Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

Ikuti saya di:        

Artikel ini dibuat oleh tim konten Ruangarsitek. Jika ingin update referensi tentang desain rumah silahkan ikuti disini ruangarsitek.id.

Aplikasi Desain Rumah

6 min read

Aplikasi Desain Rumah

Pengen coba desain rumah sendiri tanpa ribet ? ❤️ Yuk cobain salah satu dari 8 aplikasi desain rumah untuk android terbaik ini.

Aplikasi Desain Rumah – Membuat desain rumah yang berkarakter dan artistik memang susah-susah gampang. Diperlukan keahlian dan pengetahuan yang mumpuni untuk mendapatkan hasil terbaik.

Tak heran jika jasa arsitek kini makin banyak dicari meski bayaran yang dipatok lumayan mahal. Namun, seiring berkembangnya teknologi, kini kamu bisa mulai mendesain hunianmu sendiri. Bagaimana caranya?

Di era serba teknologi ini, telah hadir banyak aplikasi untuk mempermudahmu dalam melakukan pekerjaan. Tak terkecuali soal penataan ruang ala arsitek andalan. Kamu bisa mengunduh beberapa aplikasi desain rumah terbaik berikut, untuk memuluskan jalanmu mewujudkan hunian impian. Simak yuk!

1. HomeStyler – Interior Design & Decorating Ideas

HomeStyler interior design and decorating ideas

Untukmu yang selalu ingin update soal trend dan tips terkini mengenai dekorasi rumah yang chic, tak ada salahnya mendownload HomeStyler – Interior Design & Decorating Ideas. Aplikasi besutan Toppung Homestyler (Shanghai) Technology Co. Ltd ini memungkinkanmu untuk mendesain rumah dengan cara yang cepat dan sederhana.

Diunduh lebih dari 83 ribu pengguna, aplikasi gratis ini menawarkan berbagai desain trendy yang kekinian. Ada pula komunitas untuk berbagi ide mengenai dekorasi interior dan eksterior yang bisa kamu update tiap hari. Dari sini, kamu bisa mendapatkan inspirasi yang lebih banyak dari sesama pengguna dan mendiskusikan dengan mereka yang telah ahli di bidangnya.

Selain itu, desainmu akan tampak lebih nyata dengan tampilan 3 dimensi pada tiap produk di dalamnya. Mulai dari kabinet, sofa, meja, kursi, tempat tidur, dan lain sebagainya. Bahkan, kamu bisa memanfaatkan fitur Augmented Reality (AR) untuk memvisualisasikan desain yang telah kamu buat.

Penggunaanya pun cukup mudah dilakukan. Kamu tinggal mengambil foto tempat yang ingin kamu dekorasi, lalu unggah di software HomeStyler. Tunggu beberapa saat hingga prosesnya selesai, dan kini kamu pun telah siap untuk mulai mendesain. HomeStyler juga memajang lebih dari 200 produk-produk furniture yang nyata. Berani coba mengasah kemampuan desainmu dengan aplikasi satu ini?

2. Houzz Interior Design Ideas

sktechup free

Aplikasi hasil pengembangan developer dengan nama yang sama, Houzz, ini telah menjadi salah satu software populer dalam hal mendesain rumah. Terbukti dari angka pengunduhnya yang telah mencapai angka lebih dari 380 ribu. Tak mengherankan memang, mengingat banyaknya fitur menarik untuk membuat desain rumahmu nampak lebih artistik.

Di dalamnya tersedia lebih dari 20 juta foto dengan kualitas gambar yang tinggi dan terbagi ke dalam beberapa kategori berdasar masing-masing style. Agak berbeda dengan lainnya, Houzz menawarkan sensasi mendesain rumah dengan template yang telah disediakan. Kamu cukup memperhatikan gmbar yang disediakan, atau filter berdasar style yang kamu inginkan untuk mempermudah pencarian.

Houzz Interior Design lebih mengarahkan penggunanya untuk berbaur dalam konsep yang diusung, yakni sharing social idea. Di sini, kamu bisa dengan bebas berbagi cerita, gambar, foto, atau sekedar berbagi ide mengenai desain rumah yang kamu inginkan.

Uniknya, aplikasi ini telah terhubung dengan berbagai vendor pendukung sehingga kamu dapat melihat variasi harga di katalog produk. Kamu bahkan bisa langsung berburu perabotan rumah seperti kabinet, lampu, furniture, dan berbagi produk lainnya yang mencapai lebih dari 10 ribu produk. Akan lebih menguntungkan jika kamu bisa mendapatkan diskon hingga 75% di saat-saat tertentu.

Jika tak ingin susah-susah mendesain sendiri, kamu punya kesempatan untuk merekrut profesional yang ada di sini. Houzz telah menyediakan koneksi pada lebih dari 2,5 juta profesional dalam bidang renovasi dan desain, termasuk arsitek, kontraktor, dekorator, dan lain sebagainya. Ada pula artikel dari staff editorial dan ahli desain yang bisa kamu jadikan acuan untuk menambah pengetahuan.

3. SketchUp Free

sktechup free

Seperti nama yang dimilikinya, SketchUp Free memasang tagline ‘The best way to 3D for free’’ untuk menggambarkan layanannya. Agak berbeda dengan aplikasi lain, kamu bisa menikmati semua fiturnya tanpa harus mengunduhnya dalam pc. Ya, aplikasi ini bisa kamu nikmati cuma-cuma hanya dengan membuka webnya saja, semuanya bisa dilakukan dari sana.

Namun untuk menjalankannya, tentu kamu butuh sambungan internet yang stabil. Soal penyimpanan, kamu tak perlu khawatir. SketchUp Free telah menyediakan ruang penyimpanan hingga 10 GB di Trimble Connect Cloud. Jadi, kamu bisa lebih leluasa untuk berbagi project dan berkolaborasi dengan tim yang kamu miliki.

Tak sekedar bisa diakses melalui laptop, kamu juga bisa mengunduh aplikasi besutan Trimble Inc. ini di smartphone-mu. Aplikasi bernama SketchUp Viewer akan mempermudah langkahmu untuk melihat project SketchUp yang kamu kerjakan, atau mengeksplor jutaan model warehouse 3 dimensi secara free.

Aplikasi ini bisa diunduh untuk perangkat dengan sistem operasi Marsmallow ataupun di atasnya, dengan minimal kapasitas RAM 1024 MB. Ada pula fitur AR yang ditanamkan di dalamnya. Fitur ini akan membuatmu merasakan tampilan 3D desainmu dengan kondisi yang riil di sekitarmu. Sayangnya, kamu harus memiliki minimal smartphone Nougat dan menggunakan versi pro untuk menikmatinya.

Baca juga: Rumah Minimalis

4. DreamPlan

dreamplan

Tak ingin ketinggalan dengan developer lainnya, NCH Software juga mengeluarkan aplikasi desain rumah bernama DreamPlan Home Design Free. Aplikasi ini digadang-gadang sangatlah mudah untuk digunakan dengan tampilan landscape yang luas memanjang. Kamu bisa melihat visualisasi idemu secara lebih realistis dengan tampilan layout 3 dimensi.

Agar dapat mengoperasikannya, kamu hanya perlu perangkat dengan sistem operasi minimal 2.3.3 atau yang lebih tinggi. Diupdate pada 12 Januari 2016 silam, hingga saat ini belum ada pembaharuan berarti yang terjadi pada DreamPlan. Yang pasti, aplikasi dengan ukuran ringan ini sangatlah mudah dioperasikan sehingga cocok bagi pemula yang baru belajar desain.

5. Planner 5D – Home & Interior Design Creator

planner 5d interior design

Dibanding beberapa list dalam daftar aplikasi untuk desain rumah di atas, Planner 5D – Home & Interior Design Creator sepertinya sangatlah populer di kalangan penggunanya. Produk besutan developer Planner 5D ini bahkan telah diunduh lebih dari 262 ribu pengguna. Merujuk pada fitur yang ditawarkannya, memang sudah selayaknya Planner 5D menyandang gelar jawara.

Dengan aplikasi yang mudah dioperasikan oleh semua kalangan, kamu bisa berkreasi dengan desain interior maupun eksterior dalam wujud 2 dimensi ataupun 3 dimensi. Tak hanya itu, aplikasi ini bisa digunakan secara daring ataupun offline. Bahasa yang disematkan pun bisa disesuaikan dengan kebutuhan, yakni Inggris, Perancis, Jerman, Jepang, Italia, Portugis, Spanyol, Mandarin, dan Rusia.

Tak tanggung-tanggung, aneka fitur di dalamnya bisa kamu nikmati tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun. Mulai dari jumlah proyek yang tak terbatas, layanan akses katalog dengan lebih dari 150 item gratisan, Google Cardboard Mode untuk tampilan Virtual Reality (VR), editor 2 dan 3 dimensi, dll. Kamu juga bisa melakukan sinkronisasi dengan akun Google+ ataupun Facebook.

Walaupun berukuran lumayan besar, yakni 102 MB, namun hal ini bisa dimengerti dengan banyaknya fitur yang tersemat di dalamnya. Terlebih, Planner 5D terhitung rutin melakukan pembaharuan. Update terbarunya dilakukan pada 22 Maret 2020 lalu. Kamu yang perangkat smartphone-nya lebih dari 4.1 sudah bisa mengunduh dan memanfaatkan aplikasi super lengkap ini.

Soal bagaimana kamu memajang desain hasil karyamu, Planner 5D telah dibekali dengan fitur bernama Chromecast (screencast) di mana kamu bebas menampilkan apapun di situ. Kalau masih bingung bagaimana menggunakannya dengan maksimal, kamu bisa mulai belajar dengan memanfaatkan berbagai template yang ada terlebih dahulu.

6. Floor Plan Creator

floor plan creator

Aplikasi satu ini merupakan salah satu buah karya developer Marcin Lewandowski. Software editing ini bisa dijalankan pada perangkat komputer ataupun smartphone. Bagi pengguna Android, kamu bisa dengan bebas mengunduhnya di Play Store tanpa harus membayar. Walaupun jumlah penggunanya masih kalah jauh dari Planner 5D, namun Floor Plan Creator cukup mendapat pujian dan menyandang 4 bintang.

Dengan aplikasi desain ini, kamu bisa membuat denah lantai lebih rinci dalam tampilan 3 dimensi yang nyata. Kamu pun bebas menempatkan berbagai furniture untuk memperindah desain rumah. Terdapat pula fitur S-Pen dan mouse support untuk memudahkanmu dalam mendesain. Dalam proses pengukuran, aplikasi ini telah dibekali kemampuan untuk membaca satuan metrik maupun imperial.

Sebagai media penyimpanan, ada cloud yang tersinkronasi secara otomatis mencadangkan data dan membagikannya ke perangkat lain. Namun, kamu hanya mendapat akses selama 3 hari, selebihnya pengguna wajib untuk upgrade ke layanan berbayar. Nantinya hasil desainmu dapat disimpan dalam bentuk image ataupun PDF dengan skala DXF, SVG, dan lainnya.

7. Kitchen Planner 3D

kitchen planner 3d

Jika aplikasi lain diperuntukkan untuk berbagai macam kebutuhan desain rumah, lain halnya dengan Kitchen Planner 3D. Aplikasi keluaran pengembang Andrey Ovchinnikov ini memfokuskan layanannya untuk mempermudahmu dalam mendesain dapur yang edgy namun tetap fungsional sebagaimana mestinya.

Walaupun masih dalam tahap pengembangan dan sesekali mengalami gangguan karena kurang stabil, namun Kitchen Planner 3D ternyata cukup mendapat sambutan hangat dari khalayak. Dengan aplikasi ini, kamu bisa memilih untuk menggunakan versi free ataupun pro alias berbayar. Meski tak dapat disangkal bahwa versi berbayar selalu menyajikan keunggulan yang tak terelakkan.

Tapi, kamu tak perlu khawatir. Di versi free-nya, Kitchen Planner 3D sudah menyematkan berbagai fitur yang cukup mumpuni. Mulai dari penyesuaian isi dapur seperti kabinet, perkakas, tata letak jendela, pintu, dan lainnya, hingga bagian di mana kamu bisa menyimpan semua hasil dekorasimu. Ada pula fungsi import dan export untuk melakukan transfer project melalui perangkat maupun email.

Jika terjadi kesalahan atau suatu yang kurang sreg, kamu pun bisa dengan mudah memanfaatkan fitur undo yang ada di dalamnya. Jika tak ingin buru-buru mengupgrade aplikasimu ke layanan pro, kamu bisa menjajal trial terlebih dahulu selama sehari pasca penginstallan. Kamu bisa mendapati lebih banyak kabinet, perkakas, dan barang-barang baru yang lebih menarik.

Untuk dapat berjalan secara sempurna di ponsel pintarmu, setidaknya harus kamu pastikan bahwa sistem operasinya di atas 4.4. Dibandingkan aplikasi desain lain, Kitchen Planner 3D terhitung cukup minimalis dengan ukuran hanya 25 MB. Pembaharuan terakhir dilakukan pada 21 September tahun lalu. Tentunya akan terdapat lebih banyak update terbaru untuk menyempurnakan bug yang masih ada.

8. Home Design 3D

home design 3d

Tak tanggung-tanggung, Anuman memperkenalkan 3 aplikasi andalan untuk mempermudahmu dalam mendesain rumah yang cantik. Dengan spesifikasi yang lebih mumpuni, tidaklah mengherankan jika aplikasi satu ini kerap dijuluki sebagai media desain rumah terbaik. Anuman sendiri telah dikenal sebagai platform dengan jaminan produk mudah digunakan, intuitif, cepat, dan rutin diperbaharui.

Dengan menginstallnya di perangkatmu, Home Design akan membantumu menyusun, merenovasi, mendekor, bahkan mengatur perabotan di ruang virtualnya yang hadir dalam tampilan 3 dimensi. Agar lebih jelas, yuk berkenalan langsung dengan ketiga produk Anuman ini dan mengetahui lebih lanjut mengenai fitur-fiturnya.

• Home Design 3D

Sesuai namanya, aplikasi satu ini akan memperingan pekerjaanmu untuk mendesain dan merenovasi kembali model rumahmu dalam tampilan 3 dimensi yang nyata. Dengan menggunakan Home Design 3D, kamu akan menampilkan hasil desain yang profesional dalam jentikan jari saja.

Untuk memulainya, kamu dapat mengatur terlebih dahulu bagaimana lantai rumahmu nantinya. Aplikasi ini telah dibekali kemampuan memproyeksikan hasil dalam bentuk 2 maupun 3 dimensi secara apik. Bahkan, tak ada salahnya untuk mengubah ketinggian atau ketebalan sebuah dinding. Penambahan pintu dan berbagai perkakas lainnya pun dapat kamu lakukan dengan mudah.

Selanjutnya, maksimalkan dekorasimu untuk mempercantik tampilan. Ada banyak tool yang akan membantumu dalam menyempurnakan desain rumah yang cantik. Jika terjadi kesalahan, ada fitur undo/ redo yang siap menyelamatkan. Terakhir, kamu bisa menyimpan dan membagikannya ke siapapun. Satu hal yang penting, semuanya bisa kamu lakukan tanpa perlu online.

• Home Design 3D Outdoor/ Garden

Salah satu aplikasi yang juga digawangi Home Design ini lebih memfokuskan pada desain eksterior alias luar ruangan. Kamu bisa mendekor dengan sangat mudah, sekaligus membagikannya ke komunitas dengan jumlah pengguna mencapai 35 juta di seluruh dunia. Tak hanya memberimu ruang untuk mendesain taman yang cantik, aplikasi ini juga bisa mendesain area bermain dan lainnya.

Kamu cukup meletakkan barang-barang 2 atau 3 dimensi sesuai keinginanmu. Dengan lebih dari 100 jumlah item untuk dekorasi, kamu bebas berkreasi sesukamu. Ada pula fitur untuk mengubah tekstur latar guna mendapatkan konsep yang berbeda. Aplikasi ini bahkan mendapat bintang lebih tinggi yakni 3,8 dengan tanggal terakhir pembaharuan pada 19 Februari 2020 lalu.

• Home Design 3D: My Dream Home

Dari ketiga aplikasi besutan Home Design 3D, versi My Dream Home inilah yang mendapat apresiasi tertinggi dari penggunanya. Terbukti dengan bintang yang disandangnya yakni 4,3. Memang soal ukuran, My Dream Home tak terlalu makan tempat, hanya membutuhkan space 16 MB saja. Tak heran jika aplikasi ini terasa ringan ketika dijalankan.

My Dream Home telah dilengkapi dengan menu yang intuitif dan berwarna, serta lebih dari 800 objek dekoratif, ditambah edit mode dan virtual visit.

Tiap aplikasi desain rumah di atas tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Yang penting, kamu punya wadah untuk mewujudkan desain sesuai keinginan dan menyimpannya dengan aman. Jadi, desain rumah seperti apa sih yang kamu impikan?

Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *