas

Contoh Denah Rumah 6x10

Denah rumah 6×10 di atas akan membantu kamu yang menginginkan rumah dengan halaman luas di lahan yang terbatas. Kamu bisa menempatkan sebuah teras sebagai tempat parkir mobil di depan dengan halaman berukuran 3×4 m persegi di bagian depan. 

Rumah di atas mempunyai dua buah kamar tidur berukuran sedang yang dibangun berdampingan. Di depan kamar tidur terdapat ruang tamu atau keluarga, satu kamar mandi dan dapur terbuka ke halaman belakang.

7. Desain Rumah 6×10 dengan Dapur di Dalam

Denah Rumah 6x10 dengan Dapur di Dalam

Kebanyakan rumah 6×10 didesain dengan dapur terbuka di halaman belakang. Namun kamu juga bisa memiliki rumah 6×10 dengan dapur di dalam menggunakan desain di atas. Pada bagian depan rumah terdapat dua buah taman berukuran cukup luas yang bisa digunakan untuk menanami berbagai tanaman.

Terdapat pavement menuju teras rumah dengan pintu masuk langsung ke ruang tamu. Ruang tamu dengan dapur dan ruang makan dibuat open plan tanpa penyekat sehingga terasa sangat luas. Dua buah kamar tidur dibuat berdampingan. Bagian belakang rumah terdapat satu kamar mandi yang dekat dengan dapur.

8. Rumah 6×10 Dapur Terbuka

Rumah 6x10 Dapur Terbuka

Ciri khas pada rumah di atas adalah dapur terbuka yang menghadap ke halaman belakang. Rumah ini memiliki dua kamar tidur dengan satu kamar tidur utama yang besar di bagian belakang. Mengutamakan desain open plan antara ruang tamu dan ruang makan, bagian tengah rumah akan terasa sangat lapang. 

Kamar tidur depan dan belakang disekat oleh satu buah kamar mandi yang menghadap ke arah ruang tamu. Desain rumah ini cocok untuk kamu yang menyukai halaman luas di bagian depan dan belakang rumah.

9. Desain Rumah 6×10 Simpel

Inspirasi Denah Rumah 6x10 Simpel

Denah rumah 6×10 simpel di atas terdiri dari dua buah kamar tidur dengan satu kamar tidur utama. Terdapat satu kamar mandi yang berdekatan dengan ruang tamu. Sementara bagian tengah rumah berupa dapur dan juga ruangan laundry. 

Ruang tamu difungsikan ganda yakni sekaligus sebagai ruang tamu. 

10. Desain Rumah 6×10 3 Kamar

Contoh Denah Rumah 6x10 Dengan 3 Kamar Tidur

Kamu juga bisa memiliki 3 kamar tidur dengan rumah 6×10 seperti denah di atas. Rumah 6×10 di atas terdiri dari dua lantai dimana lantai kedua hanya terdiri dari 2 kamar tidur dengan balkon. Pada lantai pertama terdiri dari 1 kamar tidur, ruang tamu dan juga ruang makan beserta dapur.

Baca Juga :

Kamu bisa menerapkan denah rumah 6×10 di atas untuk memaksimalkan penggunaan ruang tanahmu. Dengan penataan yang tepat, kamu bahkan bisa mendapatkan tiga buah kamar tidur berukuran sedang, dengan satu kamar mandi serta halaman rumah. Denah sangat berguna untuk membantu penataan rumah.

Baca Juga :

Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.
Artikel Lainnya :

Rumah Klasik

Bagas Kurnia Prasetyo
7 min read

Fasad Rumah

Bagas Kurnia Prasetyo
5 min read

Rumah Bambu

Bagas Kurnia Prasetyo
7 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *