Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

Ikuti saya di:        

Artikel ini dibuat oleh tim konten Ruangarsitek. Jika ingin update referensi tentang desain rumah silahkan ikuti disini ruangarsitek.id.

Dekorasi Kamar Tidur

7 min read

Dekorasi Kamar

Dekorasi Kamar Tidur – Di samping bisa dijadikan sebagai tempat melepas penat, kamar tidur adalah salah satu ruangan dalam hunian yang bersifat privat. Kamar tidur adalah tempat untukmu beraktivitas dengan leluasa.

Pentingnya fungsi dari ruangan ini tentu membuatmu perlu menyiapkan interior yang nyaman. Salah satunya dengan melakukan dekorasi kamar tidur sedemikian rupa sesuai dengan selera dan keinginan.

Ada begitu banyak ide interior yang bisa kamu tuangkan ke dalam kamar tidurmu. Misalnya, dengan menempatkan sejumlah furniture, pemberian warna primer, penambahan aksen tertentu dan sebagainya.

Akan tetapi, jika kamu masih bingung menentukan desain bagi kamar tidurmu maka bisa melihat sejumlah inspirasi contoh dekorasi kamar tidur yang unik berikut ini!

Dekorasi Kamar Tidur Minimalis & Simple

1. Nuansa Putih Bikin Kamar Tidur Makin Nyaman

Dekorasi Kamar Tidur

Kamar tidur dengan nuansa serba putih memang pasti bikin nyaman. Kamu bisa menerapkan warna putih sebagai dominasi ruang pribadimu ini mulai dari dinding, plafon, tempat tidur, horden hingga kusen jendela. Ada bagusnya lagi jika kamu memberikan jendela kaca transparan yang memanjang sampai ke lantai dan tertutup dengan horden tipis.

Tempatkan sebuah lampu utama di tengah ruangan serta dua standing lamp di masing-masing sisi tempat tidur. Kamu juga bisa menambahkan sebuah pot tanaman hias hijau sebagai penyegar ruangan. Agar kian memberikan kesan luas bagi kamar tidurmu, maka kamu bisa menempatkan sebuah kaca besar di salah satu dinding ruangan.

Untuk persoalan lantai, tidak perlu kamu berikan warna senada. Alih-alih menempatkan warna putih, kamu bisa coba memasukkan unsur abu-abu sebagai pijakan dalam ruang pribadimu ini.

2. Sentuhkan Unsur Dekorasi Artistik yang Sederhana

Dekorasi Kamar Minimalis

Bayangkan betapa nyamannya sebuah kamar tidur dengan perpaduan warna putih dan cokelat gelap. Meskipun nampak cukup sederhana, namun tidak bisa terlepas dari nuansa elegan. Jangan terlalu banyak menempatkan sejumlah furniture di dalamnya. Tambahkan saja beberapa furniture penting seperti lemari, meja sisi dan dipan.

Kamu juga bisa memberikan sentuhan artistik dengan menempatkan pajangan dinding maupun miniatur patung tertentu di atas lemari. Pastikan warnanya senada dengan dinding kamar. Bila perlu kamu bisa menempatkan sebuah kaca bundar pada salah satu sisi dinding. Kamu bisa menempatkannya tepat di sisi jendela.

Untuk persoalan jendela, kamu bisa menempatkan jendela memanjang atau jendela biasa yang bisa dibuka kapan saja. Sinar terang matahari yang masuk lewat jendela akan terpantul dengan indah ketika menyentuh ubin berwarna cokelat kayu.

3. Dekorasi Kamar Sederhana Pasti Bikin Nyaman

Dekorasi Kamar Sederhana

Lantai kayu serta cat dinding warna putih tentu dapat memberikan sentuhan sederhana yang pasti bikin nyaman pemilik kamar. Dipan dan meja kecil dengan warna sama juga kian menambah kesan klasik. Berikan beberapa furniture saja yang kiranya cukup untuk menunjang kenyamanan penghuni kamar. Misalnya, sofa dan bantalnya.

Kamu juga bisa memberikan sebuah pajangan dinding berupa foto maupun mini lukisan objek tertentu. Tempatkan pajangan tersebut tepat di sisi jendela. Untuk persoalan penerangan, kamu bisa menjadikan standing lamp sebagai inspirasi terbaik. Tentu bisa kamu bayangkan betapa nyamannya bersantai di kamar seperti ini sambil menghabiskan seri novel favoritmu.

4. Berikan Sentuhan Dekorasi Kamar dengan Warna-Warna Girly

Dekorasi Kamar Kost

Apabila kamu mahir dalam memainkan warna, maka bisa coba menerapkan desain interior kamar tidur seperti ini. Kombinasikan warna-warna kalem yang cewek banget sebagai atmosfer kamar impianmu. Jadikan putih gading dan krem sebagai warna dasar dinding dan atap kamar. Berikutnya, bisa kamu variasikan dengan furniture dan ornamen lain yang mempunyai warna mencolok.

Bahkan jika kamu berani coba, tempatkan sejumlah warna bagi tempat tidurmu. Misalnya, bantal beraneka warna cerah, bed cover warna pink dengan motif polkadot dan sebagainua. Perhatikan juga tata letak sejumlah furniture kelengkapan kamar. Letakkan dua buah standing lamp tempat di kedua sisi tempat tidur.

Kamu juga bisa menempatkannya di atas dua buah rak buku simpel yang masing-masing mengapit tempat tidur. Jadi, sembari bersantai kamu masih bisa baca buku dengan sangat nyaman di surga minimalismu ini.

5. Mainkan Warna Abu-Abu Yang Eksotis

Dekorasi Kamar Sempit

Bermain dengan satu warna untuk mendapatkan sebuah kamar yang nyaman bukan lagi menjadi persoalan sulit. Penempatan warna abu-abu bagi kamar tidur justru akan memberikan kesan elegan, lho! Jangan memperbanyak peletakkan furniture dalam kamar semacam ini. Ini akan semakin memjadikan kamar tidurmu nampak luas.

Kamu bisa menempatkan lampu umum di tengah kamar serta meletakkan dua buah standing lamp unik yang mengapit tempat tidurmu. Mainkan pencayaan alami dengan membangun sebuah jendela simpel pada salah satu sisi kamar. Terlebih lagi jika kamu tambahkan sebuah tempat duduk untuk bersantai sambil menikmati pemandangan senja hari.

6. Masih dengan Serba Abu-Abu Dan Tambahan Unsur Artistik

Dekorasi Kamar Tidur Sederhana

Warna abu-abu memang selalu menarik untuk dilirik. Bagi penggemar warna abu-abu sepertimu, maka bisa coba menerapkan desain semacam ini bagi interior kamarmu. Bagi pengantin baru, ini juga bisa menjadi referensi kamar tidurmu dan pasangan, lho! Selain kental dengan nuansa nyaman, kamar berdesain seperti ini juga bisa menyajikan atmosfer romantis.

Guna memberikan kesan artistik, kamu bisa menambahkan sebuah pajangan pada salah satu sisi ranjang. Tempatkan juga sebuah standing lamp di salah satu sisinya. Jika kamu dan pasangan juga ingin mendapatkan pencahayaan alami, maka bisa membangun sebuah jendela memanjang dengan dua lapisan horden sebagai tirainya.

7. Putih yang Romantis

Dekorasi Kamar Pengantin

Tidak cuma abu-abu yang romantis, kamu juga bisa menuangkan sisi keromantisan pada sebuah kamar dengan nuansa serba putih. Apalagi jika kamu berani menyentuhkan sejumlah unsur modern pada hunian mungil impianmu ini. Misalnya, dengan menambahkan aksen lampu gantung ala kafe, lemari yang menyatu dengan dinding, penempatan kaca tegak hingga pot tanaman hias yang cantik.

Sebagai alas kamu juga bisa memberikan sebuah karpet bagi tempat tidurmu agar semakin hangat. Tempatkan sebuah jendela besar pada salah satu sisi kamar tidur guna penerus cahaya yang apik. Konsep kamar tidur seperti ini sangat cocok digunakan oleh pasangan suami istri terutama yang baru membangun rumah impian berdua.

8. Minimalis Kanar Tidur dengan Perpaduan Warna Kalem

Dekorasi Kamar Simpel

Perpaduan warna kalem dalam suatu kamar tidur tentu dapat menyuguhkan nuansa manis bagi pemilik kamar. Desain interior kamar tidur semacam ini sangat cocok diaplikasikan bagi kamar kost. Kamu bisa memberikan pewarnaan yang senada bagi tempat tidur dan sejumlah furniture di dalamnya. Sentuhkan juga sejumlah warna gelap bagi beberapa ornamen pendukung lainnya.

Misalnya dengan memberikan bantal tidur berwarna gelap, lampu gantung berwarna hitam maupun selimut tidur berwarna abu-abu gelap. Berikan juga sentuhan kain atau anyaman kayu sebagai karpet bagi tempat tidur tersebut. Berikan pencahayaan terang alami pada salah satu sisi dinding dengan jendela berengsel.

9. Bawa Nuansa Alam ke dalam Kamarmu

Dekorasi Kamar Tidur Minimalis

Kamu yang hobi mengagumi keindahan alam dan ingin menuangkannya ke dalam kamar pribadimu bukan lagi menjadi sebuah persoalan rumit. Jadikan hunian pribadimu menyatu dengan alam menggunakan sekat jendela full pada tiga sisi dinding. Kamu bisa memposisikan tempat tidur pada bagian tengah ruangan sehingga membuatmu seakan-akan menjadi penikmat kelas VIP suguhan alam cantik tersebut.

Ingat, jangan terlalu banyak menambahkan furniture. Cukup tambahkan satu ranjang tempat tidur, sofa kecil dan sebuah lukisan cantik. Kamu bisa memajang lukisan dengan motif bunga pada dinding punggung tempat tidurmu. Dekorasi kamar seperti ini amat cocok diterapkan bagi kamu yang tinggal di lingkungan pedesaan, pinggiran kota bahwan pantai.

10. Nuansa Dekorasi Kamar Putih yang Minimalis

Dekorasi Kamar Tidur Kecil

Kamar tidur semacam ini nampak sangat sederhana sekaligus bikin nyaman. Selain memberikan efek tenang dan damai pada tumpahan warna putihnya, dekorasi semacam ini juga bikin kamu rileks. kamu tidak perlu lagi merasa penat dengan seabreg furniture yang biasanya menempati ruang pribadi semacam ini.

Kamu hanya perlu menambahkan beberapa ornamen yang penting saja. Lalu, untuk menambah kesan lapang bagi kamar tidur sempit ini adalah dengan memberikan sebuah lampu gantung cantik. Bagi kamu yang baru saja memiliki buah hati, kamar seperti ini dapat menjadi inspirasi yang tepat. Kiranya kamu bertiga bisa semakin nyaman berada di ruangan.

11. Suguhkan Kamar dengan Nuansa Jepang

Dekorasi Kamar Kecil

Menyuguhkan nuansa Jepang dalam kamar tidur bukan hal mustahil untuk kamu wujudkan. Pertama, kamu bisa menuangkan warna putih sebagai warna dasar. Berikutnya, kombinasikan dengan warna kayu asli seperti warna bambu untuk memperkuat nuansa Jepang. Tambahkan juga sebuah lukisan dinding atau suatu pajangan dari kertas origami untuk menyulap kamarmu seperti kamar rumah di Jepang.

Letakkan dua atau tiga pot tanaman hias hijau untuk menyejukkan kamar tepat di depan jendela. Selain lampu umum, kamu juga bisa menempatkan standing lamp mini pada salah satu sisi tempat tidur. Untuk pencahayaan alami, kamu bisa membangun jendela dengan engsel sederhana. Lapisi dengan dua tirai untuk memberikan perasaan nyaman.

12. Dekorasi Kamar Tidur Kecil di Atap Rumah

Dekorasi Kamar Unik

Punya space kosong di atap rumah dan ingin menyulapnya menjadi sebuah kamar tidur impian? Tidak masalah. Kamu bisa mencontoh ide-ide dekorasi kamar tidur dari daratan Eropa untuk diterapkan dalam kamar pribadimu ini. Walaupun nampak mungil, namun kamar tidur semacam ini tetap tidak bisa terlepas dari kesan nyaman.

Mainkan warna-warna kalem untuk menambah kesan menarik bagi kamar tidur ini. Tempatkan tidak banyak furniture agar membuat kamar ini nampak lebih luas. Kamu juga dapat memberikan pencahayaan umum maupun standing lamp agar ruangan terlihat lebih terang. Dengan nuansa seperti ini dijamin bikin kamu semakin betah di rumah.

13. Dekorasi Kamar Tidur dengan Dominasi Warna Putih

Dekorasi Kamar Simple

Putih lagi-lagi menjadi idaman bagi sebagian besar pemilik kamar. Warna putih selain menyuguhkan kesan cantik dan rapih juga bisa membuat penghuni kamar merasa nyaman dan tenang. Terlebih lagi usai merasakan penat seharian. Hanya dengan rebahan di kamar sejenak, tentu bisa membuatmu semakin rileks.

Tempatkan beberapa pajangan sebagai penghias kamar. Berikan juga sebuah pot tanaman untuk memberikan udara segar bagi kamar pribadimu ini. Untuk pencahayaan, coba saja tempatkan lampu umum satu atau dua di bagian atas. Tidak usah memberikan standing lamp karena pencahayaan dari alam pun sudah cukup kentara.

15. Dekorasi Kamar Tidur Serba Hijau

Dekorasi Kamar Warna Hijau

Memiliki kamar tidur serba hijau lumut juga bisa menjadi inspirasi yang bagus. Kamu bisa menuangkan warna tersebut pada dinding kamarmu. Kombinasikan dengan sejumlah furniture dengan warna-warna beragam seperti standing lamp kuning dan putih, tempat tidur berwarna abu-abu serta meja sisi ranjang dengan warna kayu natural.

Warna hijau sebenarnya sudah cukup memberikan kesan penuh. Maka dari itu, hindari penempatan furniture yang berlebih. Berikan saja beberapa furniture yang menjadi kebutuhan utama bagi privasimu. Kamu juga tidak perlu menambahkan pot tanaman hias karena warna hijau pada dinding kamar ini sudah cukup memberikan efek segar.

16. Nuansa Mewah dengan Dekorasi Kamar Tidur Anti Ribet

Dekorasi Kamar Mewah

Bagi kamu yang ingin menonjolkan dekorasi kamar tidur mewah, maka bisa coba untuk menerapkan gaya ini. Tidak perlu ribet dengan memakai ornamen serba mewah lainnya. Cukup dengan memainkan sedikit kreativitas, maka kamu sudah bisa mendapatkan kamar tidur impian. Salah satunya adalah dengan menempatkan sebuah lampu gantung dengan desain menawan.

Tempatkan juga dua buah standing lamp pada tiap-tiap sisi tempat tidurmu. Berikan sebuah lukisan alam pada sisi dinding kamarmu. Pemilihan corak tempat tidur juga penting untuk mendukung nuansa mewah dari kamar ini. Jangan gunakan warna-warna cerah, ya! Gunakan saja warna-warna kalem atau gelap sebagai pilihan.

17. Dekorasi Kamar Tidur Anak Mungil yang Unik

Dekorasi Kamar Anak

Desain kamar tidur ini sangat cocok bagi buah hatimu terutama yang mempunyai karakter kalem. Tidak perlu luas, justru kamu bisa menempatkan sebuah ranjang besar di tengah ruangan. Ini sudah cukup bikin nyaman. Apalagi jika kamu tinggal di sekitar pantai. Sulap salah satu dinding kamar tidurmu menjadi suatu jendela besar yang bisa meneruskan pemandangan ke laut lepas.

Siapa sih yang tidak naksir dengan desain kamar semacam ini? Berikan juga sebuah lukisan alam serba hijau pada dinding lainnya. Ini tentu akan menciptakan nuansa yang sangat menyejukkan bagi setiap pasang mata.

18. Kamar Tidur Monokrom

Dekorasi Kamar 3x3

Dekorasi kamar tidur monokrom tentu bisa menjadi salah satu inspirasi idealmu yang memang tidak suka ribet dalam segala hal. Meskipun terlihat simpel, namun dekorasi ini tetap menghadirkan nuansa mewah. Perpaduan warna hitam dan putih dalam ruangan ini tentu bisa menjadi obat stres tersendiri usai seharian melakukan kegiatan yang padat.

Kamu bisa menempatkan beberapa furniture yang pasti dibutuhkan. Contohnya, standing lamp, kursi santai, lemari kecil sampai beberapa pajangan kamar. Berikan juga sebuah tempat tidur yang memiliki space kosong bagi lantai. Usahakan penempatan tempat tidur tersebut berada di salah satu sisi jendela sehingga sewaktu bangun tidur, kamu bisa langsung melihat sejuknya pemandangan di luar.

19. Dekorasi Kamar dengan Nuansa Hangat

Dekorasi Kamar Utama

Lantai kayu dengan warna alami sangat pas berpadu dengan standing lamp dan dinding kayu dalam kamar impian ini. Kombinasi semacam ini tentu dapat memberikan efek hangat bagi interior ruangan. Berikan tempat tidur sebagai pusat dari kamar tidur ini. Pastikan jangan menggunakan warna-warna yang cerah. Kamu bisa coba menempatkan tempat tidur dengan warna kalem seperti abu-abu.

Berikan sebuah pajangan dinding untuk menghilangkan kesan hambar dalam ruangan. Tempatkan juga sebuah pot tanaman hias untuk menghidupkan suasana.

20. Tunjukkan Unsur Fashion Sebagai Simbol Dirimu

Dekorasi Kamar Kekinian

Bagi kamu yang tertarik dan begitu menggilai dunia fashion, maka bisa coba untuk menerapkan desain seperti ini. Tempatkan sejumlah identitas fashionmu pada salah satu sisi kamar. Misalnya, koleksi topi. Kamu juga bisa memberikan sebuah lukisan alam agar menambah kesan segar dari hunian pribadimu ini. Berikan juga sentuhan karpet tebal sebagai alas tempat tidurmu.

Jika suasananya mendukung, kamu bisa menambahkan sebuah tanaman hias atau mengubah mode jendela agar mudah dibuka. Ini sangat bagus untuk pergantian udara dari dalam ruangan.

21. Dekorasi Kamar Minimalis Super Simpel yang Bikin Nyaman

Dekorasi Kamar Tidur Sederhana Pasti Bikin Nyaman

Warna abu-abu bisa kamu jadikan alternatif untuk atap kamar tidurmu. Pada bagian lantai dan dinding bisa kamu berikan warna berbeda namun tetap kalem. Tempatkan sebuah ranjang besar di tengah ruangan yang menjadikanmu seakan-akan menguasai kamar tidur tersebut. Singkirkan juga berbagai ornamen dan furniture yang tidak penting-penting amat, ya!

Dengan demikian, kamar tidurmu akan nampak lebih luas dan membuatmu bebas melakukan aktivitas apapun. Apalagi jika kamu mau olahraga kecil di dalam kamar pada pagi hari. Kamu bisa sit up dan push up dengan nyaman sambil melihat segarnya pemandangan luar lewat jendela yang luas.

20 inspirasi dekorasi kamar tidur tersebut semoga bisa menjadi pilihan terbaikmu. Jadikan kamar tidurmu tempat ternyaman yang bisa melenyapkan lelah seharianmu. Baca juga artikel desain kamar tidur yang inspiratif dari ruangarsitek ya !

Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *