Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

Ikuti saya di:        

Artikel ini dibuat oleh tim konten Ruangarsitek. Jika ingin update referensi tentang desain rumah silahkan ikuti disini ruangarsitek.id.

Denah Apartemen

5 min read

Denah Apartemen – Jika dulu banyak orang mendambakan hunian besar dan luas, tampaknya trend itu kini mulai sedikit bergeser. Seiring berjalannya waktu dan makin sulitnya dalam memperoleh lahan, makin banyak orang yang memilih membeli apartment untuk huniannya. Bukannya apa-apa, selain lebih terjangkau, dengan tinggal di apartment keamananmu akan lebih terjaga.

Tak hanya bagi kalangan yang telah berumur saja, apartment kini juga makin diburu oleh kalangan milenial. Hal ini tentu terjadi bukan tanpa sebab.

Melihat gaya hidup sekarang ini dan banyak kawula muda yang mulai berpenghasilan sendiri, merencanakan masa depan adalah tindakan yang cukup rasional untuk dilakukan. Termasuk membeli apartment sendiri.

Nah, agar apartemen tidak monoton dan membosankan, kamu bisa menerapkan beberapa contoh denah rumah minimalis yang menjunjung nilai fungsional namun tetap estetis berikut ini! Kepoin yuk!

Denah Apartment Mewah Minimalis untuk Milenial

1. Studio ala First Bachelorette

Denah Apartemen Studio

Denah seperti ini banyak diaplikasikan untuk hunian para milenial yang masih melajang. Meski tinggal sendiri, kamu bisa tetap merasa nyaman dengan penataan yang simple tanpa perlu banyak sekat tembok membatasi. Dengan nuansa di dalam rumah yang terbuka seperti ini, hunian akan terasa lebih luas dan lapang.

Untuk kamar, pilihlah ukuran twin bed agar kamu leluasa bergerak. Memisahkan kamar tidur dengan kamar mandi menjadi pilihan yang cukup tricky namun membawa banyak manfaat. Meski tak menempel, letak kamar mandi yang berada pas di sisi seberang akan memudahkanmu untuk menjangkaunya.

Ruang tamu, ruang makan dan dapur yang menyatu akan memudahkan pergerakanmu dalam menjalankan aktifitas. Tak banyak sekat, berarti tak banyak pintu yang dibutuhkan. Tak banyak lampu untuk menjadi penerang ruangan pula. Sebagai penghilang penat, manfaatkan balkon dengan memasanginya kursi santai dan meja.

2. Denah Apartemen 2 Kamar Tidur

Denah Apartemen 2 Kamar

Tatanan seperti ini bisa kamu adaptasi saat masih lajang, ataupun telah membina keluarga. Adanya kamar utama dan 1 kamar tambahan lain bisa kamu gunakan sebagai kamar tamu ataupun kamar anak ( jika sudah berkeluarga ). Menilik pada penghuni rumah yang tak terlalu banyak, satu kamar mandi yang diletakkan terpisah rasanya sudah cukup untuk mengakomodir kebutuhan keluarga.

Ada pula dapur untuk memasak dan mencuci perabotan. Dengan model rumah split level, gunakan space bagian atas yang luas untuk ruang tamu di sisi kiri dan meja makan di sisi kanan. Untuk media penyimpanan, maksimalkan penyimpanan dengan meletakkannya pada lemari dan kabinet yang menempel pada dinding.

3. Denah Apartemen Minimalis Terbuka

Denah Ruangan Apartemen

Mengunakan konsep terbuka minim sekat seperti pada rumah ini adalah pilihan tepat menghemat ruang sekaligus energi. Dengan semuanya yang serba terbuka, udara bergerak lebih bebas dan penerangan lebih minim dibutuhkan. Sangat eco-friendly, ya. Jika anggaran cukup, kamu juga bisa menambahkan pembatas kaca sebagai pengganti tembok, agar cahaya tetap bisa masuk.

Gaya milenial makin terlihat jelas dari adaptasi gaya café kekinian pada dapur rumah. Jika memang tamu yang bertandang teman dekatmu, kamu bisa sekalian mangajaknya berbincang di ruang makan ini agar lebih intim, alih-alih di ruang tamu. Sementara bagian belakang bisa kamu manfaatkan untuk kamar mandi bersisihan dengan wardrobe dan hall.

4. Apartemen 3 Kamar

Denah Apartemen 3 Kamar

Bagi si lajang, hidup sendirian di rumah bukanlah perkara besar. Justru kamu akan lebih leluasa menata segalanya sesuai dengan style-mu. Di bagian kiri sisi depan berseberangan dengan kamar mandi dapat kamu gunakan sebagai kamar tidur.

Optimalkan sisi kosong dengan menaruh lemari pakaianmu agar lebih maksimal dalam penataan. Sementara ruang terbuka yang lain diperuntukkan untuk dapur, ruang tamu, dan ruang makan yang saling menyatu. Nantinya jika sewaktu-waktu banyak kerabat yang berkunjung, kamu bisa menjamunya dengan lebih mudah.

5. Denah Apartemen 1 Kamar dengan Balkon

Denah Apartemen Mewah

Tak semua orang nyaman dengan konsep ruang terbuka. Nah, jika kamu merasa lebih nyaman dengan privasi yang terjaga, gaya minimalis untuk rumah tipe 36 ini bisa kamu terapkan. Dengan kamar tidur yang terpisah dengan kamar mandi, momen istirahatmu menjadi lebih berkualitas.

Di pojok kiri dapat kamu gunakan sebagai area kamar mandi tanpa harus menghabiskan banyak ruang. Dengan bersekat tembok yang kokoh, di sebelahnya ada kitchen untuk keperluan memasak berpapasan dengan pintu masuk tamu.

6. Denah Apartemen Simple

Denah Apartemen Mungil

Menunjukkan sisi minimalis modern dari suatu rumah cukup mudah dilakukan dengan pengaturan yang sederhana namun tertata. Ketika ada kerabat masuk, kamu bisa segera mengarahkannya ke ruang tamu yang sekaligus menyatu dengan kitchen dan ruang makan. Sementara itu, letakkan kasur di ruang bernomor 4 dan 5 dengan kamar mandi yang saling berdekatan dengan ruang tersebut, yakni no 3 dan 6.

Ruangan bernomor 7 bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan tertentu yang lebih spesifik. Bisa untuk wardrobe khusus jika pakaianmu banyak, bisa untuk ruang gym jika kamu suka berolahraga, dan sebagainya. Masih kurang? Manfaatkan space no 2 untuk mewujudkan ruang lainnya.

7. Minimalis Apartemen Standard

Denah Apartemen Minimalis

Pengaturan seperti ini sudah menjadi bagian standard untuk mengatur studio minimalis berukuran kecil. Meminimalisir sekat akan membuat tampilan hunianmu tampak lebih luas. Area pintu masuk langsung disambut dengan ruang tamu yang berpadu apik dengan dining room, sementara sisi kiri menjadi area masak-memasak yang luas. Jika bosan, sesekali menengok balkon dari ketinggian bisa jadi pilihan.

Yang unik adalah penempatan kamar tidur dan kamar mandi yang terpisah berseberangan. Tak banyak penghuni menerapkan sistem ini dengan alasan kepraktisan. Alih-alih kamar mandi, ruang terdekat dengan kamar utama digunakan sebagai wardrobe.

8. Apartemen Ala Rumah Minimalis

Denah Apartemen Kalibata City

Tampilan ala rumah bisa pula kamu aplikasikan di apartment-mu. Menempatkan kamar mandi dan wc secara terpisah bisa membuatmu lebih lama memanjakan diri dengan berendam di bath up tanpa perlu merasa terganggu. Di sisi terdekatnya, peletakan1 kamar tidur utama bertuuan agar mudah menjangkau area MCK.

Ruangan nomor 3 dapat kamu fungsikan sebagai area untuk berkumpul jika ada keluarga berkunjung untuk bersantai ria. Jika tak ingin membuangnya dengan percuma, kamu bisa pula menyulapnya dengan area kitchen terbuka di dekat balkon. Sisi ruang sebelah yang luas, akan makin sempurna untuk ruang tamu yang lapang dan ruang kebutuhan yang kamu inginkan.

9. Apartemen dengan Banyak Kamar

Denah Unit Apartemen

Bagi kamu yang menempatkan rumahmu sekaligus untuk studio dengan banyak kamar di dalamnya, model ini akan pas dengan seleramu. Ada lebih dari 3 kamar tidur yang bisa ditempati dengan kamar mandi model en-suite yang langsung terhubung. Untuk meminimalisir space, kamar mandi hanya dibuat 1 di atas dan 1 di bawah sekaligus sebagai area umum.

Mengingat jumlah penghuni yang banyak, tentu lounge yang dibutuhkan untuk berkumpul sekaligus menerima tamu harus lebih luas. Begitu pula dengan kitchen room. Untuk menikmati makanan, kamu bisa berkumpul di dining room, atau membuat ruang yang nyaman berkaca di conservatory. Penyimpanan segala perkakas bisa kamu letakkan di ruang utility.

10. Denah 2 Kamar Minimalis

Denah Apartemen Tipe 36

Desain memanjang dengan denah menyiku seperti ini memberikanmu space untuk halaman dan tanaman di luar. Sementara di bagian dalam studio, pembagian ruangan akan lebih mudah dilakukan. Dari pintu masuk utama di sebelah utara, sambutlah dengan menempatkan pohon asri yang menyejukkan mata.

Sederhana memang, namun trik ini jitu untuk mengantarkan kesan homey dan bersahabat. Kamu bisa menatanya sedemikian rupa dengan memadukan living room, dining room, dan kitchen sekaligus.

Menelongok ke belakang, ada kamar mandi yang letaknya terpisah dengan kamar utama. Kamar menempati sisi paling belakang dengan space yang lapang. Cocok untukmu yang suka kebebasan dan berlama-lama di kamar. Tambahkan tumbuhan hijau di sudut ruangan untuk menyegarkan tampilan. Di seberangnya, area laundry dan jemuran akan menjadi pilihan tepat untuk direalisasikan.

11. Apartemen Minimalis Desain Elegan

Denah Apartemen Tipe 21

Penataan ruang yang pas akan membuat apartment-mu makin terlihat mewah serta elegan di saat bersamaan. Tempatkan kamar utama di tengah ruangan dengan kamar mandi yang terhubung. Sedangkan untuk tamu, ada guest room di sudut ruangan yang menyatu dengan walk in closet dan guest bathroom di dekatnya. Bersebelahan dengan fun room yang bisa juga dijadikan kantor terbuka.

Di bagian teras, kamu bisa berkreasi dan menghadirkan nuansa eksotis dengan menambahkan tempat duduk ala-ala tenda. Sisi-sisi yang masih kosong dapat pula dimanfaatkan untuk ruang tamu, kitchen, dan ruang makan.

12. Apartemen Mungil Tanpa Balkon

Denah Apartemen 1 Kamar

Sekalipun tak memiliki balkon, kamu masih tetap bisa merasa nyaman di rumah. Caranya dengan memperbanyak material kaca dan menciptakan suasana yang cozy dalam ruangan.

Pisahkan ruang tamu dengan dining room dan kitchen dengan pembatas nanggung yang tak menutup keseluruhan dapur. Sementara kamar tidur dan kamar mandi utama menyatu di sebelah kanan, sediakan pula wc umum di sebelah kiri.

13. Apartemen Minimalis Kontemporer

Gambar Denah Apartemen

Apartment dengan konsep ini biasanya hadir dalam pilihan warna kalem sepeti putih, abu-abu, maupun pastel. Kesemuanya untuk menghadirkan kesan relaks dan friendly.

Daripada harus membatasi antar-ruang dengan tembok, kamu bisa gunakan material kaca agar ruangan terkesan luas. Sofa yang berbentuk unik setengah lingkaran membuat look kontemporer hadir lebih nyata. Tambahkan pula tanaman segar di sudut-sudut ruangan.

14. Apartemen Modern Futuristik

Denah Apartemen Modern

Menyatukan semua aspek dengan material kaca tampaknya makin digandrungi milenial saat ini. Makin samarnya sekat antar-ruang cocok dengan pemikiran milenial yang terbuka pada tantangan.

Agar tak terlalu penat, sisakan space di balkon untuk tanaman segar dan kursi taman yang nyaman. Pisahkan pula kamar tidur dan kamar mandi agar kamu rutin bergerak ketika hendak mandi.

15. Apartemen Luas Tripe Balkon

Contoh Denah Apartemen

Mendapatkan triple balkon serasa sangatlah membawa keberuntungan karena kamu memiliki tambahan space untuk melihat kehidupan luar. Apartment ini memfokuskan objek utamanya pada dapur modern ala café yang chic dan elegan di tengah ruangan. Sementara kamar tidur utama, guest room, dan ruang tamu ditempatkan di tiap pojok. Unik, ya?

16. Suite Minimalis Type L

Denah Apartemen Terbaru

Menyuguhkan konsep dengan 2 kamar tidur dan double kamar mandi, rumah model ini cukup laku di pasaran. Tipe studio ini memang tampak simple dibandingkan dengan konsep lainnya, jadi terkesan praktis dan ekonomis. Memang, tipe ini dibuat untuk mengutamakan sisi fungsional di ruangannya yang terbatas.

Nah menurut kamu, denah apartment mana yang terlihat paling menarik dan pas dengan karaktermu dan kebutuhanmu ?

Denah Apartemen

Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

Rumah Klasik

Bagas Kurnia Prasetyo
7 min read

Fasad Rumah

Bagas Kurnia Prasetyo
5 min read

Rumah Bambu

Bagas Kurnia Prasetyo
7 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *